top of page

15 List Persiapan Pernikahan yang Harus Dilakukan Calon Pengantin


check-list persiapan pernikahan
Check-list persiapan pernikahan

Mempersiapkan pernikahan memang proses yang sangat menantang. Namun, kamu bisa mengurangi stres yang biasa dialami dalam mempersiapkan pernikahan dengan membuat check-list persiapan pernikahan, yaitu apa saja yang harus kamu dan pasangan persiapkan atau kerjakan sebelum hari pernikahan tiba. 


Membuat check-list ini akan membantu kamu menentukan prioritas mana dulu yang harus dikerjakan sehingga tidak akan meleset dari target waktu juga mencegah ada yang terlupa. Jadi jangan lupa cari tahu list persiapan pernikahan apa saja yang harus kamu dan pasangan tahu juga kerjakan, ya. 


Ini List Persiapan Pernikahan yang Harus Dikerjakan Calon Pengantin


1. Tentukan Tanggal Pernikahan

Setelah lamaran atau sudah ada kesepakatan untuk menikah, maka jangan tunda untuk segera pilih tanggal pernikahan yang sesuai untuk pernikahan kamu dan pasangan. Pastikan tanggal tersebut tidak bertabrakan dengan acara penting lainnya dan tidak mepet sehingga kamu bisa punya cukup waktu untuk melakukan persiapan pernikahan yang matang.


2. Anggaran Keuangan

List pernikahan persiapan selanjutnya adlaah menetapkan anggaran yang realistis untuk pernikahan kamu. Jangan memaksakan untuk melaukan pesta yang terlalu mewah bila memang tabungan kamu dan pasangan tidak mencukupi.


Tentukan berapa banyak yang dapat kamu habiskan untuk setiap aspek pernikahan, seperti tempat, dekorasi, catering, dan lainnya. Tenang saja, sekarnag ini banyak sekali paket pernikahan terjangkau dan berkualitas. Salah satunya tentu saja all-in wedding packages dari Yes I Do. 


3. Tentukan Tema atau Gaya Pernikahan

Apakah kamu dan pasangan ingin pernikahan dengan tema atau gaya yang formal, santai, tradisional, atau tema khusus lainnya. Gaya ini akan mempengaruhi banyak aspek pernikahan kamu, mulai dari dekorasi hingga pakaian pengantin.


4. Buat Estimasi Jumlah Tamu adalah Salah Satu List Persiapan Pernikahan

Selanjutnya, persiapan pernikahan yang harus kerjakan adalah kamu dan pasangan harus menghitung berapa kira-kira total tamu yang akan hadir. Hitungannya per kepala ya, jangan perundangan saja. Jadi hitung dengan detail kira-kira siapa saja yang akan diundang dari pihak keluarga kamu, keluarga pasangan, teman-teman kamu dan teman-teman pasangan. 


Jangan lupa juga hitung bila ada pihak keluarga kamu atau pasangan yang ingin ikut mengundang kira-kira berapa orang totalnya. Menghitung total undangan yang mungkin datang per kepala, kamu bisa menentukan jumlah catering dan kapasitas gedung yang dibutuhkan dengan lebih mudah. 


5. Cari dan Pesan Venue Pernikahan

Setelah kamu menentukan tema pernikahan, tentunya kamu pasti sudah tahu butuh venue pernikahan yang outdoor atau indoor. Dengan begitu, kamu bisa langsung membuat list nominasi beberapa venue pernikahan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah punya list, kamu dan pasangan perlu meluangkan waktu untuk melakukan survei langsung ke tempat-tempat tersebut. 


Dari situ, baru pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan (jumlah undangan), tema dan budget. Jangan menunda-nunda proses ini karena bisa-bisa venue pernikahan yang kamu incar terlanjur sold out. 


Jika kamu memerlukan venue pernikahan yang terjangkau bahkan juga menyediakan paket lengkap untuk kebutuhan lainnya, kamu bisa cek berbagai wedding venue dari Yes I Do di sini. 



6. Pesan Catering

Setelah wedding venue, part krusial dari persiapan pernikahan selanjutnya yang kamu dan pasangan harus lakukan adalah memesan catering. Mirip dengan menentukan venue, buatlah list dari catering-catering pernikahan yang sudah punya reputasi bagus. Lalu, jangan lagu untuk hubungi mereka dan lakukan food test. Kamu juga bisa datang ke berbagai wedding expo di mana kamu biasanya bisa survei banyak catering dan dekor di sana.


Pesan makanan dan minunam yang variatif tapi tetap masuk ke dalam budget yang sudah kamu tentukan. Penting untuk diperhatikan juga, jangan pesan dengan jumlah yang terlalu mepet dengan jumlah tamu yang kira-kira akan datang. Lebih baik kelebihan daripada kekurangan, karena kalau kelebihan masih bisa kamu bawa pulang untuk keluarga. 



7. Dekorasi

Untuk dekorasi ini, biasanya kamu bisa memilihnya sepaket dengan venue atau dengan catering, atau pakai vendor sendiri. Namun jika kamu bisa mendapatkan harga yang lebih hemat jika memsan paket, tentunya, kenapa tidak? Pastikan dekor yang kamu pesan sesuai dengan harapanmu dan tema pernikahan yang kamu inginkan. 


