top of page

Pengertian Ijab Kabul, Bacaan, dan Tata Cara Pengucapannya



Ijab kabul adalah salah satu prosesi wajib yang dilakukan saat akad nikah. Bacaan ijab kabul yang benar harus diucapkan dengan saksama agar akad nikah berjalan lancar dan afdal. Bacaan ijab kabul bahasa Arab sering membuat orang khawatir karena sulit untuk dihafal.

Namun, tahukah kamu bahwa ijab kabul juga bisa dilakukan dengan berbagai pilihan bahasa lainnya, selain Arab? Nah, yuk kita bahas bacaan ijab kabul yang benar dalam berbagai bahasa yang umum digunakan di Indonesia.

Apa Itu Ijab Kabul?

Sebelum membahas bacaan ijab kabul, kita bahas dulu apa itu ijab kabul. Secara harfiah, ijab berarti penyerahan wali atau wakil dari pihak perempuan kepada calon suami, sedangkan kata kabul berarti menerima penyerahan pihak wanita tersebut.

Ijab adalah ucapan dari orangtua atau wali mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada sang calon mempelai pria. Sementara itu, kabul diucapkan mempelai pria atau wakilnya disaksikan dua saksi.

Syarat Sah Ijab Kabul

Menurut banyak ahli agama, tidak ada lafaz atau bacaan khusus yang harus diucapkan dalam ijab kabul. Oleh karena itu, ijab kabul sah-sah saja menggunakan bahasa apa pun selain Arab.

Meski bisa dilakukan dalam berbagai bahasa, terdapat tiga syarat yang harus dipenuhi oleh lafal ijab.

Syarat ijab kabul yang sah, antara lain adanya pengucapan "aku nikahkan" atau "kami nikahkan" sebagai ketetapan. Kemudian di dalamnya menyebutkan nama calon suami dan istri. Tak harus lengkap, nama panggilan pun bisa. Namun, nama lengkap terasa lebih afdal. Syarat terakhir adalah menyebutkan mahar yang diberikan.

Nah, usai ijab diikrarkan oleh wali nikah maka selanjutnya akan disambut dengan kabul yang diucapkan oleh mempelai laki-laki dengan disaksikan oleh saksi.

Sementara itu, lafal kabul yang sah sendiri menurut para ulama hanya cukup dengan mengatakan "saya terima nikahnya.”

Bacaan Ijab Kabul dalam Bahasa Arab

Setelah membaca ijab kabul dan sebagai tanda bahwa hubungan antara pria dan wanita sudah halal adalah ketika sang penghulu akan mengucapkan kalimat ‘sah’. Selain penghulu, wali dan saksi yang setuju dan menjawab ‘sah’, juga menentukan keabsahan pengantin pria dan wanita menjadi suami istri.

Salah satu bahasa ijab kabul yang paling umum dipilih adalah Arab. Berikut bacaan ijab kabul dalam bahasa Arab yang benar.

Bacaan Ijab:

أنكحتك وزوجتك مخطوبتك بنتي…. علىالمهر…. حالا

“Ankahtuka wa Zawwajtuka Makhtubataka Binti (nama pengantin wanita yang akan dinikahkan) alal Mahri (jenis dan besaran mahar yang diterima).”

Artinya: Aku nikahkan engkau, dan aku kawinkan engkau dengan pilihanmu puteriku (nama pengantin wanita yang akan dinikahkan) dengan mahar (jenis dan besaran mahar yang diterima)

Bacaan Kabul:

قبلت نكاحها وتزويجها على المهر المذكور ورضيت بهى والله ولي التوفيق

“Qobiltu Nikahaha wa Tazwijaha (Nama pengantin wanita bin nama orang tua wanita) alal Mahril Madzkuur wa Radhiitu bihi, Wallahu Waliyut Taufiq.”

Artinya: Aku terima nikahnya dan kawinnya (Nama pengantin wanita bin nama orang tua atau wali wanita) dengan mahar yang telah disebutkan, dan aku rela dengan hal itu. Dan semoga Allah selalu memberikan anugerah.

Setelah itu, para hadirin umat muslim yang hadir menyaksikan langsung prosesi akad nikah atau ijab kabul ini dianjurkan untuk membaca doa akad nikah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, berikut ini:

"Baarakallahu likulii wahidimmingkumaa fii shaahibihi wa jama'a bainakumma fii khayrin"

Artinya: mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.


Bacaan Ijab Kabul dalam Bahasa Indonesia

Bacaan ijab kabul bahasa Indonesia juga sering dipilih karena relatif mudah dihafal. Berikut bacaan ijab kabul dalam bahasa Indonesia.

Bacaan Ijab:

“Saya nikahkan dan saya kawinkan engkau saudara/ananda (nama pengantin laki-laki) bin (nama ayah pengantin laki-laki) dengan anak saya yang bernama (nama pengantin perempuan) dengan mas kawinnya berupa (mahar/mas kawin), tunai.”

Bacaan Kabul:

"Saya terima nikahnya dan kawinnya (nama pengantin perempuan) binti (nama ayah pengantin perempuan) dengan mas kawinnya yang tersebut, tunai.”

Bacaan Ijab Kabul dalam Bahasa Inggris

Selain kedua bahasa di atas, ijab kabul dalam bahasa Inggris juga sering dipilih oleh mereka yang menikah dengan WNA. Berikut bacaan ijab kabul dalam bahasa Inggris.

Bacaan Ijab:

"Mr. (nama pengantin pria) son of (nama ayah pengantin pria) I marry off my daughter, (nama pengantin perempuan) to you with the mahr agreed upon."

Bacaan Kabul:

"I accept marrying your daughter, (nama pengantin perempuan) with the mahr agreed upon."

Bacaan Ijab Kabul Bahasa Jawa

Banyak pula pasangan yang memilih bahasa Jawa untuk mengucapkan ijab kabul. Berikut bacaan ijab kabul menggunakan bahasa Jawa.

Bacaan Ijab:

"Anak Mas (nama pengantin pria) Kanthi ngucap bismillahirrahmanirrahim, aku nikahake lan tak jodohake anakku (nama pengantin perempuan) pikantuk sliramu, kanti mas kawin (mas kawin) ingkang kudu kabayar lunas."

Bacaan Kabul:

"Kulo tampi nikahipun (nama pengantin perempuan) putero panjenengan, kangge kulo piyambak, kanti mas kawin ingkang sampin kasebat, kulo bayar lunas."

Bacaan Ijab Kabul untuk Tunarungu

Meski tidak bisa mendengar atau berbicara, pasangan tunarungu juga masih bisa membaca ijab kabul dengan bahasa isyarat dan tetap dianggap sah.

Ijab kabul dengan bahasa isyarat ini sudah dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar al-Haitami dalam kitab Tuhfatu Muhtaj ketika membicarakan rukun-rukun nikah.

Imam Ibnu Hajar mengatakan;

"Adalah sah nikahnya seorang disabilitas rungu dengan bentuk memberikan isyarat (ketika terjadi ijab kabul) yang tidak hanya orang pandai saja yang memahami isyaratnya (artinya semua orang yang ada di tempat itu memahami isyarat ijab qabulnya).

Demikian juga pernikahan disabilitas rungu dihukumi sah (yang ketika terjadi ijab qabul) dia menggunakan tulisan dan tidak ada yang berbeda pendapat sesuai dengan kitab Majmu Imam Nawawi".

Nah, itu dia pengertian ijab kabul, contoh ijab kabul yang benar, serta syarat ijab kabul dianggap sah yang wajib kamu tahu. Selamat menempuh hidup baru!

Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page