top of page

Ini Estimasi Biaya Nikah Sederhana dengan Budget di Bawah 20 Juta



Untuk kamu yang berencana menikah di tahun ini, apakah sudah menyiapkan estimasi biaya nikahnya? Memang, saat akan melakukan pernikahan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti fisik, mental, hingga sektor finansial. Sebab, saat menikah nanti tidak hanya soal cinta semata, tetapi juga ada kesiapan lainnya yang tidak kalah penting, yakni biaya nikah.


Sebagian orang beranggapan bahwa menikah sesederhana apa pun biayanya pasti ada di atas 20 juta Rupiah. Padahal, anggapan tersebut tidak selamanya benar selama kamu bisa mengatur pengeluarannya.



Estimasi Biaya Nikah Sederhana dengan Budget di Bawah 20 Juta Rupiah



Pada dasarnya, tidak masalah jika kamu ingin menyelenggarakan pesta pernikahan yang mewah selama biayanya cukup dan tidak ada beban lainnya. Akan tetapi, kalau kamu ingin menyelenggarakan pernikahan sederhana dengan budget di bawah 20 juta Rupiah, simak rinciannya di bawah ini.


1. Biaya hantaran atau seserahan

Biaya nikah pertama yang perlu diperhitungkan adalah seserahan atau hantaran. Pada dasarnya, seserahan sudah menjadi tradisi yang turun-temurun saat melangsungkan prosesi lamaran atau adanya acara pernikahan.


Isi di dalam seserahan ini antara lain, perlengkapan sholat, baju, tas, dan berbagai kebutuhan wanita lainnya seperti kosmetik, perawatan tubuh, dan masih banyak lagi.


Di Indonesia sendiri, sebuah seserahan biasanya diberikan oleh pihak pria pada wanita. Sedangkan untuk biayanya bisa bervariasi karena tergantung jumlah barang dan juga mereknya. Untuk seserahan yang sederhana rata-rata ada di kisaran Rp1 juta.


2. Biaya nikah di KUA

Perlu kamu ketahui bahwa biaya nikah di KUA sebenarnya gratis, dengan syarat kamu langsung menikah di sana pada hari Senin sampai Jumat.


Sedangkan jika kamu menikah di akhir pekan, hari libur, atau bukan di kantor KUA, maka kamu akan dikenakan biaya administrasi yang rata-rata ada di kisaran 600 ribu Rupiah.


Selain itu, biaya nikah di KUA pada hari weekend tersebut masih belum termasuk biaya pada penghulu. Nah, biaya untuk penghulu adalah seikhlasnya sebagai tanda ucapan terima kasih.


3. Lokasi pernikahan

Lokasi pernikahan juga sering dijadikan pertimbangan dalam biaya nikah. Jika kamu memilih lokasi pernikahan di gedung, maka lakukan survey terlebih dahulu sebelumnya.


Sebab, sewa gedung biasanya memakan biaya yang cukup besar, yakni sekitar 30 juta untuk kapasitas 1.000 orang. Selain itu, tidak jarang ada gedung pernikahan yang sudah dipesan dahulu oleh orang lain sehingga kamu tidak kebagian.


Jika sulit memakai gedung, kamu bisa juga mengadakan pernikahan yang bagus di rumah. Bahkan, mengadakan pernikahan di rumah bisa lebih hemat karena kamu bisa mengatur pengeluaran sesuai dengan kebutuhan.


4. Biaya wedding organizer

Saat ini, banyak calon pengantin yang menggunakan jasa wedding organizer atau WO dalam mengurus keperluan resepsi pernikahannya. Keberadaan WO ini dapat membantu calon pengantin dalam hal pengaturan konsep, dekorasi, hingga pengadaan katering.


Adanya wedding organizer ini juga membuat kamu tidak perlu capek-capek mengurus semua persiapan pesta pernikahan yang pastinya sangat melelahkan. Untuk biaya nikah yang memakai jasa WO ini rata-rata ada di kisaran 8 juta Rupiah. Akan tetapi, saat ini sudah banyak WO yang menawarkan paket bundling sehingga harganya lebih terjangkau.


5. Biaya katering dan dekorasi

Pada sebuah pernikahan, katering dan dekorasi adalah poin paling penting yang harus dipersiapkan dengan baik. Tentu saja, bagian ini tidaklah murah, khususnya jika kamu memakai konsep prasmanan yang menyediakan berbagai pilihan menu makanan.


