top of page

7 Rekomendasi Cincin Pernikahan yang Simpel dan Elegan



Cincin nikah merupakan benda yang paling penting dalam upacara sakral pernikahan. Benda ini biasanya dibuat sepasang untuk calon mempelai pria dan wanita. Cincin pun menjadi tanda janji sehidup semati untuk sepasang kekasih.

Karena itu, kamu dan pasangan harus memilih cincin nikah terbaik untuk dipakai seumur hidup. Saat memilih, perhatikan model, bahan, dan pastinya ukuran cincin. Nah, supaya tidak salah, simak cara memilih sekaligus rekomendasi cincin nikah yang bagus dan elegan.


Filosofi Cincin Nikah

Ada fakta unik yang menyebutkan alasan cincin nikah dikenakan di jari manis. Keyakinan ini dipercaya sudah ada sejak zaman dahulu. Pasalnya, jari manis memiliki nadi yang langsung mengalir ke jantung.

Selain itu, vena jari manis disebut juga dengan vena amoris atau vena cinta dalam bahasa Latin. Dalam kebudayaan Eropa, cincin nikah sebaiknya dikenakan pada tangan kiri. Posisi ini katanya paling dekat dengan jantung. Jika ada sesuatu hal yang terjadi dengan pasangan, kamu pun bisa merasakannya.

Namun, peletakan cincin untuk orang Indonesia tidak ada aturan khususnya. Kamu bisa menaruh cincin di tangan kanan maupun tangan kiri. Beberapa golongan bahkan membuat aturan cincin tunangan di tangan kiri dan memindahkannya pada saat upacara pernikahan.


Jenis Logam Mulia untuk Cincin Nikah


Cincin nikah pun bisa menggunakan berbagai jenis logam mulia. Tentunya, hal ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Berikut jenis logam mulia yang bisa digunakan untuk cincin nikah.


1. Emas

Pilihan logam mulia pertama yang banyak dipilih adalah emas. Logam ini pun memiliki tiga varian, yaitu emas kuning, emas putih, dan emas merah (rose gold). Dari sisi tampilan, emas merupakan logam yang menawarkan kilau yang menarik. Namun, siapkan dana lebih jika kamu memilih logam yang satu ini.


2. Perak

Logam mulia perak juga punya kilau yang bagus untuk dijadikan cincin nikah. Perak pun tidak mudah mengalami korosi dan jadi salah satu logam yang mudah diolah. Di samping itu, harga perak sedikit lebih terjangkau ketimbang emas.


3. Palladium

Logam palladium juga cukup awet dan tahan korosi. Pasalnya, karakteristik logam ini lebih kuat ketimbang emas. Selain itu, logam ini pun mudah dibersihkan supaya bisa kembali kinclong. Bagi para muslim pria, palladium juga jadi pilihan terbaik untuk cincin nikah. Ajaran umat Islam menyarankan para pria untuk tidak mengenakan emas di tubuhnya.


4. Karbida

Logam karbida merupakan alternatif untuk membuat cincin nikah. Material yang satu ini lebih kuat dibandingkan dengan logam lainnya. Tentunya pasti lebih tahan lama. Sudah gitu, harganya pun lebih terjangkau dibanding logam mulia.


Tips memilih cincin nikah terbaik


Yuk, intip cara memilih cincin nikah yang tepat untuk kamu dan pasangan di bawah ini.


1. Memilih desain cincin kawin yang tepat

Setiap orang pasti memiliki preferensi dan selera masing-masing dalam memilih cincin kawin. Karena itu, cobalah menentukan lebih dulu model seperti apa yang kamu inginkan. Carilah referensi model sebanyak-banyaknya untuk dapatkan gambaran tentang cincin pernikahan kamu nanti.

Setelah itu, persempit desain yang kamu inginkan. Jangan lupa diskusikan dengan pasangan tentang desain apa yang masih bisa jadi pertimbangan.


2. Tentukan logam yang digunakan untuk cincin kawin

Bagian ini juga perlu dibicarakan lebih lanjut dengan pasangan. Kamu juga perlu menentukan bahan yang digunakan untuk cincin pernikahan. Tentu banyak yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini.

