top of page

10 Tips Planning Resepsi Pernikahan Bertema Garden Party


Sejujurnya, kami tidak dapat memikirkan sesuatu yang lebih syahdu, romantis, mengesankan, dan menakjubkan daripada pernikahan di luar ruangan dengan cuaca yang cerah. Apakah kamu telah membayangkan mengadakan pernikahan di luar ruangan atau bertema garden party?

Meskipun pernikahan dengan tema garden party secara alami memiliki nuansa yang sedikit lebih santai, pernikahan tersebut tetap dapat menjadi sama glamornya, kreatif, dan elegan seperti pernikahan dalam ruangan lainnya. Garden party terkadang juga dikaitkan dengan intimate wedding atau rustic wedding, apa perbedaan dua konsep tersebut? Berikut penjelasannya.

Intimate dan Rustic Wedding

Keduanya merupakan konsep pernikahan yang berbeda fungsinya. Intimate wedding lebih mengacu kepada jumlah tamu, intimate wedding atau pernikahan intim biasanya memiliki jumlah tamu terbatas. Pasangan biasanya memilih untuk mengundang hanya 25 orang saja ke pernikahan mereka. Sederhananya, pernikahan akan dilakukan dalam skala tamu yang lebih sedikit. Sedangkan rustic wedding lebih mengacu pada konsep dekorasi. Rustic wedding adalah gaya pernikahan pedesaan mengacu pada sentuhan sedikit lebih organik, alami, dan sedikit lebih boho. Pikirkan pernikahan hutan dengan daun, bunga, dan ranting sebagai dekorasi.

Tips Mengadakan Acara Pernikahan dengan Konsep Garden Party



Garden party adalah upacara pernikahan/resepsi yang berlangsung di taman. Tema ini sangat cocok untuk pasangan yang sangat menyukai alam bebas dan peluang penataan untuk pernikahan taman yang tidak terbatas. Berikut adalah 10 hal yang harus disertakan dalam pernikahan garden party.

1. Pertimbangkan musimnya

Menikahlah di saat musim kemarau sekitar April-Oktober jika kamu benar-benar ingin bertema garden party. Namun, jika di luar bulan tersebut, kamu bisa pastikan dengan aplikasi peramal cuaca untuk memastikan agar pesta pernikahan kamu tidak bubar karena turunnya hujan. Pastikan kamu tidak hanya terpikat oleh tampilan visual venue.

2. Berikan sentuhan dekor bermakna



Saat dikelilingi oleh keindahan alam, dekorasi tambahan tidak terlalu diperlukan. Namun, menambahkan sentuhan pribadi sangat membantu membuat venue seakan menjadi milik pribadi. Meskipun ada banyak ide desain di Pinterest, kami sarankan kamu memulai dengan barang-barang pribadi yang begitu sentimentil untukmu, pasangan, atau bahkan milik keluarga. Saatnya memoles lampu gantung tua yang kamu temukan di gudang rumah. Dan bukankah ornamen halaman dengan sentuhan antik akan terlihat menggemaskan di samping meja penerima tamu? Piring pernikahan milik ibu juga bisa menjadi tambahan yang menghangatkan hati untuk pengaturan meja. Lihatlah sekelilingmu untuk mencari inspirasi yang arahnya dapat membuat hasil akhir menjadi lebih bermakna.

3. Sediakan lebih banyak minuman

Siapkan dispenser minuman untuk memastikan orang terkasih tidak kehausan selama pesta pernikahan outdoor. Alih-alih menyajikan air es biasa, tambahkan stroberi segar, atau buah-buahan lainnya sebagai minuman infused water yang beraroma.



4. Buat tamu nyaman

Mengadakan pernikahan di luar ruangan dapat memengaruhi tamu, jadi beri tahu mereka apa yang diharapkan dengan menyertakan informasi pada undangan. Misalnya, 'Bergabunglah dengan perayaan pesta pernikahan kami untuk makan malam di bawah bintang-bintang' hal ini tentu akan memberi tahu para tamu baju dan sepatu apa yang bisa mereka sesuaikan. Mungkin saja mereka ingin memakai heels jika tidak tahu bahwa pesta diadakan di taman.

5. Pilih teknik lighting yang aman



Pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli lighting. Saat mempertimbangkan pencahayaan, biasanya vendor terlalu sering hanya menonjolkan dekorasi. Pastikan semua jalur menuju dapur, toilet, dan pintu keluar dinyalakan dengan benar.

6. Miliki rencana cadangan

Tidak peduli bulan apa ini, atau di mana kamu berada, kita akan selalu membutuhkan rencana cadangan. Penting untuk selalu siap dan tidak pernah mengatakan tidak. Baik menyelenggarakan pernikahan di dalam atau di luar ruangan, akan sangat membantu jika kamu memiliki wedding organizer untuk memandumu dan pasangan. WO tidak hanya akan tahu bagaimana mengubah visimu menjadi kenyataan, tetapi mereka akan memiliki pengetahuan bertahun-tahun mengenai perencanaan suatu acara. Kunjungi direktori vendor kami untuk menemukan perencana pernikahan (dan profesional acara lainnya) di daerahmu!

7. Rilis Kupu-kupu, merpati, atau balon

Jika upacara pernikahanmu di luar ruangan, kamu dapat berpartisipasi dalam beberapa tradisi yang mungkin dilarang di dalam ruangan. Kejutkan tamu dengan pelepasan merpati, balon, atau kupu-kupu untuk hasil foto yang romantis.


8. Undang kucing, anjing atau hewan peliharaanmu

Karena beberapa tempat dalam ruangan tidak mengizinkan hewan peliharaan, mengadakan upacara pernikahan di lokasi luar ruangan memberikanmu kesempatan untuk mengundang anabul. Berikan anjing kesayanganmu tugas sebagai pembawa cincin dan dandani anak anjing dengan tuksedo.

9. Tambahkan dekor lilin jika acara sampai malam hari

Selain motif bunga dan draping, pencahayaan adalah salah satu cara termudah untuk mengubah tampilan keseluruhan tempat pernikahan secara drastis. Ciptakan suasana hangat dan nyaman dengan menambahkan kumpulan lilin dengan ketinggian yang berbeda-beda di sekitar ruang akad dan resepsi. Lilin akan menambahkan elemen dramatis pada dekorasi. Atau, jika venue tidak mengizinkan nyala api, kamu dapat memperoleh tampilan serupa dengan lampu lilin listrik yang dioperasikan dengan baterai.

10. Terapkan kode berpakaian tematik


Kamu tidak dapat menyelenggarakan pesta pernikahan garden party tanpa mengundang tamu untuk datang. Pikirkan dress code tamu agar saat fotografer mengabadikan acara pestamu, hasil foto akan terlihat lebih bagus. Kamu bisa buat dress code kasual dengan warna serba putih, tema boho, atau mewajibkan tamu memakai sneakers andalannya.


Itulah tips mengadakan pesta pernikahan garden party, semoga acara resepsimu berjalan dengan lancar, ya!






Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page