top of page

10 Ide Gaya Rambut Sanggul Modern dan Tutorial Membuatnya


sanggul modern

Ketika akan datang ke acara resmi, brides pasti memikirkan akan merias rambut seperti apa supaya terlihat cantik. Ada banyak ide gaya rambut sanggul modern yang bisa bikin penampilannya terlihat outstanding.  

Kamu tidak harus mendatangi salon untuk membuat sanggulnya, karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Alhasil, bisa menghemat budget deh. 

Tapi, kamu juga harus memperhatikan model sanggul mana yang cocok dengan bentuk wajah dan tubuh kamu, supaya hasilnya maksimal dan mempercantik penampilanmu. So, jangan sampai asal-asalan dalam mempercantik diri ya! 

Pada artikel ini, Yes I Do akan memberikan 10 gaya rambut sanggul untuk referensi saat kamu mendatangi acara-acara penting atau hanya sekadar acara casual.

Bahkan calon pengantin yang mau melakukan do it yourself alias DIY make up juga bisa melakukannya agar menghemat rincian biaya pernikahan. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Ide Gaya Rambut Sanggul Modern 

Low Roll Bun


Model low roll bun merupakan sanggul yang terletak di leher, yang bentuknya cenderung berantakan. Ide gaya rambut sanggul modern ini bisa kamu coba jika memiliki bentuk wajah lonjong atau oval. Hal ini dikarenakan bentuk sanggulnya bisa membantu menghindari wajahmu yang mungkin akan tidak seimbang ketika disanggul. 

Untuk membuat sanggul jenis ini juga tidak sulit kok. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menarik semua rambut ke belakang sampai membentuk kuncir kuda di bawah leher. Selanjutnya, tarik kuncir tersebut ke arah atas sampai rambutmu habis dan membentuk sanggul. 

Kalau dirasa sudah rapi, kamu hanya perlu mengikatnya dengan ikatan rambut supaya menjaga sanggulan rambutmu tetap on point. Pasti bikin penampilan kamu makin cantik, deh! 

Love Bun with Ribbon 


Sanggul jenis ini merupakan tipe sanggul rendah yang cara membuatnya sangat simple. Pertama-tama, kumpulkan semua rambutmu dan cepol rendah menggunakan ikat rambut. 

Hanya saja, rambut yang disanggul tidak perlu dinaikkan ke atas, akan tetapi dibiarkan menggantung rendah di bagian depan leher.

Selanjutnya kamu bisa mempercantik tampilan sanggulmu dengan menambahkan aksesoris, seperti pita atau mutiara pada ikat rambut. Tapi, gunakan aksesoris sewajarnya saja. Jangan sampai tampak berlebihan ya, brides!

Classic Chignon


Classic chignon adalah tipe sanggul rambut dari barat. Gayanya cenderung klasik tapi bisa membuatmu tampak elegan. Selain itu, kamu juga memakai sanggul rambut palsu loh kalau mau. 

Hanya saja, kamu harus pergi ke penata rias profesional jika ingin menggunakan tatanan sanggul jenis ini. Sebab, hasilnya akan jauh lebih menakjubkan dibandingkan dengan meriasnya sendiri. Biasanya tipe sanggul ini dipilih untuk acara resmi seperti engagement atau sejenisnya. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan acaranya ya! 

Donut Bun


Ide gaya rambut sanggul modern lainnya yang bisa kamu coba adalah donut bun. Jenis sanggul ini cocok dipilih oleh perempuan berambut pendek. 

Kalau tipe rambutmu cenderung susah diatur sampai rapi, sanggul donut bun bisa jadi pilihan yang tepat karena hanya perlu mengaplikasikan hair donut pada rambutmu. 

Nah, dengan bantuan hair donut, rambutmu akan jadi lebih rapi dan tidak berantakan lagi. Bentuknya yang bulat sempurna dijamin bisa membuat penampilanmu lebih percaya diri. 

Mixed Braids

Model sanggul mixed braids akan memberikan kesan feminin pada penampilanmu, karena mengkombinasikan sanggul, kepang, dan pangkal fishtail braids.

Kalau kamu termasuk pemilik rambut tebal, tipe sanggul satu ini akan sangat cocok untukmu. Cara mendapatkan sanggul jenis ini sendiri hanya perlu dilakukan dengan menyiapkan beberapa karet rambut ukuran kecil, jepit kecil, hairspray, serta aksesoris.

