top of page

12 Tips Memilih MUA Pernikahan agar Tidak Gagal


tips memilih mua pernikahan

Hari pernikahan adalah momen sekali seumur hidup yang dinanti-nantikan oleh banyak pasangan. Setiap detail persiapan pun menjadi penting, tak terkecuali pemilihan make up artist (MUA), terutama bagi mempelai perempuan.

Maka dari itu, Yes I Do akan mengajak kamu untuk mengupas tips memilih MUA pernikahan.

Riasan apik akan mempercantik penampilan dan membuatmu percaya diri pada hari bahagia. Selain itu, make up yang bagus juga memberikan hasil dokumentasi foto dan video yang lebih memuaskan!

Tantangannya, memilih MUA yang tepat bisa terasa overwhelming, karena banyak opsi yang tersedia. Namun tak perlu khawatir, Yes I Do sudah merangkum 15 tips jitu untuk membantumu menemukan MUA yang tepat.

Tips Memilih MUA Pernikahan

Kenali Diri Sendiri

Sebelum memulai pencarian, luangkan waktu untuk memahami keinginan dan preferensi diri kita. Jawab pertanyaan ini terlebih dahulu.

  • Apakah kamu ingin tampil natural atau glamor?

  • Adakah konsep pernikahan tertentu yang ingin dipadukan dengan riasan?

  • Apakah pesta mengangkat tema pernikahan adat atau modern?

Dengan menjawab pertanyaan tersebut akan mempermudah kamu menemukan MUA yang sesuai dengan selera. Bila terasa membingungkan, cari inspirasi melalui majalah penganti atau media sosial.

Kamu pun bisa melihat portofolio MUA untuk menemukan gaya yang sesuai dengan kepribadian dan konsep pesta. Contohnya, bila mengenakan gaun pengantin bergaya klasik, sentuhan dewy make up akan terlihat serasi.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Lakukan riset menyeluruh tentang MUA yang potensial. Manfaatkan teknologi seperti media sosial, mesin pencari Google dan lainnya untuk mencari tahu make up artist profesional yang berada di kotamu.

Perhatikan portofolio mereka untuk melihat apakah hasil riasannya sesuai dengan selera kamu? Perhatikan komentar teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa MUA tersebut (jika ada).

Jangan pernah meremehkan kekuatan review dan testimoni dari klien sebelumnya. Dengar atau baca dengan cermat pengalaman mereka bekerja sama dengan MUA itu, tanyakan skill, profesionalisme dan kepribadiannya.

Perhatikan Pengalaman dan Kualifikasi

Pastikan MUA yang kamu pilih mempunyai pengalaman yang cukup dalam menangani make up pernikahan. Cari tahu apakah mereka memiliki sertifikat atau penghargaan di bidang kecantikan?

Kemudian jangan lupa tanyakan soal pelatihan atau workshop yang pernah mereka ikuti. Makin kredibel MUA yang dipilih, pasti hasil make upnya memuaskan dan membuatmu tampil cantik sepanjang hari.

Screening Kandidat MUA Terpilih melalui Konsultasi Langsung

Setelah memilih beberapa kandidat MUA, hubungi mereka untuk konsultasi. Langkah ini berfungsi untuk mengetahui apakah kamu cocok dengan kepribadian dan gaya kerja make up artist tersebut.

Selama konsultasi, tanyakan tentang ketersediaan jadwal, biaya paket, pengalaman mereka merias pengantin, produk yang digunakan, dan kesediaan MUA untuk menyesuaikan riasan sesuai dengan keinginan pribadimu.

Jangan lupa untuk memperhatikan keramahan, kesopanan, dan kesediaan mereka mendengarkan keinginanmu. Jadi tak sulit mengkomunikasikan gaya make up yang kamu inginkan nantinya.

Pertimbangkan Budget

Tetapkan budget realistis untuk jasa MUA. Harga biasanya dipengaruhi oleh pengalaman, lokasi, dan popularitas make up artist. Sesuaikan pilihan kamu dengan budget yang telah dialokasikan.

Jangan sampai perkara riasan menghabiskan budget untuk kebutuhan lain. Bila ingin lebih praktis di mana kamu tak perlu memikirkan alokasi dana, pilih saja all-in packages yang sudah mencakup riasan.

Lihat Hasil Tes Rias

Mintalah kesempatan untuk melakukan tes rias wajah. Gunakan kesempatan emas ini untuk melihat secara langsung skill MUA, kecocokan riasan dengan seleramu dan apakah produk make upnya aman untuk kulitmu.

Perhatikan pula alat-alat make up yang digunakan apakah bersih atau kotor? Bila perlu, tanyakan prosedur sanitasi yang mereka lakukan. Apakah menggunakan produk sekali pakai atau tidak?

Lalu pastikan produk makenya sudah mendapatkan sertifikasi aman dan halal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ya!

Ketahui Jenis & Warna Kulit

Penting bagi MUA mengetahui jenis dan warna kulitmu untuk memilih produk yang tepat. Kulit berminyak membutuhkan pendekatan berbeda dengan kulit kering. Dengan begitu, risiko masalah pada kulit wajah lebih kecil.

Contohnya, make up artist harus menggunakan foundation dengan kandungan minyak rendah untuk kulit berminyak. Bagi si oily skin bagusnya memilih foundation dengan hasil akhir yang matte.

Kontrak & Perjanjian

Jika perlu, maka pastikan kesepakatan kamu dan MUA dituangkan dalam kontrak tertulis ya. Isi perjanjiannya dapat mencakup tanggal, jam, lokasi, paket layanan, biaya, dan kebijakan pembatalan.

Tujuan diadakannya kontrak untuk melindungi kedua belah pihak dan menghindari kesalahpahaman. Bila terjadi misunderstanding, penyelesaian masalah akan mengacu pada isi kontrak atau perjanjian tersebut.

Perhatikan Ketepatan Waktu, Profesionalisme dan Komunikasi

Perhatikan apakah MUA datang tepat waktu dan bersikap profesional selama menjalankan tugasnya. Ini menunjukkan komitmen dan keseriusan mereka dalam bekerja. Tanyakan soal hal ini kepada klien sebelumnya.

Kemudian jalin komunikasi terbuka dengan MUA. Sampaikan dengan lugas jika ada hal yang kurang sesuai dengan keinginan kamu. MUA yang baik akan mendengarkan masukan dan menyesuaikan riasan agar klien puas.

Santai dan Nikmati Proses Make Up

Hari pernikahan memang menegangkan, tetapi usahakan untuk tetap rileks dan menikmati proses riasan. Percayakan pada MUA yang sudah kamu pilih, dan biarkan mereka bekerja dengan keahliannya.

Retouch & Perawatan Pasca Rias

Pastikan MUA menyediakan layanan retouch selama acara. Terutama jika riasan kamu akan terpapar cuaca atau aktivitas tertentu. Tanyakan juga mengenai tips perawatan pasca riasan untuk menjaga makeup tetap cantik sepanjang hari ya.

Dokumentasikan & Ucapkan Terima Kasih

Sempatkan untuk berfoto dengan MUA kamu dan dokumentasikan hasil riasannya. Jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih, dan memberikan review positif kalau kamu puas dengan layanan mereka.

Dengan mengikuti 12 tips di atas, kamu akan selangkah lebih maju untuk menemukan MUA yang tepat agar tampil memukau pada hari bahagiamu. Kamu juga bisa konsultasi soal makeup dan paket pernikahan dengan tim kami.

Hubungi tim Yes I Do yang siap membantumu!

Comments


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page