top of page

Susunan Acara Pernikahan Muslim yang Ideal 


Susunan Acara Pernikahan
Susunan Acara Pernikahan

Sedang bingung mencari susunan acara pernikahan yang ideal? Tenang, kamu bisa menemukan referensinya di sini. Memang ada berbagai tahapan dan prosesi yang harus dilakukan dalam sebuah pernikahan, mulai dari akad nikah hingga resepsi. Untuk kamu yang sedang mencari susunan acara pernikahan yang tepat dan terperinci, kamu bisa menconteknya di sini!


Ini Susunan Acara Pernikahan yang Ideal


Susunan acara pernikahan, biasanya dimulai dulu dengan akad nikah. Untuk itu, mari kita bahas dulu bagaimana susunan akad nikah. 


Susunan Acara Pernikahan: Akad Nikah


  1. Pembuka

Biasanya, acara pernikahan dimulai dengan sambutan oleh pembawa acara atau MC, diikuti dengan pembacaan doa untuk kelancaran acara.


2. Pembacaan Kitab Suci atau Doa

Untuk memberkati pernikahan, dibacakan beberapa ayat dari Al-Qur'an, seperti Surat An-Nisa ayat 34-35 dan Surat Ar-Rum ayat 21.


3. Sambutan Nikah

Sunan acara pernikahan selanjutnya adalah memberikan sambutan nikah yang mengandung nasihat disampaikan oleh penghulu atau petugas dari KUA, menekankan pentingnya menjaga keharmonisan rumah tangga.


4. Prosesi Ijab dan Kabul

Prosesi ijab kabul merupakan momen sakral dimana terjadi perjanjian suci antara pengantin pria dan wanita. Ini adalah momen penentu apakah pernikahan ini akan sah atau tidak, jadi pastikan tahapan ini berjalan dengan lancar. 


5. Susunan Acara Pernikahan Selanjutnya adalah Doa

Doa dibacakan oleh penghulu atau pemimpin agama merupakan susunan acara pernikahan selanjutnya yang biasa dilakukan setelah ijab kabul. Doa ini adalah penegasan atas prosesi ijab kabul dan sebagai pembuka prosesi selanjutnya.


6. Penandatanganan Berkas Nikah

Pengantin dan saksi menandatangani dokumen pernikahan sebagai bukti legalitas pernikahan di mata hukum.


7. Pemberian Mahar dan Pertukaran Cincin

Susunan acara pernikahan selanjutnya adalah proses serah terima mahar dan tukar cincin. Prosesi ini melambangkan pemberian mahar dan simbolisasi pertukaran cincin antar pengantin.


8. Susunan Acara Pernikahan dalam Akad Nikah Selanjutnya Adalah Wejangan Rumah Tangga

Wejangan diberikan oleh penghulu atau petugas KUA mengenai cara menjalani kehidupan berumah tangga.


9. Prosesi Sungkeman

Prosesi sungkeman adalah saat pengantin meminta restu kepada kedua orang tua, mengandung nilai penghormatan.


10. Penutupan

Doa penutup menandai berakhirnya rangkaian akad nikah.


Susunan Acara Pernikahan: Resepsi


  1. Pembukaan

Resepsi diawali dengan hiburan dan sambutan oleh MC.


2. Sambutan Pengantin dan upacara adat

Susunan acara pernikahan selanjutnya adalah sambutan pengantin. Ini adalah tahapan masuknya pengantin ke pelaminan bersama keluarga menjadi momen yang meriah. Jika kamu menggunakan pernikahan ada tertentu, biasanya di momen inilah kegiatan adat tersebut dilakukan, atau bisa jug sebelum penyambutan pengantin.


3. Ucapan dan Salam

Setelah selesai upacara adat dan pengantin sudah ada di pelaminan, berarti saatnya tamu memberikan ucapan selamat dan bersalaman dengan pengantin. Biasanya MC dan WO akan langsung mengatur proses ini agar berjalan dengan lancar.


4. Menikmati Santapan

Setelah tamu dipersilakan untuk memberikan salam atau bersalaman dengan pengantin, biasanya setelahnya atau di saat bersamaan, tamu undangan juga langsung dipersilakan untuk menikmati sajian atau makanan yang sudah disediakan.


5. Susunan Acara Pernikahan Selanjutnya Adalah Pertunjukan Istimewa

Sambil tamu menikmati santapan atua memberikan ucapan selamat pada pengantin, maka biasanya penampilan wedding singer dan band pun dimulai. Semuanya berjalan secara pararel dan bersamaan.


6. Sesi Foto

Saat tamu undangan yang memberikan selamat sudah mulai berkurang atau sepi, biasanya WO dan MC akan langsung mengatur untuk melakukan sesi foto denga keluarga, kerabat dan teman.


7. Susunan Acara Pernikahan Penutup

Setelah sesi foto dengan keluarga dan tamu selesai, lalu waktu pun sudah hampir menunjukan jam akhir acara, maka MC akan mengumumkan bahwa acara resepsi pernikahan telah selesai. MC atau pengantin akan mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu dan penutup acara resepsi pernikahan tersebut.


Semoga susunan acara pernikahan muslim yang diuraikan di atas diharapkan dapat membantu kamu dalam merencanakan pernikahan yang sakral dan mengesankan. Setiap detail dirancang untuk menciptakan memori indah bagi pengantin dan tamu undangan.


Untuk kamu yangs sedang mempersiapkan pernikahan, dan masih bingung mencari vendor-vendornya, termasuk wedding organizer atau wedding planner untuk menyusun dan mengeksekusi acara pernikahanmu, coba kamu tengok all-in wedding pacakage dari Yes I Do. Sesuai dengan namanya, paket pernikahan lengkap ini sudah termasuk venue, wedding planner/oraganizer dan vendor penting lainnya. 


Terus, pastinya, all-in wedding package dari Yes I Do ini juga terjangkau, jadi kamu dan pasangan bisa mewujudukan pernikahan impian kalian dengan budget yang ramah. Jadi, langsung saja hubungi tim Yes I Do di sini untuk bisa berkonsultasi secara gratis tentang rencana dan kebutuhan pernikahanmu, ya!











Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page