top of page

6 Tips Memilih Vendor Dekorasi Pernikahan Anti-gagal


tips memilih vendor dekorasi pernikahan

Setiap pasangan pasti mau menciptakan suasana indah pada hari pernikahannya. Nah, Yes I Do di sini untuk memberikan tips memilih vendor dekorasi pernikahan agar pesta kamu semakin berkesan.

Bila akan menggelar pesta pernikahan dalam adat apa pun, misalnya pernikahan adat Betawi, Melayu Riau, Bugis atau lainnya, sebaiknya memang tak menyepelekan soal dekorasi, karena inilah yang mendominasi acara secara visual.

Mempelajari tips memilih vendor dekorasi pernikahan sama pentingnya dengan memahami tips memilih make up artist (MUA) pernikahan. Namun, memang biasanya vendor dekorasi dan MUA sudah satu paket ya.

Sekarang mari kita langsung saja simak beberapa tips memilih vendor dekorasi pernikahan. Yes I Do merangkum sederet tips berikut dari berbagai sumber agar kamu mendapatkan informasi super lengkap.


Ini Tips Memilih Vendor Dekorasi Pernikahan Anti-gagal

1. Tentukan Konsep dan Anggaran

Mulai dengan merencanakan konsep.

Diskusikan bersama pasangan tema dan konsep pernikahan yang diinginkan. Apakah modern minimalis, rustic, vintage, atau pernikahan adat tradisional? Konsep yang jelas akan memudahkan kamu mencari vendor yang sesuai.

Hitung anggaran biaya

Alokasikan dana khusus untuk dekorasi. Buat rincian perkiraan biaya, termasuk bunga, kain, perlengkapan, dan biaya tenaga kerja. Ingat, harga bisa bervariasi tergantung konsep dan kelengkapan dekorasi yang kamu inginkan.

2. Riset dan Bandingkan Vendor

Memanfaatkan kehadiran teknologi, media sosial dan sejenisnya.

Kamu bisa mencari vendor melalui online marketplace, media sosial, atau situs khusus vendor pernikahan. Baca testimoni atau review dari klien-klien sebelumnya untuk menilai kualitas layanan vendor tersebut.

Pertimbangkan juga rekomendasi dari orang-orang sekitar.

Rekomendasi dari internet pasti banyak, tetapi jangan lupa minta rekomendasi dari keluarga, teman, atau wedding organizer yang sudah berpengalaman. Mereka mungkin memiliki informasi berharga tentang vendor terpercaya yang tak muncul dalam pencarian online.

Buat shortlisted

Jika sudah mengumpulkan informasi tentang opsi vendor, maka langkah berikutnya adalah memilih tiga sampai lima vendor dekorasi pernikahan untuk dimasukkan dalam shortlisted. Pilih vendor yang memenuhi kriteria kamu dari segi konsep, lokasi dan harga.

3. Lakukan Pertemuan & Negosiasi

Jadwalkan konsultasi dengan vendor-vendor dalam shortlist

Selanjutnya, menghubungi vendor terpilih untuk menjadwalkan pertemuan langsung. Saat bertemu dengan vendor, utarakan konsep yang kamu inginkan secara detail, termasuk inspirasi desain, warna, dan suasana yang diinginkan.

Jangan lupa untuk melihat portofolio mereka

Lihatlah portofolio vendor untuk menilai gaya dan keahlian mereka. Pastikan portofolio sesuai dengan konsep pernikahan impianmu ya!

Tanyakan detail layanan yang mereka berikan kepada klien

Pahami dengan jelas apa saja yang termasuk dalam paket dekorasi. Tanyakan tentang biaya tambahan, kebijakan pembatalan, dan garansi. Lalu, diskusikan opsi cadangan bila terjadi hal tak terduga, seperti cuaca buruk atau kerusakan dekorasi.

Sepakati jadwal dan timeline detail, mulai dari pengiriman material, instalasi, hingga pengembalian properti. Selain itu, perhatikan ketepatan waktu, kesiapan tim, dan standard operation procedure (SOP) kerja yang jelas untuk menghindari kekecewaan pada hari pernikahan.

