top of page

5 Cara Mengukur Cincin Tunangan yang Tepat Agar Pas di Jari



Melamar pasangan dengan memberikan cincin tunangan mungkin jadi momen yang diidam-idamkan. Untuk melakukannya, kamu perlu tahu ukuran jari manis pasangan supaya bisa beli cincin yang sesuai. Tidak perlu khawatir, ada banyak cara mengetahui ukuran cincin tunangan pasangan yang bisa kamu coba.

Memang logam yang digunakan untuk cincin bisa dikecilkan atau dibesarkan. Namun, hal tersebut tentu akan sangat merepotkan dan pastinya membutuhkan waktu yang lama. Memberikan cincin dengan ukuran yang tepat membuat pasangan bisa langsung memakainya saat diberikan.

Nah, buat kamu yang ingin segera melamar pasangan, segera cari tahu ukuran cincinnya sekarang. Lalu, lanjut pilih cincin tunangan yang cantik. Cara ini juga berlaku saat kamu akan memesan cincin untuk acara pertunangan, namun pasangan tidak bisa hadir saat membelinya, ya.


Tips Mengukur Cincin Tunangan


Perlu ada banyak hal juga yang diperhatikan sebelum mengukur cincin. Karena itu, kamu perlu tahu tips mengukur cincin tunangan di bawah ini.


1. Berikan ruang untuk cincin

Cincin yang dibilang pas ukurannya jika masih memberikan ruang pada jari. Artinya, cincin masih bisa dipasang dan dilepas dengan mudah tanpa menyakiti jari. Memberikan sedikit ruang juga membuat cincin bisa dipakai lebih lama. Pasalnya, tubuh cenderung akan membesar.


2. Ukur di tangan yang tepat

Sebagai informasi, jari-jemari di tangan kanan akan berbeda dengan jari di tangan kiri. Karena itu, cobalah kamu mengukur pada jari yang ingin dipasangkan cincin. Beberapa orang mengenakan cincin pertunangan di jari manis tangan kiri. Nah, cobalah pakai jari tersebut untuk dapatkan ukuran yang tepat.


3. Ukur saat kondisi badan sedang sehat

Kondisi tubuh bisa mempengaruhi ukuran tubuh, loh. Orang yang sedang demam biasanya tubuhnya akan sedikit membesar. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada ukuran jari. Hindari juga pengukuran saat kamu sedang merasa kedinginan. Kondisi ini kadang membuat jari lebih kecil dari biasanya.


Cara Mengetahui Ukuran Cincin Tunangan


Bertanya langsung kepadanya memang jadi pilihan terbaik. Lebih baiknya lagi, kamu langsung mengajak pasangan untuk langsung mencoba cincinnya di toko perhiasan. Namun, sifat kejutan dari cara ini tentu akan berkurang.

Nah, coba cara-cara di bawah ini untuk tahu ukuran cincin tunangan yang bisa kamu coba.


1. Mengukur dengan pita ukur

Manfaatkan pita ukur untuk dapatkan ukuran yang paling tepat. Alat ini bisa kamu dapatkan di toko online. Kamu bisa meminta pasangan untuk mengukurnya bagaimanapun caranya.


Lakukan pengukuran saat sedang bersamanya atau meminta keluarganya untuk membantu mengukurnya. Pengukuran pun bisa dilakukan saat pasangan sedang tertidur. Namun, hati-hati supaya tidak sampai membangunkannya.


2. Meminjam cincin yang digunakan

Sebagian besar perempuan biasanya memiliki aksesori cincin lebih dari satu. Nah, kamu bisa meminjamnya sebentar untuk dibawa ke toko perhiasan. Untuk memberikan sedikit kejutan, kamu bisa meminjamnya diam-diam dengan meminta bantuan orang terdekatnya


Pastikan juga cincin yang kamu bawa itu masih bisa dipakai oleh dia dan belum kekecilan, ya. Jadikan cincin tersebut patokan untuk membuat cincin tunangan yang baru.


3. Mengajak pasangan pergi ke toko aksesori dan kerajinan

Langkah ini juga bisa kamu lakukan untuk dapat ukuran jari dari pasangan. Toko aksesori biasanya menjual cincin berbahan plastik, rotan, atau tanah liat. Membelikan cincin kerajinan untuknya juga bisa jadi cara mengetahui ukuran jari pasangan.


Terlebih lagi, cara ini pun tidak akan membuat pasangan curiga. Pasangan akan percaya bahwa itu hanyalah hadiah dari kencan biasa dari kamu untuknya.


4. Memperkirakan tinggi dan berat badan pasangan

Ukuran anggota tubuh cenderung proporsional. Mereka yang bertubuh tinggi dan ramping biasanya memiliki jari yang sedikit ramping juga. Tubuh yang lebih berisi pun akan berpengaruh pada ukuran jarinya.


Dengan memperkirakan tinggi dan berat badan ini, kamu pun akan mendapatkan perkiraan ukuran cincin yang dipakai. Pihak penjual perhiasan juga akan membantu kamu menentukan ukuran yang sesuai. Namun, cara ini tidak akan memberikan keakuratan hingga 100 persen, ya.


5. Beli ukuran yang sedikit lebih besar

Tidak ada salahnya membeli cincin dengan ukuran yang lebih besar. Toh, kamu bisa mengecilkan cincinnya hingga ukuran yang pas. Di samping itu, mengecilkan ukuran cincin terbilang lebih mudah dibanding membesarkannya.


Membeli ukuran yang kebesaran setidaknya membuat cincin masih bisa dimasukkan ke dalam jari. Kamu tetap bisa mendapatkan momen romantis saat memasukkan cincin ke jari pasangan. Namun, jangan terlalu besar juga, ya. Lebih 0,5—1 ukuran masih termaafkan, kok.


Cara Mengubah Ukuran Cincin Tunangan

Setiap pengrajin cincin tunangan dan pernikahan punya keahlian untuk mengubah ukuran cincin. Kamu hanya cukup membawa ke toko perhiasan yang tepercaya. Setelah itu, ukur kembali jari yang ingin dihiasi dengan cincin tunangan.

Para pengrajin akan menambah atau mengurangi logam yang ada pada cincin. Mereka akan memotong bagian bawah cincin untuk mengubah ukurannya. Namun, tidak semua jenis logam bisa ditambah atau dikurangi.

Beberapa cincin berbahan perak sayangnya tidak bisa diubah ukurannya. Karena itu, cobalah untuk bertanya dulu tentang perubahan ukuran ini kepada penjualnya saat memilih cincin tunangan, ya.


Nah, itu dia cara mengetahui ukuran cincin tunangan yang tepat untuk pasangan. Nah, kira-kira cara mana yang mau kamu pakai untuk dapatkan ukuran cincin pasangan?


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page