top of page

Ini Pengertian Bridal Shower dan Tips Mempersiapkan Bridal Shower


Beberapa calon pengantin zaman sekarang cukup sering menyiapkan berbagai hal sebelum acara pernikahan seperti bridal shower. Bisa dikatakan, bridal shower menjadi sebuah tren tersendiri yang dilakukan oleh generasi milenial.


Ditambah lagi, dengan adanya media sosial, membuat perayaan bridal shower seperti sebuah kewajiban sebelum melepas status single-nya.


Pengertian Bridal Shower dan Tips Mempersiapkan Bridal Shower


Beberapa calon pengantin zaman sekarang cukup sering menyiapkan berbagai hal sebelum acara pernikahan seperti bridal shower. Bisa dikatakan, bridal shower menjadi sebuah tren tersendiri yang dilakukan oleh generasi milenial.


Ditambah lagi, dengan adanya media sosial, membuat perayaan bridal shower seperti sebuah kewajiban sebelum melepas status single-nya.


Pengertian Bridal Shower

Secara umum, bridal shower merupakan suatu perayaan kecil-kecilan sebelum pernikahan untuk memeriahkan calon pengantin perempuan. Biasanya, kegiatan yang sering dilakukan pada bridal shower adalah berkumpul bersama, bertukar cerita, memberikan hadiah, atau bahkan berlibur bersama.


Perayaan bridal shower sendiri sudah berkembang di seluruh dunia dan itu termasuk Indonesia. Biasanya, para sahabat calon pengantin akan akan memesan tempat khusus seperti restoran atau bahkan hotel. Bahkan, ruangan tersebut akan dihiasi dengan tema tertentu.


Pada acara tersebut, calon pengantin harus rela atau bahkan siap dikerjai oleh sahabatnya. Contohnya seperti memakai kostum tertentu, dandanan yang menarik perhatian orang, lalu berfoto dan diunggah pada media sosial.




Tips Mempersiapkan Bridal Shower


Untuk kamu yang ingin mencoba membuat bridal shower, pastikan memahami hal-hal berikut agar sang calon pengantin tidak merasa terganggu. Beberapa tips untuk mempersiapkan bridal shower adalah sebagai berikut.


1. Tidak perlu menggunakan jasa event organizer

Pada dasarnya, menggunakan jasa event organizer untuk membuat bridal shower memang sangat praktis. Akan tetapi, ada biaya yang harus dikeluarkan dan jumlahnya pun sangat banyak. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu luangkan waktu agar dapat mengatur dan merencanakan acara itu sendiri.


Jangan khawatir, kamu bisa membagi-bagi pekerjaan dengan sahabat lainnya. Selain hemat dari sisi pengeluaran, tentu hal ini bisa melatih kerja sama tim dalam hal pertemanan. Akan tetapi, jika kamu tidak masalah dalam hal keuangan, maka tidak ada salahnya memakai jasa event organizer.


2. Tentukan lokasi acara

Pertimbangan selanjutnya ketika mengadakan bridal shower adalah lokasi acaranya. Jika anggarannya sangat minim, kamu tidak perlu melaksanakan acara di hotel atau tempat yang mahal. Kamu bisa adakan acara bridal shower pada tempat yang lebih terjangkau seperti restoran, kafe, atau bahkan di rumah.


Seandainya menyewa tempat seperti kafe atau restoran, jangan lupa bertanya dahulu apa diizinkan melakukan dekorasi atau tidak. Jika diizinkan, tanya lagi apakah ada biaya tambahan atau tidak. Perlu diperhatikan bahwa carilah restoran atau kafe yang tidak dikenakan biaya tambahan saat acara berlangsung.


Hal yang berbeda tentu saat kamu menyelenggarakan bridal shower di rumah. Kamu bisa memanfaatkan halaman rumah atau kamar sendiri untuk menjadi tempat pesta bersama sahabat-sahabat lainnya.


3. Tentukan ketua acara

Hal yang tidak kalah penting saat membuat bridal shower adalah menentukan ketua acara. Jika kamu memiliki empat orang sahabat, maka tentukan satu orang yang dipercaya sebagai ketuanya. Dia akan bertanggung jawab dalam menyusun kegiatan acara, perencanaan keuangan, hingga menentukan tema dekorasinya.

Biasanya, orang yang dipilih menjadi ketua acara adalah sahabat terdekat atau pihak keluarga di acara bridal shower. Pastikan selalu ada komunikasi secara terbuka agar acara bridal shower ini berjalan lancar.


