top of page

5 Inspirasi Model Jas Pengantin Pria



Menjelang hari pernikahan, tentu ada banyak hal yang perlu disiapkan oleh calon pengantin, termasuk memilih atau menyiapkan jas pengantin pria. Momen sekali seumur hidup yang indah tersebut harus didukung dengan pakaian terbaik yang mampu meningkatkan kepercayaan diri sang pengantin pria.

Ada yang memilih untuk membuat secara khusus jas pengantin di desainer atau tailor yang terkenal, namun tidak sedikit juga yang merasa bahwa menyewa jas pengantin adalah jalan terbaik untuk tampil maksimal di hari pernikahan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.


Berikut inspirasi jas pengantin pria yang sering digunakan

Tidak ada yang salah dengan menyewa jas pengantin pria, namun terdapat satu hal wajib yang membutuhkan perhatian lebih dari calon mempelai pria. Jas pengantin pria harus mempunyai ukuran yang pas di badan, tak terlalu besar serta tidak terlalu kecil. Jas pengantin pria yang dikenakan harus benar-benar terasa nyaman dan memudahkan calon pengantin untuk bergerak.

Di bawah ini lima pilihan inspirasi model jas pengantin pria yang sering digunakan beserta tips-tips memilih jas terbaik untuk hari pernikahan.


1. Model jas pengantin pria dinner suit

Dinner suit merupakan model jas pengantin pria yang memberikan kesan santai. Model jas ini dilengkapi dengan satu buah kancing pada bagian depan. Ada pun kancing pada bagian lengan kanan dan kiri jas. Jas pengantin seperti ini biasanya dipakai untuk tema pesta taman atau kebun yang santai. Agar tak salah memilih dinner suit, tidak ada salahnya bagi calon pengantin pria melakukan fitting terlebih dahulu, melihat apakah jas sudah sesuai dengan keinginan atau malah sebaliknya.



2. Model jas pengantin pria velvet tuxedo

Tidak sedikit calon pengantin pria memilih velvet tuxedo untuk dikenakan pada hari pernikahan. Inspirasi model jas pengantin pria yang satu ini bisa menjadikan tampilan terlihat sangat elegan. Bahan velvet yang digunakan untuk membuat jas pengantin ini memberikan efek sedikit kilau nan mewah.

Perlu diingat, velvet tuxedo ini sebaiknya hanya digunakan pada acara pernikahan yang diadakan di ruangan tertutup seperti ballroom. Dan perlu diketahui, velvet tuxedo pada umumnya akan terasa lebih berat dibanding jas lainnya karena bahan yang digunakan cukup tebal.



3. Model jas pengantin pria single breasted

Apalah artinya menyiapkan pernikahan yang mewah jika tampilan sang pengantin pria tidak didukung dengan pakaian terbaik. Oleh karena itu, inspirasi model jas pengantin pria selanjutnya ini juga perlu menjadi pertimbangan. Jas pengantin pria bernama single breasted ini adalah model jas pria pada umumnya yang sering dijumpai bahkan di pertokoan retail.


Jas pengantin seperti ini cocok digunakan pada proses akad/pemberkatan hingga pesta pernikahan. Jas pengantin pria bernama single breasted ini biasanya mempunyai jumlah kancing sebanyak dua hingga tiga buah di bagian depan, serta beberapa kancing pada masing-masing lengan kanan dan kiri.



4. Model jas pengantin pria double breasted

Tampilan klasik yang memikat bisa diwujudkan dengan menggunakan jas pengantin pria bernama double breasted. Perbedaan jas double breasted dengan model jas lainnya ada pada jumlah kancing di bagian depan. Jas pengantin double breasted biasanya mempunyai kancing bagian depan sebanyak enam hingga delapan buah yang disusun menjadi dua baris. Tidak perlu merasa gerah saat memakai model jas ini, karena semua bahan yang ringan dan agak tipis bisa digunakan untuk membuat model double breasted.