Sebagian orang akan memilih logam yang awet, tahan korosi, dan pastinya mudah dibersihkan. Beberapa bahan dasar untuk pembuatan cincin bahkan bisa diubah ukurannya, loh.


3. Menentukan budget pembelian cincin kawin

Saat membeli cincin, kamu pastinya akan membeli sepasang. Cincin untuk perempuan biasanya lebih mahal ketimbang milik pria. Karena itu, kamu perlu menentukan budget-nya dari jauh-jauh hari.

Bukan hanya itu, harga logam mulia juga sangat fluktuatif dan mengikuti perkembangan harga pasar. Cobalah buat harga terendah dan tertinggi yang bisa kamu siapkan untuk membeli cincin nikah.


4. Beli cincin nikah di tempat yang terpercaya

Pastikan juga kamu beli cincin di tempat perhiasan yang sudah tepercaya. Dengan begitu, kamu pun akan mendapatkan logam dengan kualitas terbaik. Bukan hanya itu, perhiasan kamu pun akan mendapatkan sertifikat dan garansi.

Penjual perhiasan yang bagus akan memberikan banyak tipe dan model cincin nikah. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.


5. Beli cincin nikah dari jauh-jauh hari

Ada baiknya, kamu juga sudah sudah mulai berburu cincin sejak jauh hari dari tanggal pernikahan. Sediakan waktu dari satu atau dua bulan sebelum hari H untuk mencari cincin. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukannya.


Pertama, kamu punya lebih banyak waktu dan tidak terburu-buru dalam memilih model. Kedua, kamu pun punya waktu untuk melakukan survei di banyak tempat. Terlebih lagi, membeli dari jauh-jauh hari pun bisa memberikanmu waktu untuk mencapai target budget yang dibutuhkan jikalau masih kurang.


Rekomendasi Model Cincin Nikah yang Elegan

Tentukan pilihan cincin nikah terbaik untuk kamu dan pasangan. Simak pilihan modelnya di bawah ini.


1. Model polos


Cincin tanpa berlian bisa jadi pilihan tepat untuk kamu yang simpel. Kekuatan dari cincinnya terletak dari kilau logam yang digunakan. Berikan lapisan rose gold di bagian luarnya untuk menambah kilau di cincinnya.


2. Cincin nikah berlian tanam

Model klasik lain yang bisa kamu pilih adalah tipe berlian tanam. Cincin nikah ini jadi banyak pilihan karena tetap simpel, tapi tetap mewah berkat adanya kilau dari berlian. Untuk pria, kamu bisa tetap menggunakan cincin tipe polos tanpa berlian.


3. Cincin nikah berlian besar


Tipe cincin perempuan biasanya punya lingkar yang lebih ramping ketimbang pria. Tambahan berlian di bagian atas cincin dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Kamu bisa memilih satu atau lebih berlian yang diletakkan di sana.


4. Cincin nikah berlian setengah lingkaran

Separuh body cincin yang dipakai oleh perempuan akan dihiasi oleh berlian. Pemasangan berlian pada model ini biasanya menggunakan teknik tempel. Menggunakan model ini berarti menggambarkan mempelai perempuan layaknya bintang yang terang.


5. Cincin nikah two tone

Kamu pun bisa menggunakan dua logam mulia dalam satu cincin. Perpaduan dua warna ini akan buat cincin memiliki kesan unik. Tambahan berlian di bagian tengah pun menumbuhkan kesan elegan untuk yang memakainya.


6. Cincin nikah tiga berlian
Kemewahan tiga berlian yang dibawa dalam cincin akan membangkitkan nuansa elegan saat dipakai. Setiap berlian yang dimasukkan ke dalam cincin pun melambangkan kisah hidup yang dialami. Kamu akan menjalani masa lalu, masa sekarang, dan masa depan dalam hidup.

7. Cincin nikah bermotif

Motif di sekeliling cincin akan buat tampilannya menjadi lebih berbeda dibanding pilihan yang polos. Kamu bisa memilih motif hati, bunga, atau hanya garis. Motif ini bisa menggunakan logam yang lain untuk berikan nuansa two tone.


Itu dia model cincin nikah yang bisa kamu pilih untuk dipakai seumur hidup. Kira-kira, mana yang paling menarik hati?


(Ardito Wahyu Octian/Ade K. Irawan)







Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page