top of page

List 12 Isi Seserahan Pernikahan dan Lamaran yang Punya Makna Dalam



Sejumlah adat istiadat di Indonesia percaya tentang adanya seserahan pernikahan dan lamaran. Seserahan ini diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai wanita, sebagai tanda kemampuan pria untuk mencukupi kehidupan perempuan pilihannya. Adapun setiap barang yang diberikan memiliki simbol yang berbeda-beda.


Seserahan pernikahan biasanya diisi oleh barang-barang kebutuhan yang dipakai sehari-hari. Meski diberikan oleh mempelai pria, sebagai calon istri, kamu juga bisa meminta dan memilih isi seserahan yang akan diberikan, sehingga seserahan pernikahan ini sesuai dengan kebutuhan calon istri. Pastikan semua barang bisa dipakai tanpa ada satu pun yang terbuang sia-sia.


Lalu, apa saja yang ada di dalam seserahan pernikahan dan lamaran? Simak daftar isi seserahan pernikahan dan lamaran di bawah ini.


List Seserahan Pernikahan

Sebagai informasi, hantaran lamaran dan pernikahan sangat banyak jumlahnya. Tidak ada salahnya kamu mulai mencicil membelinya dari jauh-jauh hari supaya pembeliannya jadi lebih ringan. Yuk, simak daftar isi seserahan pernikahan yang harus kamu siapkan.


1. Perlengkapan ibadah

Barang pertama yang wajib ada dalam seserahan kamu adalah seperangkat alat ibadah. Tentunya perangkat ibadah ini harus disesuaikan dengan agama yang dianut oleh calon mempelai.

Bagi umat beragama Islam, seserahan yang dimasukkan biasanya berupa perlengkapan salat, Alquran, tasbih, hingga sajadah. Untuk umat Kristen, kamu bisa memberikan Alkitab, salib, hingga rosario.

Perlengkapan ibadah ini dimaksudkan agar keluarga yang dibangun nanti tetap memiliki agama dan kepercayaan yang kuat. Selain itu, kamu dan pasangan juga akan selalu memilih jalan yang baik dan sesuai dengan ajaran agama.


2. Perhiasan

Para pria juga wajib memberikan hantaran perhiasan untuk calon istrinya. Perhiasan akan membuat sang istri tetap bersinar, cantik, dan selalu enak dilihat. Perhiasan juga jadi salah satu barang yang disukai oleh calon istri.

Cobalah memilih perhiasan yang terbuat dari logam yang berkilauan. Banyak pendapat juga yang menyarankan memberikan berlian pada perhiasannya.

Namun, tidak perlu memaksakan dalam memberikan hantaran yang satu ini, ya. Berikanlah sesuai dengan kemampuan finansial yang kamu miliki.


3. Cincin pernikahan

Penanda pria sudah siap untuk melamar calon istri adalah memberikan seserahan sepasang cincin pernikahan. Cincin pernikahan biasanya senada, baik dari sisi warna maupun motifnya. Hal ini menandakan bahwa suami dan istri selalu sejalan sampai maut memisahkan.

Namun, beberapa kepercayaan melarang calon pengantin pria mengenakan emas untuk cincinnya. Bahan untuk pengantin pria biasanya diganti dengan perak, palladium, atau kuningan.


4. Perlengkapan kecantikan

Memberikan makeup dan skincare kepada calon istri juga jadi kewajiban dari calon mempelai pria. Karena itu, alat makeup maupun skincare harus ada di seserahan kamu saat melamar atau menikahi calon istri. Makeup dan skincare ini akan menjaga perempuan untuk selalu cantik setiap hari di depan pasangannya. Pastikan memilih makeup dan skincare yang cocok dengan kulitmu agar bisa kamu gunakan secara rutin nantinya.


5. Setelan pakaian

Setelan pakaian, seperti pakaian untuk bekerja, pakaian sehari-hari, atau pakaian formal lainnya seperti kebaya juga bisa disertakan di dalam isi seserahan pernikahan. Setelan pakaian ini menandakan calon suami peduli dengan penampilan calon istrinya, baik di saat formal maupun santai. Untuk lamaran adat Jawa, biasanya tidak hanya memberikan pakaian keseharian, tapi juga kain batik atau jarik.