Sisir rambutmu dan ambil sebagian besar rambut pada masing-masing sisi, lalu kepang besar yang melintasi sisi sebaliknya. Selanjutnya, pisahkan terlebih dahulu menggunakan karet berukuran kecil dan ambil rambut di bagian belakang kepala.

Mulailah tata rambutmu menggunakan teknik rantai seperti ketika membentuk bagian pangkal kepang (fishtail braids). Setelah itu, amankan menggunakan karet rambut dan gabungkan semuanya dengan melilitkan sedikit bagian rambut untuk menyamarkan karet rambut. Setelah, kunci rambut menggunakan jepit.

Middle Parted Bun


Ide gaya rambut selanjutnya adalah middle parted bun. Salah satu tipe sanggul yang sederhana, karena cukup memisahkan rambut pada bagian tengah saja. 

Cara selanjutnya adalah ikutilah dengan memutarkan rambut ke bagian belakang potongan samping rambutmu. Nah, rambut yang tersisa bisa kamu tata menjadi sanggul rendah supaya tetap bisa membuat penampilan jadi elegan. 

Tuck & Roll Bun


Gaya sanggul berikutnya adalah tuck & roll bun yang modelnya pas dipakai untuk sekadar pergi ke kantor atau datang ke acara casual

Cara mengikuti sanggul kenis ini adalah dengan mengatur rambut jadi lebih longgar, yakni dengan menarik helai rambut yang panjang ke bagian belakang. 

Selanjutnya, kamu bisa menyelipkan dan menggulung rambut dengan menyisakan helai rambut di bagian samping.

Top Knot with Bangs


Brides mempunyai poni? Kalau iya, artinya kamu cocok banget untuk menggunakan gaya sanggul modern top knot with bangs. Tenang saja, membuatnya juga tidak sulit kok. 

Pertama-tama, pastikan rambut dalam keadaan kering. Lalu kuncir menjadi dua begian di kepala. Jika rambut sudah terangkat semuanya, putar dan kencangkan menggunakan maret. Selanjutnya, kamu bisa menata poni jadi lebih rapi dan penampilanmu terkesan lebih manis. 

Side Swept Bun


Jika kamu mencari ide gaya rambut sanggul modern yang bisa membuat penampilanmu lebih muda, sepertinya side swept bun cocok buat kamu coba. 

Cara membuatnya juga gampang yaitu dengan menarik rambut ke sisi kepala di bagian atas telinga. Lalu, bungkus rambut tersebut dan biarkan ujungnya mencuat layaknya ekor. Namun, jangan lupa untuk merapikan bagian poni supaya menambah kesan manis pada penampilan kamu.

Twisted Updo Bun


Mau datang ke acara formal? Ide gaya rambut sanggul modern seperti twisted updo bun bisa jadi pilihan gaya yang tepat buat dicoba. Hanya saja, kamu setidaknya mempunyai rambut model panjang agar bisa menerapkan sanggul ini. 

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu  memutar-mutar rambut mulai dari bagian tengah, lalu bergerak ke luar, sampai ujung. Selanjutnya hias rambut yang sudah kamu tata dengan baik menggunakan bunga-bunga biar penampilanmu makin cantik. 

Itu tadi ke-10 ide gaya rambut sanggul modern dengan berbagai model dan keunikannya tersendiri. Semuanya bisa diaplikasikan baik itu untuk perempuan berambut panjang atau pendek sekalipun. Mau datang ke acara casual atau resmi seperti ke acara pernikahan adat Batak sahabat, kamu tidak perlu bingung dengan adanya beberapa rekomendasi di atas. 

Yes I Do juga berharap jika brides bisa mencoba dan merasakan langsung berbagai rekomendasi yang diberikan. Namun, tetap harus memperhatikan bagaimana bentuk wajah, model rambut, dan kepribadian yang dimiliki. Jadi, semuanya kembali pada diri masing-masing ya, brides

Dengan mencoba langsung berbagai ide gaya rambut sanggul modern, kamu juga tidak hanya mengeksplor diri dalam penampilan fisik, akan tetapi juga turut melakukan eksplorasi kreativitas yang ada dalam dirimu. 

Selamat mencoba ide-ide tatanan rambutnya ya, brides. Semoga bermanfaat!

Comments


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page