Di sinilah kamu juga harus melakukan survey terlebih dahulu sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa membandingkan harga di satu tempat dengan tempat lainnya. Hal ini juga akan berpengaruh pada budget biaya nikah agar bisa di bawah 20 juta Rupiah.


Untuk biaya katering, katakanlah 20 ribu Rupiah per orang x 300 undangan = 6 juta Rupiah. Sedangkan anggaran untuk dekorasi paling sederhana ada di kisaran 1 juta Rupiah ke atas. Agar bisa menekan biaya, kamu bisa memesan katering pada kerabat terdekat. Bisa jadi, kamu bisa mendapatkan diskon sehingga bisa menghemat pengeluaran.


6. Undangan dan souvenir

Pada era digital seperti sekarang ini, banyak orang yang beralih dari undangan cetak ke versi online. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan karena bisa memangkas biaya nikah. Ditambah lagi, undangan online juga sangat praktis karena mudah dibagikan ke media sosial.


Sedangkan untuk bagian souvenir pernikahan, kamu bisa mencarinya di toko grosir online. Meskipun begitu, pastikan untuk membaca review-nya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memesannya.



7. Gaun pengantin dan riasan makeup

Untuk calon mempelai wanita, menjadi cantik layaknya seorang putri di hari pernikahan adalah sebuah impian. Agar hal tersebut bisa terjadi, ada baiknya kamu mencari jasa make up artist atau MUA yang dapat dipercaya.


Pada bagian ini, pastikan kamu mencari-cari informasi jasa MUA dan sewa gaun pengantin yang cocok dengan budget. Secara umum, jasa ini ada di kisaran Rp2 juta atau lebih.


8. Cincin pernikahan

Poin selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memilih cincin pernikahan. Bisa dikatakan, mencari cincin pernikahan itu susah-susah gampang. Bahkan, tidak jarang ada calon pengantin yang bingung memilih cincin pernikahan yang sesuai keinginan.

Jika kamu belum memiliki gambaran, cincin emas sederhana berkisar mulai dari Rp3 juta. Jumlah tersebut tentunya bisa didiskusikan lagi dengan pasangan karena cincin pernikahan memiliki banyak model, berat, hingga mereknya.


9. Mas kawin

Mas kawin atau mahar adalah harta yang diberikan pihak mempelai pria kepada wanita. Biasanya, mas kawin ini berisi seperangkat alat sholat, perhiasan, atau sejumlah uang tunai. Besarnya biaya mahar sangat tergantung pada barang yang dipilih.


10. Dokumentasi

Karena ini adalah momen yang terjadi sekali dalam seumur hidup, maka bagian dokumentasi ini juga perlu diperhatikan. Saat ini, sudah banyak jasa fotografer yang menyediakan paket foto sekaligus video mulai dari prewedding sampai bagian pernikahan.


Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, kamu harus melakukan survey terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan fotografer terbaik dengan harga terjangkau. Dari segi biayanya, paket dokumentasi ini ada di kisaran Rp3 juta.


11. Pengisi acara

Di dalam sebuah pernikahan tentunya akan lebih baik jika memiliki pengisi acara seperti band atau juga penyanyi solo. Dengan begitu, pesta pernikahan bisa lebih meriah. Agar biayanya lebih hemat, kamu bisa mengundang kenalan atau teman sebagai pengisi hiburan. Untuk biaya pengisi acara ini rata-rata ada di kisaran Rp2 juta.


12. Biaya tambahan

Hal yang tidak kalah pentingnya dan harus kamu siapkan adalah biaya tambahan. Contohnya seperti seragam, kue pengantin, hingga sewa mobil pengantin. Untuk bagian ini, jangan lupa untuk catat dan diskusikan terlebih dahulu dengan pasanganmu tentang rincian biaya yang diperlukan, ya.



Nah, itulah estimasi biaya nikah sederhana dengan budget di bawah 20 juta Rupiah. Perlu ditekankan lagi bahwa poin-poin di atas hanyalah perkiraan saja yang bisa jadi berbeda dengan di lapangan.


Maka dari itu, anggaplah rincian di atas sebagai gambaran biaya nikah sederhana dengan biaya serendah mungkin. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu yang sedang merencanakan pernikahan, ya!


(Siti Kamilla)


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page