top of page

10 Tips Memilih Catering Pernikahan agar Tak Rugi


tips memilih catering pernikahan

Kualitas catering akan menentukan kenikmatan dan kepuasan para tamu undangan dalam acara pernikahan. Karena itu, pastikan tidak asal dalam memilihnya. Untuk meminimalisir risiko salah pilih, ada beberapa tips memilih catering pernikahan yang bisa kamu jadikan pegangan.

Pernikahan merupakan salah satu momen terpenting dalam hidup. Di hari istimewa ini, tentu kamu ingin semuanya berjalan dengan sempurna, termasuk hidangan yang disajikan untuk para tamu. Oleh sebab itu, kecermatan dalam memilih jasa catering sangatlah penting.

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kualitas suatu jasa adalah track record-nya. Dengan begitu kamu bisa mendapat gambaran singkat mengenai bagaimana kualitas produk yang ditawarkan maupun sumber daya manusia yang terlibat. Namun, untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap mengenai tips memilih catering pernikahan.

Tips Memilih Catering Pernikahan yang Tepat

Pastikan Tanggal Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan tanggal pernikahan. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikannya dengan waktu luang jasa catering yang diincar. Selain itu, mencocokkan waktu sejak awal akan membantumu untuk menghemat energi. Jika sudah jelas jadwalnya bentrok, kamu bisa langsung mencoretnya dari opsi catering tanpa melakukan survei tambahan.

Cek Status Rekanan Gedung

Sebaliknya, apabila jadwal sudah sesuai, kamu bisa beralih ke tahap berikutnya, yakni mengecek status rekanan gedung pernikahan. Pastikan gedung memberimu kebebasan untuk memilih jasa catering yang sesuai dengan keinginan. Pasalnya, beberapa gedung biasanya sudah memiliki partner catering khusus untuk setiap acara yang berlangsung di situ.

Jika ternyata gedung sudah memiliki rekanan khusus, maka mau tidak mau kamu harus mengikuti aturan tersebut. Pilihan lainnya adalah mencari gedung lain yang memberi kebebasan pada pelanggannya untuk memilih jasa catering yang sesuai dengan selera. Namun, hal ini tentu akan memakan lebih banyak waktu.

Survei Popularitas Catering

Tips memilih catering pernikahan berikutnya adalah survei popularitas. Cari jasa catering yang paling banyak disarankan oleh kerabat dan teman terdekat. Kamu juga bisa mengecek penyedia jasa yang memiliki jam terbang tinggi serta review bagus di media sosial. Kedua hal tersebut bisa menjadi tolak ukur mengenai kualitas jasa tersebut.

Apabila sudah menemukan jasa catering yang menarik, tulislah di dalam catatanmu terlebih dahulu. Lalu, cari lagi opsi jasa lainnya hingga kamu memiliki 3-4 pilihan untuk diperiksa dan dibandingkan kelebihan maupun kekurangannya.

Urutkan Berdasarkan Bujet

Selanjutnya, urutkan seluruh opsi tersebut berdasarkan bujet yang dibutuhkan. Kamu bisa menyusunnya dari yang termurah hingga termahal untuk menentukan skala prioritas. Lalu, buatlah bujet anggaran khusus untuk catering untuk memastikan angkanya tidak jauh berbeda dengan opsi vendor termahal. Sebagai catatan, kamu juga bisa memberi skor untuk setiap kategori penilaian untuk mempermudah proses seleksinya.

Lihat Menu Makanan yang Ditawarkan

Langkah berikutnya adalah mengecek menu makanan yang ditawarkan. Biasanya, setiap jasa catering memiliki menu andalan tersendiri, entah itu masakan western, nusantara, chinese, atau yang lainnya. Cek jasa catering mana yang unggul pada tipe makanan yang ingin kamu sajikan di hari pernikahan.

Apabila kamu dan pasangan beragama Islam, cek juga apakah jasa catering tersebut memiliki sertifikasi halal. Ini penting untuk memastikan seluruh menu yang mereka hidangkan aman untuk dimakan oleh seorang muslim. Jangan sampai setelah teken kontrak kamu baru menyadari bahwa ada risiko masakannya tercampur dengan bahan makanan yang haram.

