top of page

Tips dan Ide Dekorasi Pelaminan di Rumah yang Modern dan Elegan



Secara umum, menyelenggarakan sebuah pernikahan bisa dilakukan pada dua tempat, yakni di gedung atau rumah sendiri. Jika ingin berhemat, maka melangsungkan pernikahan di rumah adalah pilihan terbaik, terutama jika jumlah tamu undangannya tidak terlalu banyak. Meskipun begitu, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal saat dekorasi pelaminan di rumah.


Salah satu kendala terbesar adalah saat ukuran rumah pengantin cukup kecil dan sempit. Hal ini tentunya menyulitkan dalam membuat dekorasi pelaminan di rumah. Akan tetapi, tetap ada peluang untuk kita mendekorasi pelaminan di rumah. Selama memahami beberapa tips dan tema yang akan dipakai, maka acara pernikahan di rumah bisa dilakukan tanpa halangan.


Tips Dekorasi Pelaminan di Rumah

Saat kamu memutuskan untuk membuat dekorasi pelaminan di rumah, maka perlu perhatikan beberapa tipsnya sebagai berikut.


1. Tata ruangan di rumah

Hal pertama saat dekorasi pelaminan di rumah adalah tata ruangan di rumah. Bagian ini adalah prioritas terpenting dalam merancang dekorasi pernikahan dengan khidmat. Tata ruang rumah di sini merujuk pada penggunaan bagian-bagian rumah sebagai media untuk menyusun acara pernikahan yang baik.


Kamu bisa mengatur tata ruang yang baik pada sisi indoor atau outdoor. Hal itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan pribadi ataupun pihak tamu. Contohnya, kamu bisa atur bagian indoor untuk menerima tamu, sedangkan bagian outdoor untuk pertemuan.


2. Atur perlengkapan dekorasi

Jika bagian tata ruangan sudah selesai, maka tahapan selanjutnya adalah mengatur perlengkapan dekorasi yang ada. Beberapa jenis perlengkapan yang selalu ada dalam pelaminan adalah bunga, hiasan rotan, dan juga gorden.


Tidak hanya hadir sebagai pelengkap saja, kamu juga bisa menyiapkan perlengkapan sesuai tema yang diinginkan. Namun, sekali lagi harus disesuaikan dengan ukuran rumah agar tidak sampai menghalangi prosesi acara pernikahan nantinya.


3. Atur ruangan untuk meja pengantin

Sebuah meja pengantin tentunya menjadi bagian yang sangat menyita perhatian pada sebuah rancangan dekorasi pernikahan. Tidak perlu harus terlihat mewah, namun kombinasi yang seimbang bisa memberikan kesan elegan.


Agar tampilan meja hias pengantin terlihat lebih menarik, kamu bisa melakukan kombinasi. Contohnya memakai kombinasi aksen yang dekoratif atau bisa juga memakai desain yang anti-mainstream.



4. Kombinasikan aksesori sesuai dengan kebutuhan

Untuk kamu yang ingin memakai tema garden party, maka aksen pada bagian bunga dan juga daun harus dikombinasikan semenarik mungkin. Dengan memakai kombinasi tersebut, maka tampilan yang disajikan akan berbeda dan juga menarik.


Ditambah lagi, hal ini juga akan memberikan kesan pada tamu undangan. Bahkan, bukan tidak mungkin konsep yang kamu pakai bisa menjadi inspirasi mereka.


5. Perhatikan papan tamu di bagian luar rumah

Terkadang, bagian papan tamu selalu dilupakan dalam dekorasi pelaminan. Padahal, benda yang satu ini sangat penting sebagai penanda kamu tengah melangsungkan pernikahan. Bahkan, sebenarnya kamu bisa membuat papan tamu yang lebih kreatif selain hanya sekadar memasang janur kuning di depan gang saja.


Contohnya, kamu bisa menghias papan kayu dengan kombinasi kapur. Setelah itu, tulislah nama kamu dan pasangan dengan singkat di sana. Meskipun sangat pendek, namun hal seperti ini memiliki banyak makna.


6. Siapkan area meja untuk display

Saat kamu melakukan pernikahan di rumah, biasanya posisi meja display sering disimpan pada sisi ruang tamu rumah. Untuk area meja ini, kamu bisa memakai tema dan suasana elegan dengan aksesori tambahan seperti wadah lilin atau foto-foto.