6. Pakaian dalam wanita

Isi seserahan pernikahan yang tidak kalah penting adalah pakaian dalam wanita. Benda ini menjadi sangat sakral dalam keluarga nantinya. Pasalnya, pakaian dalam melambangkan rahasia rumah tangga yang dimiliki oleh suami istri harus dijaga dengan sangat baik.


Biasanya, pihak perempuan yang membeli pakaian dalam ini sendiri. Kemudian diserahkan kepada pihak laki-laki untuk kemudian dibungkus dengan rapi. Namun, ada juga pasangan yang mempersilakan pria membelikan pakaian dalam untuk pasangannya.


7. Alas kaki

Dalam keadaan biasa, alas kaki mungkin hanya aksesori yang digunakan untuk melindungi kaki saat berjalan. Namun, makna alas kaki dalam hantaran pernikahan menjadi sangat dalam. Makna yang terkandung dalam alas kaki adalah pasangan suami istri nantinya bisa selalu berjalan beriringan.

Karena itu, kamu juga harus menyiapkan alas kaki calon suami dalam satu kotak hantaran, ya. Kamu boleh memberikan sepatu atau sandal dalam berbagai model, kok. Asalkan, alas kaki yang diberikan sesuai dengan ukuran kaki pasangan, ya.


8. Tas

Ada yang unik dalam seserahan tas kepada mempelai perempuan. Tas ini dilambangkan kemapanan dan kesiapan suami dalam menafkahi istrinya. Pasalnya, tas ini biasa digunakan untuk menyimpan berbagai barang hingga uang.

Uniknya lagi, pemberian tas dalam seserahan pernikahan ini harus dipisah dalam satu boks berbeda, tidak disatukan dengan boks pakaian atau aksesori. Artinya suami harus memisahkan nafkahnya secara khusus untuk istri tercinta nantinya.


9. Peralatan mandi

Berbeda dengan make up, peralatan mandi atau toiletries juga harus dipisah dengan alat kecantikan. Pemberian barang ini dalam seserahan sudah barang tentu untuk membuat istri selalu bersih dan wangi sepanjang hari.

Di dalam boks alat mandi berisi sabun mandi, sampo, sabun wajah, body scrub, dan handuk. Tidak masalah, kok, kalau kamu memberikan untuk dipakai bersama-sama saat sudah tinggal serumah.


10. Buah-buahan

Buah melambangkan kesuburan dan kemakmuran dalam hidup. Pemberian berbagai macam buah untuk pasangan adalah mengharapkan kemakmuran dan rezeki yang berlimpah dalam keluarga nantinya.

Karena itu, disarankan untuk memberikan berbagai jenis buah dalam satu kotak. Warna-warni buah juga melambangkan keelokan dalam tampilannya. Dengan kata lain, rezeki yang didapat juga dari hal yang baik-baik.


11. Makanan tradisional

Secara tidak langsung, memasukkan makanan tradisional dalam seserahan pernikahan juga membuat kamu ikut melestarikan kebudayaan. Di sisi lain, panganan ini juga melambangkan keberuntungan bagi keluarga.

Sejumlah adat dan keluarga menyarankan untuk memilih makanan yang lembut, manis, dan lengket. Pemilihan tersebut bukan tanpa alasan. Semua sifat yang dibawa makanan diharapkan muncul dalam keluarga sampai tua nanti.


12. Daun sirih

Mungkin sudah tidak banyak yang memasukkan daun sirih dalam seserahan pernikahan. Sebagian orang sudah mulai menganggap daun sirih bukan kebutuhan istri maupun keluarga yang bisa dipakai nantinya. Namun, tidak ada salahnya juga kamu memilih daun sirih ini sebagai lambang keselamatan dan kebahagiaan keluarga saat menjalani fase baru dalam hidupnya.


Itu dia deretan barang seserahan pernikahan yang sudah bisa kamu siapkan mulai dari sekarang. Nah, coba mulai berdiskusi dengan pasangan untuk mulai melengkapi seserahan yang dibutuhkan.


(Ardito Wahyu Octian/Ade K. Irawan)












Comentários


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page