4. Memastikan tamu undangan

Perlu diperhatikan bahwa tamu undangan yang ada di dalam bridal shower juga harus diundang pada acara pernikahan nanti. Secara umum, bridal shower ini adalah acara khusus untuk sahabat wanita seperti pada poin sebelumnya. Akan tetapi, tren tersebut mulai berkembang sehingga pria juga turut diundang.


Dari hal tersebut, maka kamu harus menentukan jumlah tamu yang akan diundang pada saat bridal shower. Jangan sampai ada tamu yang terlewat karena hal itu cukup menyakitkan jika ada salah satu sahabatnya yang tidak diundang.


5. Tentukan waktu acara bridal shower

Tips berikutnya saat akan menyelenggarakan bridal shower adalah tentukan waktu acaranya. Secara umum, bridal shower sering diadakan dua hingga seminggu sebelum acara pernikahan.


Meskipun begitu, sangat disarankan untuk melakukan perencanaan sekitar enam bulan sebelum hari pernikahan calon pengantin wanita. Dengan begitu, persiapannya jauh lebih matang.


Ditambah lagi, kamu harus menentukan tanggal yang sesuai untuk calon pengantin wanita dan juga tamu pilihan. Tujuannya tentu saja agar calon pengantin wanita dan para tamu bisa meluangkan waktunya dalam acara bridal shower.



6. Membuat pembagian tugas

Apabila acara bridal shower bukanlah sebuah rencana kejutan, kamu perlu mendiskusikan hal ini dengan calon pengantin wanita. Hal tersebut dilakukan agar semua orang dapat menyelaraskan soal tema acara bridal shower nantinya.


Cobalah untuk ajak semua orang yang terlibat pada acara bridal shower tersebut untuk diskusi bersama. Ketua acara juga dapat menetapkan peran dan juga tugas bagi orang-orang yang terlibat. Dengan begitu, tidak akan ada kesalahan informasi pada saat acara berlangsung.


7. Tentukan busana yang akan dikenakan

Nah, karena ini adalah bridal shower yang cukup istimewa, maka busana yang dikenakan juga ada baiknya juga ikut istimewa. Pada bagian ini sebenarnya bisa memakai baju formal maupun kasual sesuai dengan kesepakatan bersama.

Akan tetapi, ada juga yang menginginkan busananya disesuaikan dengan tema acara. Bahkan, ada juga yang ingin kompak dengan tema yang sudah disepakati. Hal yang terpenting pada poin ini adalah komunikasi mengenai busana yang akan dikenakan.


8. Memastikan tema acara bridal shower

Jika kamu sudah menentukan lokasi acara bridal shower, maka poin berikutnya adalah memastikan tema acaranya. Ketika tema acara bridal shower sudah ditentukan, maka disinilah dapat memilih jenis pernak-perniknya.


Ketika kamu mengadakan bridal shower dengan anggaran yang lebih hemat, pakailah benda dan dekorasi yang seadanya saja. Kalau mau lebih berkesan, kamu bisa tambahkan dengan pernak-pernik buatan sendiri.


Contohnya seperti aneka kertas berbagai bentuk dan warna. Bahkan, kamu juga bisa mencetak foto calon pengantin bersama para sahabat sebagai tambahan dekorasi.


9. Tentukan makanan yang akan disajikan

Tidak lengkap rasanya jika membuat sebuah pesta tanpa adanya makanan, termasuk acara bridal shower. Meskipun kamu menyelenggarakan bridal shower di restoran atau kafe, tetap saja makanan perlu dipertimbangkan untuk para tamu.


Sedangkan jika kamu menyelenggarakan bridal shower di rumah, kamu bisa membuat makanan dan minuman yang simpel namun tetap unik. Kalau mau lebih simpel lagi, ada baiknya menyediakan camilan dan minuman ringan untuk menemani acara bridal shower tersebut. Sebab, poin utama dari acara bridal shower adalah kebersamaannya.


10. Siapkan permainan yang seru

Poin terakhir yang selalu ada dalam bridal shower adalah permainan yang seru untuk semua orang yang hadir. Beberapa permainan yang sering dimainkan pada bridal shower adalah bridal bingo, wedding mad libs, hingga tebak hal-hal sepele pada sang calon pengantin.


Keberadaan permainan ini bisa membantu dalam mencairkan suasana. Rencanakan permainan ini saat selesai makan atau calon pengantin wanita akan membuka hadiahnya.



Demikianlah pengertian apa itu bridal shower dan tips mempersiapkan bridal shower. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mempersiapkan acara ini untuk calon pengantin.


Pastikan juga kamu telah memahami hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat acara bridal shower tersebut agar sang calon pengantin tidak merasa terganggu, ya!


(Siti Kamilla)


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page