top of page

7 Vendor Pernikahan Paling Penting yang Perlu Ada


vendor pernikahan
Vendor pernikahan paling penting



Vendor pernikahan adalah penyedia layanan atau produk yang dibutuhkan oleh pasangan yang akan menikah untuk mengatur dan melaksanakan pernikahan mereka. Vendor pernikahan bisa mencakup berbagai macam layanan, mulai dari tempat pernikahan, dekorasi, fotografi dan videografi, catering, kue pengantin, baju pengantin, entertaiment sampai transportasi. 


Pemilihan vendor pernikahan yang tepat itu penting sekali untuk memastikan pernikahanmu berjalan sesuai dengan rencana dan sesuai dengan yang kamu impikan selama ini. 


Vendor pernikahan yang wajib ada dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan kebutuhan pasangan yang akan menikah, namun ada beberapa vendor yang umumnya dianggap penting dan biasanya hadir dalam setiap pernikahan. Berikut adalah beberapa vendor pernikahan yang umumnya dianggap wajib ada.


Ini Vendor Pernikahan Paling Penting yang Wajib Ada


1. Venue

Venue sudah pasti adalah vendor pernikahan yang wajib kamu utamakan pencariannya. Venue ini akan sangat saling memengaruhi dengan tanggal pelakasaan pernikahan dan konsep pernikahan itu sendiri. Jadi jika kamu sudah punya tanggal perkiraan pernikahan, langsung survei venue pernikahan dan tentukan segera agar tidak terlanjut penuh atau sold out. 


Untuk kamu yang sedang mencari venue pernikahan di daerah Jakarta atau Surabaya, kamu bisa coba cek venue pernikahan dari Yes I Do di sini, yang harganya dijamin terjangkau!


Klik di sini untuk mencari tahu tips memilih venue pernikahan yang tepat.


2. Catering

Setelah urusan venue selesai, vendor pernikahan terpenting kedua yang harus kamu book adalah catering. Kamu bisa datang ke beberapa wedding expo untuk atau mencari referensi catering ternama yang sudah mendapat banyak review bagus. 


Jangan lupa untuk melakukan food test dulu sebelum kamu membuat kesepakatan dengan pihak catering. Sesuaikan jumlah catering dengan jumlah hitungan perkiraan tamu yang akan datang per kepala, jangan per undangan agar tidak kurang. Lebih baik lebih daripada kurang, karena kalau lebih kamu masih bisa membawa makananya pulang dan membagikannya pada pihak keluarga. 



3. Vendor pernikahan penting selanjutnya adalah dekor

Vendor dekor pernikahan sangat lah krusial karena mereka lah yang akan menentukan seperti apa pernikahan kamu jadinya, apakah akan sesuai konsep yang sudah kamu impikan selama ini atau tidak. Untuk itu, pastikan pilih vendor pernikahan untuk dekor yang sudah ternama dan terjamin hasil kerjanya.


Biasanya kamu juga bisa langsung book vendor dekor yang sudah sepaket dengan catering atau dengan gedung. Tinggal pastikan saja jasa yang dia sediakan sesuai dengan konsep pernikahanmu dan lebih menguntungkan dibandingkan jika kamu memakai vendor terpisah. 


4. Wardrobe dan MUA

Vendor pernikahan yang tak kalah penting selanjutnya adalah wardrobe alias baju penganting dan MUA. Biasanya kamu bisa menyewa dua jasa ini dalam satu vendor sekaligus, tapi ada juga yang hanya menyediakan jasa salah satunya saja. 


Tentunya kamu sudah punya impian ingin menggunakan baju pengantin seperti apa dan ingin dirias seperti apa. Jadi, pilih penyedia wardrobe dan MUA dengan benar-benar memerhatikan portofolio mereka. Datangi butiknya langsung untuk mencari dan mencoba bajunya jika kamu ingin meyewanya, atau pun menjahitnya. Untuk MUA pun lakukan makeup test terlebih dahulu sebelum hari H agar kalian sudah punya kesepakatan makeup look seperti apa yang ingin digunakan saat hari H nanti.


Jangan lupa unruk sekalian book juga wadrobe dan makeup untuk pihak keluarga, yang biasanya juga bisa disediakan oleh vendor yang sama. 



5. Fotografer / Videografer adalah vendor pernikahan penting yang perlu ada

Tentunya kamu ingin hari paling spesial dalam hidupmu dan pasangan diabadikan dengan sangat baik dan cantik, kan? Untuk itu, wajib sekali ada vendor forografer dan videografer alias vendor dokumentasi yang akan mengabadikan semua momen berhargamu mulai dari pre-wedding, porses persiapan pernikahan, akad hingga resepsi.


Cek portofolio vendor dokumentasi dengan teliti. Jangan lupa untuk selalu menyampaikan ide dan keinginanmu pada mereka  agar hasilnya sesuai dengan yang kamu inginkan.



6. Sound dan entetaiment

Agar pernikahanmu terasa lebih meriah, tentunya kamu juga perlu memerhatikan vendor pernikahan yang bisa menyediakan entertainment dan sound system yang layak. Biasanya kamu bisa mendapatkannya di satu vendor yang menyediakan panggung, alat musik (jika ingin ada live band), dan sound system. Kamu juga bisa menanyakan pada mereka apakah mereka memiliki in-house wedding singer/band yang bisa kamu sewa. 


7. Wedding planner/organizer

Menyusun, merencanakan dan menyelenggarakan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Selain biaya, kamu dan pasangan harus mengeluarkan banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk bisa memastikan pernikahanmu berjalan dengan lancar hingga selesai. Tentunya hal tersebut tidak jarang membuat calon pengantin malah jadi stres.


Untuk mengurangi stres dan memastikan agar semuanya berjalan sesuai rencana, ada baiknya kamu menyewa vendor pernikahan wedding planner dan wedding organizer. Kamu bisa menggunakan wedding planner jika memang butuh bantuan untuk menyusun rencana pernikahanmu dari awal, atau cukup menggunakan wedding organizer saja pada hari H untuk memastikan proses akad dan resepsi pernikahanmu berjalan dengan lancar. 


Itulah beberapa vendor pernikahan penting yang dianggap wajib atau perlu ada di setiap pernikahan. Tentunya kamu bisa menyeseuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu dan pasangan miliki. 


Jika kamu tidak mau ribet harus mencari vendor pernikahan satu per satu, ada satu cara efektif dan efisien yang bisa kamu lakukan, yaitu menggunakan all-in wedding packages dari Yes I Do. Ya, tidak hanya menyediakan wedding venue, Yes I Do juga menyediakan berbagai paket pernikahan lengkap yang detai, jumlah dan harganya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budgetmu. Pastinya, jatuhnya akan lebih murah dan mudah. 


Jadi, tidak perlu bingung dan ragu lagi, langsung saja klik di sini untuk berkonsultasi dengan tim Yes I Do tentang alll-in wedding pacakages yang mereka miliki agar kamu dan pasangan bisa mewujudkan pernikahan impian kalian dengan budget yang terjangkau dan anti-ribet!





Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page