top of page

Acara Sebelum Menikah: Apa Saja yang Biasanya Dilakukan?


acara sebelum menikah
Acara Sebelum Menikah: Pengajian. (Foto: (Instagram/@erinagudono)

Sebelum acara pernikahan yang umumnya terdiri dari akad nikah dan resepsi pernikahan, biasanya ada beberapa rangkaian acara sebelum menikah yang dilakukan kedua calon pengantin. Baik bersifat keagamaan, tradisi adat ataupun karena pengaruh budaya modern. Apa saja acara sebelum menikah yang biasanya dilakukan oleh calon pengantin?


Ini Acara Sebelum Menikah yang Biasa Dilakukan Calon Pengantin


1. Calon Mempelai Pria Mendatangi Keluarga Calon Mempelai Wanita

Ini biasanya jadi langkah pertama atau tahap pertma cara sebelum menikah yang mesti dilakukan. Di sini, mempelai pria, bisa sendiri atau ditemani oleh orang tua, akan datang ke rumah calon pengatin wanita untuk menyampaikan maksudnya ingin meminang anak perempuan mereka pada orang tuanya.


Acaranya tidak formal, benar-benar privat karena tujuannya hanya untuk menyampaikan keinginan dari mempelai pria dan wanita untuk melaju ke jenjang pernikahan. Jika mempelai pria sudah mendapat lampu hijau di sini dari keluarga mempelai wanita, maka bisa lanjut ke acara sebelum pernikahan selanjutnya.


2. Acara Sebelum Menikah Selanjutnya adalah Pertemuan Keluarga Inti


Acara sebelum menikah yang satu ini bisa disatukan dengan poin pertama atau dipisah. Biasanya banyak yang memisahnya agar suasana lebih cair dan sudah ada kepastian kalau niat si mempelai pria memang sudah diberi lampu hijau sehingga suasana pun tidak terlalu tegang.


Pasangan akan mengenalkan satu sama lain kepada keluarga masing-masing. Ini bisa menjadi acara formal di mana kedua keluarga bertemu bersama atau pertemuan informal seperti makan malam di rumah. Di sini juga biasanya mulai dibahas mengenai rencana pelakasanaan lamaran dan pernikahan.


3. Lamaran adalah Acara Sebelum Menikah yang Biasa Diadakan

Acara ini adalah tradisi di beberapa budaya di mana keluarga dari kedua belah pihak berkumpul untuk meresmikan pertunangan pasangan. Biasanya, ada pertukaran cincin dan hadiah.


Ini juga biasanya jadi ajang saling memperkenalkan anggota keluarga besar (di luar keluarga inti) dari pihak ayah dan ibu kedua mempelai karena akan segera menjadi keluarga baru. Pada momen ini juga biasanya dibahas lebih lanjut mengenai tanggal dan tempat pernikahan, sekaligus mengundang seluruh keluarga besar yang hadir untuk datang ke acara pernikahannya nanti. 


4. Acara Sebelum Menikah Selanjutnya adalah Pengajian

Pengajian pra-pernikahan menjadi bagian penting dalam tradisi Islam, diisi dengan pembacaan ayat suci, sholawat, dan tausiyah tentang kehidupan pernikahan sesuai dengan ajaran Islam. Acara ini sangat emosional, terutama saat memohon doa restu dari orang tua dan kerabat, sebagai simbol dari permohonan berkah dan perlindungan.


5. Mengadakan Acara Adat Sebagai Acara Sebelum Menikah

Ada beberapa acara adat yang biasanya diakan beberapa hari atau minggu sebelum hari pernikahan. Acara adat ini sangat tergantung pada adat atau budaya yang dipegang oleh kedua calon pengantin. Biasanya proses adat yang dilakukan ini akan sejalan dengan konsep pernikahan adat yang dilakukan juga.

Misalnya, mengadakan siraman satu atau dua hari sebelum hari pernikahan yang biasanya dilakukan oleh pengantin adat Sunda dan Jawa. 


Ada juga beberapa acara adat yang biasanya dilaksanakan di malam sebelum pernikahan. 


  • Jawa: Midodareni

Tradisi ini melibatkan prosesi dimana keluarga pengantin pria membawa hadiah ke rumah pengantin wanita sebagai simbol niat baik, dengan ketentuan bahwa kedua mempelai tidak bertemu hingga hari pernikahan.


