top of page

Ini 7 Tugas Bridesmaid yang Penting untuk Kamu Ketahui



Saat melaksanakan acara pernikahan, kehadiran bridesmaid menjadi salah satu unsur penting yang biasanya dipersiapkan pengantin. Bridesmaid adalah pengiring pengantin yang dilakukan oleh wanita muda yang telah cukup umur. Umumnya, pengantin wanita akan memilih sahabat atau kerabat terdekat untuk menjadi bridesmaid. Kalau kamu ditunjuk menjadi pengiring pengantin, kamu perlu mengetahui beragam tugas bridesmaid yang penting untuk diketahui.


Ini 7 tugas bridesmaid yang penting untuk diketahui

Tidak hanya berlaku di hari H pernikahan saja, ternyata bridesmaid memiliki rangkaian tugas sebelum acara pernikahan berlangsung. Dari beberapa bridesmaid, nantinya akan terpilih pemimpin yang bertugas sebagai perantara antara pengantin wanita dan pengiring pengantin. Leader dari bridesmaid juga bertindak untuk merancang kebutuhan pernikahan dengan form check list yang signifikan. Berikut 7 tugas bridesmaid penting yang perlu kamu ketahui.


1. Memberikan dukungan mental

Tidak jarang, pengantin wanita biasanya merasakan stres mendekati hari pernikahan. Saat kondisi kritis inilah, bridesmaid memiliki peran penting untuk menenangkan hati pengantin wanita. Mereka dipercaya menjadi tempat curhat yang aman bagi seorang pengantin.


Umumnya, ada berbagai kendala serta masalah yang datang secara mendadak. Hal ini membuat pengantin bisa mengalami lelah fisik serta mental. Selain menenangkan hati pengantin, tugas bridesmaid adalah mendengarkan keluhan dengan seksama sekaligus memberikan dukungan moral dan solusi yang berkaitan dengan problem sang pengantin.


2. Membantu persiapan pernikahan

Bukan hanya pengantin saja, bridesmaid pun memiliki peran dalam perencanaan semua pranikah, upacara serta menghadiri keseluruhan acara pernikahan. Sebut saja, pesta pertunangan, pesta lajang, gladi bersih, pemberkatan nikah, pesta makan dan acara penting yang berkaitan dengan pernikahan sang pengantin.


Kalau sang pengantin sudah memakai jasa wedding planner, tugas bridesmaid untuk mengecek kembali seluruh jadwal apakah sudah sesuai atau belum. Karena itulah, jumlah bridesmaid biasanya lebih dari 5 orang agar pembagian tugasnya lebih tertata.


Selain mengecek jadwal dengan wedding planner, bridesmaid juga wajib siap siaga saat calon pengantin membutuhkan bantuan. Misalnya, fitting baju pengantin, membeli sepatu, mencari makeup artist, sampai fitting baju seragam bridesmaid.


3. Mengurus pesta lajang

Sebelum sah menjadi seorang istri, setidaknya seminggu sebelumnya bridesmaid akan membuat pesta lajang (bridal shower). Rasanya tidak lengkap mempersiapkan pernikahan tanpa melaksanakan bridal shower.


Tugas bridesmaid pada bridal shower adalah menentukan konsep pesta lajang yang sesuai dengan kepribadian pengantin wanita. Biasanya, bridal shower dilakukan di kedai kopi, restoran bernuansa aesthetic sampai tempat destinasi liburan seperti pulau Bali atau Lombok. Jangan lupa, sebagai pemimpin dari bridesmaid perlu menyesuaikan konsep pesta lajang dengan budget, ya.


4. Memakai busana seragam bridesmaid yang disiapkan pengantin

Jauh sebelum melaksanakan acara pernikahan, pengantin akan memberikan kain bahkan baju seragam khusus untuk bridesmaid pilihannya. Pengantin umumnya memberikan kain yang sesuai dengan bahan serta warna kesukaannya.


Untuk pemilihan cutting, model hingga desain baju seragam, bridesmaid akan memilih sendiri pola baju sesuai dengan bentuk badan mereka. Bisa juga menyesuaikan model baju seragam bridesmaid dengan selera sang pengantin. Perlu komunikasi dua arah supaya konsep baju bridesmaid terlihat menarik dan popped-up di acara pernikahan.


5. Menjaga barang pengantin di acara pernikahan

Di hari H acara pemberkatan hingga pernikahan, tugas bridesmaid yang penting dilakukan yaitu menjaga barang pengantin. Calon pengantin biasanya membawa tas kecil berisi barang-barang esensial. Karena sibuk dengan acara pernikahan, biasanya pengantin tanpa sadar meletakkan tas dan barang pribadi lainnya secara sembarangan.


Supaya tidak hilang, bridesmaid wajib memerhatikan sekaligus menjaga barang penting milik pengantin. Biasanya, barang-barang pengantin yang peletakannya suka terlupakan adalah ponsel atau dompet sang pengantin wanita.


6. Memastikan pengantin dalam kondisi prima dan tidak kelelahan

Saat mendekati acara pernikahan, biasanya pengantin wanita lebih fokus pada persiapan pernikahan dibanding persiapan mental serta fisiknya. Bahkan di hari H, pengantin wanita bisa kehilangan nafsu makan sehingga mudah lelah dan bisa saja jatuh sakit.


Tugas bridesmaid adalah memastikan pengantin wanita untuk makan yang cukup supaya tidak kelelahan saat menghadapi tamu. Bisa juga dengan merancang olahraga ringan seperti yoga atau pilates demi kesehatan mental serta fisik pengantin wanita menjelang pernikahannya.


7. Ikut memberi dukungan moral

Selain menjadi teman curhat, pengiring pengantin juga memiliki peranan penting sebagai pemberi saran dan nasehat. Pengantin membutuhkan nasehat tentang detail yang berkaitan dengan pernikahan seperti pemilihan pakaian sampai dekorasi pernikahan. Pengantin akan mengumpulkan semua nasehat dan memilih keputusan terbaik dari para bridesmaid-nya.


Jadi, sudah siapkah kamu menjadi bridesmaid sahabatmu? Dan untuk kamu yang akan menikah, sudah menentukan orang-orang yang tepat untuk menjadi bridesmaid-mu?


(Indah Nainggolan)


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page