top of page

Tingjing: Tradisi Lamaran Tionghoa yang Penuh Makna



tingjing
Pemakaian Kalung saat Tingjing (Foto: Radar Solo)

Dalam budaya pernikahan Tionghoa, lamaran memiliki makna yang sangat penting. Salah satu bentuk lamaran yang menjadi tradisi bagi warga Tionghoa di Indonesia adalah tingjing. Tingjing adalah prosesi lamaran yang dilakukan oleh keluarga pihak laki-laki kepada keluarga pihak perempuan. Dalam tradisi ini, terdapat banyak makna dan simbol yang terkandung. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang tradisi tinjing dalam pernikahan adat Tionghoa. 


Apa Itu Tingjing?

Tingjing adalah tradisi lamaran yang dilakukan oleh warga Tionghoa di Indonesia. Tradisi ini dilakukan sebagai tahap awal sebelum pernikahan, biasanya kurang dari satu tahun sebelum hari pernikahan. Dalam prosesi tingjing, keluarga pihak laki-laki membawa seserahan dengan jumlah genap dan makanan tradisional Tionghoa yang memiliki makna penting. Prosesi tingjing dilakukan pada waktu dan tanggal yang baik, sesuai dengan tanggal lahir kedua calon mempelai, untuk membawa keharmonisan, keberuntungan, dan kebahagiaan.


Makna Tingjing dalam Budaya Tionghoa

Tingjing memiliki makna yang sangat dalam dalam budaya Tionghoa. Selain sebagai momen penyampaian niat baik dari pihak keluarga pria kepada keluarga wanita, tingjing juga melambangkan adanya pengikatan hubungan yang erat antara kedua keluarga tersebut. 


Tingjing dalam tradisi Tionghoa merupakan simbol restu dalam pertunangan. Pada tingjing, keluarga pihak pria mengunjungi keluarga pihak wanita dan menyampaikan maksud kedatangan mereka yang tak lain adalah meminang sang wanita. Melalui tingjing, hubungan antara calon mempelai diikat dengan cara pemakaian kalung sebagai tanda ikatan hubungan yang mendalam. Itu sebabnya tinjing juga kadang disebut sebagai kalungan. 


Prosesi Tingjing

1. Lokasi dan Waktu Pelaksanaan Tingjing

Saat ini, tingjing tidak hanya dilakukan di rumah orang tua calon mempelai wanita, tetapi juga dapat dilakukan di tempat lain seperti restoran, hotel, atau menggunakan jasa wedding planner. Pelaksanaan tingjing biasanya dilakukan pada siang hari di atas pukul 10 pagi atau di sore hari, tergantung pada jam baik pada tanggal yang dipilih.


2. Penyambutan Keluarga Pihak Pria oleh Keluarga Wanita

Prosesi tingjing dimulai dengan penyambutan keluarga pihak pria oleh keluarga pihak wanita. Setelah itu, keluarga pihak perempuan akan menyampaikan tujuan kedatangan keluarga pihak laki-laki, yaitu melamar sang wanita. Tahap ini menunjukkan keseriusan pihak pria dalam menjalin hubungan dengan sang wanita dan membangun kepercayaan antara kedua keluarga.


3. Pemberian Seserahan saat Tinjing

Keluarga pihak pria datang membawa seserahan berupa makanan tradisional Tionghoa, buah-buahan, dan beberapa benda lainnya yang memiliki makna dan simbolis dalam prosesi lamaran ini. Selain itu, seserahan juga terdiri dari wang tai atau uang tanda jasa sebagai tanda ucapan terima kasih atas keluarga mempelai pria yang telah meminang calon mempelai wanita.


Seserahan juga jadi bukti bahwa mereka telah siap menikahkan putranya kepada sang wanita. Seserahan biasanya berupa nampan dengan berbagai macam buah tangan atau oleh-oleh yang memiliki makna baik, seperti buah naga yang melambangkan keberuntungan dan cinta yang tumbuh subur.