Selain itu, dekorasi pelaminan pada area meja bisa juga kamu kreasikan sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk disesuaikan juga dengan temanya agar tidak terlalu melenceng.


7. Perhitungkan biaya dekorasi pernikahan di rumah

Hal yang tidak kalah penting saat akan dekorasi pernikahan di rumah adalah biayanya. Seperti yang diketahui bahwa melaksanakan pelaminan di rumah tentunya memiliki tujuan agar menekan biaya. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan justru lebih mahal dibandingkan pelaminan di gedung.


Keunggulan melaksanakan pelaminan di rumah adalah dapat memangkas biaya seminimal mungkin. Dengan begitu, kamu hanya mengeluarkan biaya sesuai dengan kebutuhan saja.



Ide Dekorasi Pelaminan di Rumah

Setelah mengetahui tips-tips saat akan melakukan dekorasi pelaminan di rumah, kini kita bahas berbagai ide yang bisa kamu coba nanti. Contoh-contoh dekorasi pelaminan di rumah adalah sebagai berikut.


1. Tema taman bunga

Ide pertama saat melakukan dekorasi pelaminan di rumah adalah tema taman bunga. Jika ruangan saat pelaminan begitu kecil, maka kamu bisa memakai kursi panjang untuk tempat duduk pengantin.


Tidak lupa juga bahwa kamu bisa menambahkan dekorasi bunga agar tampak terlihat elegan dan manis dilihat. Bahkan, ide ini cukup sering dipakai untuk dekorasi pelaminan sederhana.


2. Tema rustic

Pelaminan pengantin memang tidak selalu memakai sofa mewah layaknya putri dan pangeran. Untuk bisa mengurangi biaya, kamu dapat memakai tema rustic sebagai dekorasi pelaminan.


Jenis dekorasi yang satu ini terlihat sederhana dan juga murah. Kamu bisa memilih dekorasi pelaminan ini jika tidak ingin berlebihan di mata para tamu. Konsep tema rustic ini juga memberikan kesan simpel tapi tetap elegan.


3. Tema minimalis

Sesuai dengan namanya, dekorasi pelaminan yang satu ini memakai konsep minimalis dan juga simpel.


Kamu bisa memakai tempat duduk pengantin berwarna putih tanpa adanya sandaran. Untuk mempertegas konsep ini, kamu bisa memakai vas bunga atau juga kain backdrop yang berwarna putih.


4. Tema shabby chic

Selanjutnya kamu bisa memakai tema lainnya seperti shabby chic. Bisa dikatakan, tema yang satu ini sangat kental dengan aura feminin seperti memakai warna pastel dan juga berbagai bunga. Untuk rumah yang minimalis, maka tema yang satu ini bisa menjadi pertimbangan.



5. Tema vintage

Untuk kamu yang masih mencari pilihan dekorasi pelaminan yang minimalis, maka cobalah tema vintage ini. Bisa dikatakan, tema ini memberikan kesan minimalis tanpa menggunakan leveling atau panggung.


Selain itu, konsep ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin terlihat sederhana namun tetap elegan.


6. Tema flora


Tema flora bisa menjadi inspirasimu dalam membuat dekorasi pelaminan di rumah. Pada tema ini, kamu bisa memakai beragam jenis bunga untuk mempercantik suasana pelaminan. Ditambah lagi, penggunaan bunga pada pelaminan juga bisa menyegarkan suasana ruangan.


7. Tema adat

Jika rumah kamu cukup luas, maka bisa memakai tema adat sebagai ide dekorasi pelaminan. Tema yang satu ini memberikan sedikit kemewahan dengan adanya panggung dan beberapa tanaman agar lebih segar.


8. Tema backdrop putih

Untuk kamu yang senang dengan background putih, maka bisa memakai tema backdrop putih untuk dekorasi pelaminan di rumah. Jenis dekorasi satu ini nampak sederhana dengan bunga-bunga dan tirai berwarna putih di belakang. Kamu juga bisa menggunakan kursi berwarna putih juga di pelaminan.


Ditambah lagi, tema ini cocok dipakai saat berfoto dengan kerabat maupun bersama keluarga besar.



Nah, itulah tips dan ide-ide dekorasi pelaminan di rumah. Bagi kamu yang sedang menyusun rencana pernikahan, mungkin ide melaksanakan pelaminan di rumah tersebut bisa menjadi inspirasi kamu.


(Siti Kamilla)


留言


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page