Selanjutnya bandingkan harga dan aspek penting lainnya

Setelah mendiskusikan hal-hal penting dengan beberapa vendor, selanjutnya bandingkan penawaran satu dengan penawaran lainnya. Lakukan negosiasi harga dengan vendor yang kamu rasa pas untuk menangani dekorasi wedding.

Bila sudah masuk tahap negosiasi, pilih vendor dengan harga yang sesuai. Namun perlu digarisbawahi jangan hanya terpaku pada harga murah. Prioritaskan kualitas layanan dan kepuasan agar tak kecewa.

Tentu saja, vendor yang baik bersifat fleksibel. Dia akan terbuka dengan modifikasi konsep dan penyesuaian permintaan, budget dan kemampuan vendor itu sendiri. Nah, kalau tak mau ribet cari vendor dekorasi, kamu dapat menggunakan layanan all-in package.

4. Cek Legalitas dan Kontrak

Pastikan legalitas vendor sebagai pengusaha

Nah, untuk menghindari penipuan atau kejadian lain yang tak diinginkan, jangan sungkan meminta vendor untuk menunjukkan bukti legalitas bisnisnya. Contohnya seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Baca kontrak kerja sama dengan vendor secara teliti

Buat kontrak tertulis yang memuat detail layanan, spesifikasi dekorasi, jadwal pengerjaan, pembayaran, dan kebijakan pembatalan.

Perhatikan poin-poin penting dalam kontrak, seperti rincian layanan, jadwal pelaksanaan, kewajiban vendor, dan kebijakan pembayaran. Pastikan tak ada klausul yang merugikan kamu sebagai klien ya!

Mintalah tanda tangan

Jangan lupa minta tanda tangan dan stempel di atas kontrak setelah disetujui kedua belah pihak. Bila perlu dibubuhkan materai agar dokumen perjanjian memiliki kekuatan hukum.

5. Bangun Komunikasi yang Baik

Komunikasikan apa pun yang kamu inginkan sebagai klien secara terbuka

Jalin komunikasi yang baik dengan vendor sejak awal. Sampaikan secara jelas keinginan dan harapan kamu agar vendor dapat mewujudkan dekorasi impian. Vendor terpilih sebaiknya diajak untuk melakukan kunjungan venue.

Dengan begitu vendor akan memahami luas ruangan, tata letak, dan potensi kendala teknis.

Tetap update

Lakukan komunikasi rutin untuk memastikan kelancaran persiapan dekorasi. Sampaikan jika ada perubahan konsep atau detail lainnya.

Percayakan pada vendor, tetapi tetaplah mengontrolnya

Berikan kepercayaan kepada vendor untuk bekerja profesional. Namun, tetap lakukan kontrol secara berkala untuk memastikan semuanya sesuai dengan kesepakatan.

Jangan lupa, pastikan rincian biaya transparan, termasuk biaya tambahan seperti transportasi, instalasi, dan bongkar pasang dekorasi.

Lakukan inspeksi akhir

Kemudian, sebelum acara dimulai, lakukan inspeksi final bersama vendor untuk memastikan semua dekorasi sudah sesuai kesepakatan. Proses pemeriksaan ini memang sedikit memakan waktu, jadi kamu bisa mewakilkannya kepada orang yang dipercaya.

6. Sampaikan Apresiasi

Bila acara pernikahan kamu sukses, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada vendor atas kerja kerasnya mewujudkan dekorasi pernikahan impian kamu.

Memilih vendor dekorasi pernikahan membutuhkan perencanaan yang matang. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa menemukan vendor yang tepat dan mewujudkan pernikahan impian selama ini.

Selain keindahan visual, pastikan vendor kamu profesional, terpercaya, dan dapat berkolaborasi dengan baik untuk menciptakan hari bahagia yang tak terlupakan! Nah, Yes I Do siap membantu mewujudkan semuanya, silakan hubungi tim Yes I Do untuk berkonsultasi secara gratis! 

Tips terakhir dari kami, saat menentukan vendor dekorasi percayalah pada intuisi dirimu sendiri ya! Pilih vendor yang dapat membuat kamu nyaman dan yakin bisa menghadirkan keajaiban pada hari bahagia itu.


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page