top of page

7 Baju Akad Nikah Sederhana untuk Ijab Kabul di KUA



Baju akad nikah sederhana kerap menjadi pertanyaan di benak banyak orang yang hendak merencanakan pernikahan, khususnya pernikahan di Kantor Urusan Agama. Seperti pasangan pengantin kebanyakan, tentu perempuan yang ingin menikah di KUA mendambakan baju yang nyaman, indah, dan berkesan.


Karena itu, pikiran dan tenaga mereka cenderung dihabiskan untuk mencari bahan dan model baju yang cocok untuk digunakan di KUA. Saking bingungnya, bahkan ada pula kejadian pernikahan diundur hanya karena perempuan belum merasa mendapatkan baju yang cocok untuk dipakai di hari spesialnya.


Memang, tidak seperti baju untuk laki-laki, baju pernikahan perempuan relatif lebih sulit dicari. Sebab, baju perempuan memiliki bahan dan model yang jauh lebih banyak dibandingkan laki-laki. Selain itu, perempuan juga cenderung sangat memikirkan penampilan, tidak seperti laki-laki yang lebih cuek.


Lalu, apa saja baju yang cocok untuk digunakan pada pernikahan di KUA?


Rekomendasi Baju untuk Ijab Kabul di KUA


Bagi pengantin laki-laki, baju untuk akad nikah di KUA bisa cukup menggunakan baju berkerah, berdasi, atau berjas. Semua diperbolehkan, kecuali menggunakan kaos tanpa kerah. Dengan ini saja, laki-laki sudah terlihat rapi. Tinggal dibantu dengan rasa percaya diri saja agar tampak lebih gagah.


Sedangkan untuk calon pengantin perempuan, bisa menggunakan baju semua tipe, yang penting sopan dan formal. Calon pengantin perempuan juga diperbolehkan mengenakan hijab.


Namun, banyak yang bilang, pakaian perempuan yang paling cocok untuk digunakan dalam acara akad nikah adalah kebaya. Padahal, ada banyak model yang bisa dijadikan rujukan untuk memilih baju untuk akad nikah di KUA. Berikut ini rekomendasinya:


1. Lace Dress



Perpaduan lace dress dengan hijab dan riasan wajah berwarna senada akan membuat mempelai perempuan terlihat anggun dan cantik. Sebaiknya, gunakan warna putih saja agar tidak berlebihan.


Pemilihan warna putih di hari pernikahan sekaligus juga akan menyimbolkan kesucian, kemurnian, dan kesakralan. Jadi, lace dress putih sangat cocok dijadikan busana untuk menikah di KUA.


2. Tulle Dress



Penggunaan tulle dress di acara-acara resmi semakin menjadi tren belakangan ini, bahkan juga di kalangan pengguna hijab. Nah, tulle dress warna coklat sangat tepat untuk jadi pilihan untuk pakaian pernikahan di KUA. Sebab, warna ini akan memunculkan kesan anggun dan cantik kepada penggunanya.


Selain coklat, warna cream yang lembut dan hangat pun bisa menjadi opsi lain

Dua warna itu sangat cocok untuk hari yang kamu tunggu seumur hidup.


3. Emerald Tulle Dress



Dengan menggunakan bahan dasar kain tule plus warna emerald yang lembut, dress ini bisa jadi pilihan untuk gaun akad nikah hijab sederhana di KUA. Warna emerald, selain berkesan mewah, juga akan menciptakan kesan sakral.


Warna ini juga mudah dipadu-padankan dengan berbagai aksesoris. Kamu bisa memadukan dress itu dengan hijab warna polos yang sesuai. Dengan begitu, kamu tetap akan terlihat elegan di hari bahagiamu.



4. Kaftan Dress



Tidak banyak yang sadar bahwa kaftan dress bisa menjadi gaun yang digunakan sebagai baju akad nikah muslimah syar'i sederhana. Ada banyak pilihan model dress jenis ini beserta berbagai varian warna yang bisa kamu pilih untuk memaksimalkan penampilanmu di hari bahagia.


Bagi kamu yang menyukai warna-warna kalem, dress warna coklat muda cocok untukmu. Dengan material tulle dan warna coklat yang hangat, kesan sakral di hari bahagiamu akan terpancar. Pakailah warna hijab yang senada sehingga kamu terlihat stylish.


5. Beaded Kaftan Dress



Ini adalah kaftan dress dengan sedikit modifikasi. Hiasan beads atau manik-manik pada kaftan dress akan menimbulkan kesan antik sekaligus stylish untuk pernikahan di KUA. Kamu juga akan terlihat elegan seiring dengan kilau manik-manik di pakaianmu.


Karena itu, dress kaftan dengan beads bisa menjadi pilihan untuk hari spesialmu. Dengan begitu, kamu akan terlihat cantik dan anggun tanpa menjadi berlebihan di acara akad nikahmu.




6. Classic White Dress



Kalau ini merupakan opsi yang banyak dipilih orang untuk acara pernikahan, baik di KUA maupun di gedung. Model dress klasik ini populer karena mengesankan kemurnian yang alami pada orang yang mengenakannya. Dengan warna netral dan bordir yang indah ini, classic white dress cocok untuk dijadikan busana akad nikah di KUA. Dengan begitu, hari bahagiamu nanti pasti akan menjadi sangat berkesan!


7. Batik



Yang terakhir adalah batik. Tidak ada salahnya mengenakan batik untuk akad nikah di KUA. Ada banyak pilihan batik yang bisa kamu gunakan dan cocok di hari ijab kabul pernikahanmu. Sebab, Indonesia memiliki beragam model batik dari Sabang sampai Merauke. Sebaiknya, gunakan batik asal daerahmu untuk menunjukkan karakter budayamu.


Soal model, kamu bisa membuat kain batik menjadi kebaya kebaya, dress dengan berbagai ukuran dan desain, baju kurung, hingga baju atasan dengan beragam desain. Tentu kamu perlu juga mengkomunikasikan ini dengan pasanganmu.



Jadi nantinya, pasanganmu juga mengenakan batik yang senada. Setidaknya, pasanganmu bisa menggunakan batik itu sebagai selendang atau celana.


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page