Lakukan Test Food

Setelah cukup yakin dengan jasa catering yang akan dipilih, kamu bisa meminta untuk melakukan test food. Beberapa vendor biasanya akan menyanggupinya tanpa memungut bayaran karena ini merupakan bagian dari marketing. Namun, ada juga vendor yang mengenakan biaya tergantung pada menu yang ingin dicoba serta jumlah orang yang mencobanya.

Selagi melakukan test food, cobalah menilai tingkat kebersihan selama makanan sedang diolah hingga disajikan kepada para tamu. Ini penting untuk memastikan makanan di hari penikahanmu tidak akan membuat orang yang memakannya sakit dan mengalami gangguan pencernaan.

Sebagai catatan, kamu bisa coba mencari pameran vendor pernikahan jika ingin melakukan test food dengan lebih leluasa dari berbagai jasa berbeda. Di acara tersebut kamu juga bisa sekaligus menyaksikan langsung kecakapan karyawan jasa catering. Hanya saja pameran seperti ini memang tidak setiap bulan ada.

Cek Kualitas Karyawan

Setelah memastikan pilihan menu dan rasanya cocok dengan seleramu maupun pasangan, saatnya mengecek kualitas sumber daya manusia yang dimiliki catering. Pastikan karyawan yang bekerja di sana memiliki ketekunan serta ketelitian. Jika tidak, bisa jadi mereka tidak akan sanggup menangani seluruh kebutuhanmu di hari H.

Lalu, pastikan karyawan yang dikirimkan oleh jasa catering tidak hanya juru masak, tetapi juga asisten yang dapat membantu mengangkat serta membersihkan piring kotor. Dengan begitu, peralatan makan yang sudah digunakan oleh tamu undangan tidak akan menumpuk selama acara berlangsung.

Negosiasikan Harga ke Jasa Catering

Apabila seluruh poin di atas sudah aman, saatnya membicarakan harga dengan vendor. Cek kembali paket apa saja yang mereka tawarkan dan harganya. Lalu, cobalah menegosiasikan harga jika memang kamu akan memesan untuk jumlah banyak. Pasalnya, potongan harga sekecil apapun akan sangat membantu untuk mengontrol pengeluaran acara.

Cek Metode Pembayaran

Tips memilih catering pernikahan terbaik berikutnya adalah mengecek metode pembayaran yang ditawarkan. Sebisa mungkin, hindari bekerja sama dengan vendor yang meminta pembayaran penuh di awal. Pasalnya, dengan membayar penuh di awal, ada banyak risiko kerugian yang akan kamu hadapi.

Salah satunya adalah vendor bisa jadi tidak akan bekerja maksimal karena merasa sudah dibayar penuh. Lalu, ada risiko vendor kabur seperti yang ramai terjadi belakangan ini. Karena itu sebaiknya lakukan pembayaran dalam tiga tahap, yakni 10 persen untuk DP, 70 persen kurang lebih seminggu sebelum acara, dan 20 persen ketika acara sudah selesai.

Pelajari Kebijakan Jasa Catering

Terakhir, pelajarilah kebijakan jasa catering yang akan kamu pilih. Kebijakan catering pernikahan menjelaskan dengan lebih detail tentang layanan yang ditawarkan, termasuk menu, harga, proses pemesanan, pembayaran, dan ketentuan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa menghindari risiko adanya kesalahpahaman di masa depan.

Tidak hanya itu, adanya kebijakan yang jelas dalam bentuk dokumen dapat menjamin hak-hak yang kamu miliki sebagai konsumen terlindungi. Salah satunya adalah hak mengajukan komplain jika terjadi masalah pada proses penyediaan makanan selama acara berlangsung.

Itu dia beberapa tips memilih jasa catering pernikahan terbaik yang bisa kamu aplikasikan. Jika masih bingung, kamu bisa berkonsultasi secara gratis dengan tim Yes I Do di sini, untuk mendapat pencerahan lebih lanjut mengenai catering-catering yang paling recommended. Dengan begitu, pernikahanmu dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginanmu dan pasangan.

Yes I Do juga menyeniakan banyak all-in wedding package yang sudah termasuk catering sehingga lebih praktis dan menguntungkan buatmu.

Comments


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page