4. Tinjing adalah Momen untuk Pemakaian Kalung dan Tukar Cincin

Puncak acara tingjing adalah saat sang wanita memakai kalung yang diberikan oleh pihak laki-laki.Kalung memiliki peran yang sangat penting dalam tradisi tingjing. Kalung disematkan oleh calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita sebagai tanda pengikatan hubungan yang mendalam. 


Makna kalung tersebut mencerminkan kesetiaan, komitmen, serta ikatan batin yang kuat antara calon mempelai pria dan calon mempelai wanita. Pemakaian kalung juga melambangkan simbol restu dan persetujuan dari pihak keluarga pria terhadap pilihan calon mempelai wanitanya.


Selain itu, tukar cincin juga dapat dilakukan pada acara tingjing atau pada acara seserahan yang biasanya dilakukan beberapa waktu sebelum hari pernikahan.


5. Menentukan Tanggal Pernikahan adalah Momen Terpenting dalam Tingjing

Penentuan tanggal pernikahan merupakan salah satu momen penting dalam tradisi tingjing. Setelah acara tingjing selesai, kedua keluarga akan membicarakan penentuan hari pernikahan kedua calon mempelai. Penentuan ini dapat ditinjau dari tanggal lahir kedua calon serta orangtua mereka. 


Tanggal yang dipilih haruslah tanggal yang baik, yang dapat membawa keberuntungan, kelancaran, dan kebahagiaan dalam pernikahan. Proses penentuan tanggal pernikahan ini sering melibatkan seorang suhu atau ahli Fengshui untuk membantu mengkombinasikan faktor-faktor seperti bazi, shio, dan unsur yang berpengaruh dalam menentukan tanggal pernikahan yang ideal.


Perbedaan dan Hubungan dengan Sangjit

Tingjing adalah prosesi lamaran itu sendiri, sedangkan sangjit adalah acara seserahan yang dilakukan menjelang hari pernikahan. Prosesi tingjing dilakukan oleh keluarga pihak pria untuk meminang calon mempelai wanita, sementara sangjit adalah prosesi pemberian seserahan oleh kedua belah pihak keluarga. Meskipun berbeda, kedua prosesi ini saling terkait dan memiliki peran penting dalam mempersiapkan pernikahan.


Tingjing memiliki peran yang sangat penting dalam budaya Tionghoa. Tradisi ini tidak hanya sekadar prosesi lamaran, tetapi juga melambangkan keseriusan pihak pria dalam membangun hubungan pernikahan. Melalui tingjing, calon mempelai pria menunjukkan tekad dan keseriusan mereka dalam menjalin hubungan yang akan berlangsung sepanjang hidup. Selain itu, tradisi tingjing juga melibatkan keluarga kedua belah pihak yang turut memberikan restu dan doa agar pernikahan berjalan dengan lancar dan bahagia.


Itu tadi pembahasan yang cukup lengkap tentang tingjing untuk kamu yang akan melaksanakannya sebelum pernikahan. Nah, untuk kamu yang sudah ada rencana menikah atau sedang mempersiapkan pernikahan, dan masih bingung mencari vendor-vendornya, termasuk wedding organizer atau wedding planner untuk menyusun dan mengeksekusi acara pernikahanmu, coba kamu tengok all-in wedding pacakage dari Yes I Do. Sesuai dengan namanya, paket pernikahan lengkap ini sudah termasuk venue, wedding planner/oraganizer dan vendor penting lainnya. 


Terus, pastinya, all-in wedding package dari Yes I Do ini juga terjangkau, jadi kamu dan pasangan bisa mewujudukan pernikahan impian kalian dengan budget yang ramah. Jadi, langsung saja hubungi tim Yes I Do di sini untuk bisa berkonsultasi secara gratis tentang rencana dan kebutuhan pernikahanmu, ya!




Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page