5. Model jas pengantin pria british style tuxedo

Satu lagi inspirasi model jas pengantin pria yang sering digunakan yaitu British style tuxedo. Desain jas pengantin ini mengikuti jas klasik milik para bangsawan Inggris di abad ke-19. Letak kancing yang lebih rendah dibanding jas pada umumnya menjadikan keunikan tersendiri dari British style tuxedo ini. Menggunakan rompi atau vest sebagai dalaman jas juga bisa menyempurnakan tampilan calon pengantin pria.



Tips memilih jas pengantin pria

Meski inspirasi jas pengantin pria di atas adalah model yang paling banyak digunakan, lantas bukan berarti kelima jas tersebut mempunyai kualitas yang sama. Tentu kualitas setiap jas pengantin pria akan berbeda-beda, tergantung bahan yang dipakai hingga teknik jahit yang diterapkan saat proses pembuatannya.


Untuk membantu setiap calon pengantin pria mendapatkan jas pernikahan yang sempurna, kami sarankan agar melakukan tips di bawah ini.


1. Tentukan jumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk mendapatkan jas pengantin terbaik

Hal ini sangat membantu dalam mengendalikan pengeluaran uang namun tetap mendapatkan jas pengantin pria terbaik sesuai yang diinginkan. Informasi mengenai harga jas pengantin pria dapat dibaca melalui artikel-artikel dari sumber terpercaya atau bisa juga dengan menghubungi vendor tertentu yang sering mendapat review/penilaian terbaik.


Adanya batas biaya sebuah jas juga membantu calon mempelai pria untuk menentukan apakah sebaiknya membeli, menyewa atau bahkan memesan secara khusus jas pengantin pria yang akan digunakan pada hari pernikahan.


2. Konsultasikan terlebih dahulu dengan desainer pilihan

Tips yang kedua ini membantu setiap calon mempelai pria untuk mendapat lebih banyak masukan mengenai model-model jas pengantin terkini. Konsultasi bersama desainer pilihan juga akan sangat membantu menentukan model jas terbaik yang disesuaikan dengan biaya, ukuran badan, serta tema pesta pernikahan yang diusung.


Melakukan konsultasi juga akan memudahkan calon pengantin pria untuk menentukan jenis bahan yang akan digunakan agar jas terasa nyaman selama dipakai. Jangan ragu untuk bertanya kepada sang desainer mengenai apapun yang belum diketahui terkait pembuatan jas pengantin pria.


3. Sesuaikan warna atau motif jas pengantin pria dengan keseluruhan tema pesta

Saat ini memang ada banyak warna serta motif kain untuk membuat jas pengantin pria. Namun, calon mempelai pria tidak bisa asal-asalan saat memilih warna hingga motif jas pernikahan.


Warna atau motif jas pengantin pria harus senada dengan pakaian mempelai wanita dan juga sebaiknya tetap dalam kesatuan tema acara pernikahan yang diusung. Hal tersebut selain menjadikan tampilan terlihat serasi, juga memperlihatkan bahwa acara pernikahan memang disiapkan secara matang hingga ke detail terkecil sekalipun.



4. Jangan melewatkan jadwal fitting apabila memesan jas pengantin pria secara khusus

Meski persiapan pernikahan menyita banyak waktu dan tenaga, namun jangan pernah meniadakan fitting yang seharusnya telah disepakati bersama desainer atau vendor terpilih.

Biasanya kegiatan fitting dilakukan sebanyak dua sampai tiga kali atau lebih hingga jas pengantin pria terlihat benar-benar pas di badan calon mempelai dan siap dipakai di hari istimewa pernikahan.


5. Perhatikan setiap jahitan pada jas pengantin

Tips ini tidak kalah penting dari tips lainnya, namun sayangnya sering terlupakan. Memerhatikan setiap jahitan dengan teliti bertujuan untuk menjaga kualitas jas pengantin pria. Pasalnya, teknik jahit sebuah jas berbeda dibanding menjahit pakaian sehari-hari. Setikan benang pada jas pengantin pria harus terlihat sangat rapi, tidak boleh terdapat sedikit kesalahan.


Jadi, sudah sudah sejauh mana persiapan untuk hari pernikahanmu? Semoga mendapatkan jas pengantin pria terbaik sesuai yang diinginkan, ya!


(Veni Talimbo)



ความคิดเห็น


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page