  • Betawi: Malam Pacar

Tradisi ini menandai penghiasan kuku pengantin wanita dengan pacar sebagai simbol kecantikan dan kesucian, disertai dengan ritual potong centung dan ngerik bulu kalong.


  • Sunda: Ngeuyeuk Seureuh

Acara adat yang dipenuhi dengan nasihat dan doa untuk pengantin, dipimpin oleh nini pangeuyeuk, bertujuan untuk memohon restu kepada orang tua.


  • Banjar: Badudus atau Bapapai

Tradisi mandi malam sebagai simbol penyucian diri menjelang kehidupan baru sebagai pasangan suami-istri.


  • Minang: Malam Bainai

Ritual pemakaian inai di malam terakhir sebelum menikah, simbol perpisahan dengan kehidupan lajang.


  • Minahasa: Malam Gagaren

Tradisi mandi dengan bahan alami sebagai simbol pembersihan diri, menggantikan ritual mandi lumelek.


  • Bugis: Mappacci

Upacara yang menekankan pada kesucian lahir dan batin, menyimbolkan persatuan dan harapan untuk kebahagiaan bersama.


5. Bachelor/Bachelorette Party

Ada beberapa pasangan calon pengantin yang menganut budaya asing atau barat dan ingin mengadakan bachelor atau bachelorette party sebelum acara pernikahan mereka. Acara ini biasanya diadakan terpisah untuk memungkinkan pengantin pria dan pengantin wanita bersenang-senang dengan teman-teman mereka sebelum pernikahan.


Bachelorette party lebih cenderung dihadiri oleh teman-teman dekat dan suasana biasanya lebih santai. Acara ini bisa menjadi kesempatan bagi calon pengantin wanita atau pun pria untuk bersenang-senang dengan teman-temannya sebelum menikah, seringkali dengan mengadakan pesta di luar rumah atau mengunjungi tempat-tempat hiburan.


Bachelor/Bachelorette party seringkali lebih terbuka untuk berbagai jenis aktivitas yang lebih menyenangkan dan kadang-kadang bisa lebih berani, seperti pergi ke klub malam, mengadakan permainan atau tantangan khusus, atau bahkan melakukan perjalanan singkat.


6. Bridal Shower juga jadi Salah Satu Acara Sebelum Menikah yang Sering Dilakukan


Bridal shower adalah sebuah acara sebelum menikah yang diadakan untuk merayakan calon pengantin wanita (pengantin perempuan). Biasanya, bridal shower diadakan beberapa minggu atau bulan sebelum pernikahan. Acara ini biasanya diatur oleh sahabat atau anggota keluarga dekat dari pengantin wanita.


Pada acara bridal shower, para tamu biasanya menghadiahkan hadiah-hadiah untuk pengantin wanita, yang seringkali berkaitan dengan keperluan domestik atau barang-barang yang akan membantu mereka dalam memulai kehidupan pernikahan mereka. Acara ini juga bisa menjadi kesempatan untuk bersenang-senang, bermain permainan, dan berbagi nasihat kepada pengantin wanita.


Bridal shower biasanya diadakan dalam suasana yang santai dan penuh keceriaan, di mana para tamu bisa saling bertukar cerita dan pengalaman serta memberikan dukungan kepada pengantin wanita menjelang hari pernikahannya.


Acara ini seringkali menjadi momen yang berkesan bagi pengantin wanita, karena mereka bisa merasakan cinta dan dukungan dari teman-teman dan keluarga mereka sebelum memasuki babak baru dalam hidup mereka sebagai pasangan yang menikah.


Itu tadi rangkaian acara sebelum menikah yang biasanya dilakukan oleh kedua calon pengantin. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan dan masih bingung mengenai wedding venue atau pemilihan vendor lainya, tidak ada salahnya kalau kamu memakai all-in-package dari Yes I Do.


Paket pernikahan lengkap ini terdiri dari venue, catering, dekorasi, MUA, wardrobe, wedding planner/organizer, hingga entertainment. Pokoknya lengkap, anti-ribet dan pastinya harganya sangat bersahabat.


Jadi, langsung saja hubungi tim Yes I Do di sini untuk berkonsultasi secara gratis mengenai rencapa pernikahan impianmu agar tim Yes I Do bisa membantumu mewujudkannya dengan budget yang terjangkau!










Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page