8. Undangan

Desain undangan pernikahan kamu dan pesan sesuai dengan jumlah tamu yang telah kamu tentukan. Pastikan untuk mengirim undangan dengan cukup waktu agar tamu memiliki cukup waktu untuk merencanakan kehadiran mereka. Tentunya, untuk menghemat budget, kamu bisa mengirimkan undangan dalam bentuk digital saja untuk teman-teman kamu dan pasangan, alias mengutamakan undangan cetak untuk undangan orang tua atau orang-orang yang dituakan dan dipentingkan. 


Sedikit tips tambahan, kamu juga bisa memasukan link RSVP untuk undangan digital yang kamu kirimkan, di mana di dalamnya kamu meminta undangan untuk mengonfirmasi kehadirannya sekaligus hadir sendiri atau bersama plus one. Hal ini akan membantu kamu memperkirakan dengan lebih tepat berapa orang yang kira-kira akan hadir di pernikahanmu nanti. 


9. Pilih Baju Pengantin dan Makeup Artist

Persiapan pernikahan selanjutnya yang harus kamu dan pasangan lakukan adalah segera memilih baju pengantin. Pilih baju pengantin yang sesuai dengan tema pernikahan yang kalian pilih. 


Mungkin proses ini akan sedikit membingungkan dan memerlukan banyak pertimbangan, apalagi jika banyak saran dari kedua belah keluarga pengantin. Namun, ingatlah yang akan menggunakannya kelak adalah kamu dan pasangan, sehingga pilihlah baju pengantin yang paling sesuai dengan keinginan kalian dan nyaman bagi kalian. 


Jangan lupa pilih juga sekalian seragam yang akan digunakan oleh keluarga dan oleh bridesmaid dan groomsmen jika ada. 


Bersamaan dengan baju pengantin, tentukan juga makeup artist atau MUA yang ingin kamu gunakan untuk pengantin atau pun keluarga. Biasanya kamu bisa menyewa wadrobe sekaligus makeupa tau sebaliknya, bisa juga dilakukan dengan menyewa vendor yang berbeda.



10. List Persiapan Pernikahan Selanjutnya adalah Siapkan Semua Dokumen yang Dibutuhkan 

Salah satu persiapan pernikahan paling penting yang harus kamu perhatikan adalah kamu dan pasangan wajib memastikan kalau kalian sudah menyelesaikan semua dokumen dan persyaratan hukum yang diperlukan untuk menikah. Mulai dari surat keterangan tidak ada halangan menikah (SKCK) dan persyaratan lainnya sesuai dengan hukum yang berlaku di negara kamu. 


Lalu jangan lupa buat pas foto untuk buku nikah dan urus registrasi juga administrasi untuk perniakhan kalian di KUA sesuai dengan tempat kalian melangsungkan akad nikah. 


11. Susun Rundown Pernikahan

Buat rundown atau jadwal acara pernikahan, termasuk waktu pelaksanaan upacara, resepsi, serta acara lainnya seperti pengucapan janji, pemotretan keluarga, dan lainnya. Jika kamu menggunakan WO untuk pernikahanmu, biasanya mereka akan membuatkannya untukmu dan kamu cukup sampaikan saran dan pesan saja. 


12. Fotografer dan Videografer

List persiapan pernikahan yang selanjutnya harus kamu dan pasangan kerjakan adalah memilih tim dokumentasi untuk pernikahanmu. Buat list dan minta portofolio mereka. Perhatikan baik-baik portofolio dan review-nya agar kamu tidak salah pilih. 


Jika kamu sudah memiliih vendor dokumentasi yang kamu inginkan, jangan lupa jelaskan pada mereka secara detai konsep pernikahan kalian dan apa saja yang kamu dan pasangna harapkan ada dalam hasil paket dokumentasinya. 



13. List Persiapan Pernikahan Selanjutnya adalah Siapkan Entertainment 

Pilih hiburan untuk acara pernikahan kamu, seperti band, DJ, atau penyanyi. Pastikan untuk mencocokkan gaya musik dengan suasana pernikahan kamu.Tentunya, pilih juga yang sesuai denga budget, jangan sampai kamu memaksakan ingin performer tertentu hingga jadi over-budget. 


14. Transportasi

Rencanakan transportasi untuk kamu dan pasangan dari tempat persiapan hingga lokasi pernikahan dan resepsi. Lalu pilih juga mobil pengantin untuk kamu dan pasangan. Jangan lupa juga mempersiapkan transportasi yang akan digunakan pihak keluarga atau untuk tamu khusus. 


15. Rencanakan Bulan Madu

 Jangan lupa untuk merencanakan bulan madu yang akan kamu nikmati setelah pernikahan. Pilih destinasi yang romantis dan sesuai dengan minat kamu dan pasangan. Atau jika kamu dan pasangan belum ingin langsung berbulan madu, maka tentukan dengan jelas kalian akan pulang ke mana setelah resepsi pernikahan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. 


Itu tadi 15 check-list persiapan pernikahan yang harus dikerjakan calon pengantin. Banyak, ya? Dan tentunya kamu juga pasangan perlu meluangkan banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk melakukannya. 


Jika kamu dan pasangan merasa butuh bantuan untuk melakukan semua persiapan pernikahan tersebut, tentunya kalian bisa sekali menggunakan jasa all-in wedding packages dari Yes I Do. Tim Yes I Do akan menyediakan semua keperluan pernikahan kalian mulai dari venue, dekor, catering, dokumentasi dan tentunya planner dan organizer dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu dan pasangan tinggal menyampaikan saja keingina kalian tentang pernikahan impian kalian. 


Jadi, tidak usah ragu lagu untuk menggunakan jasa Yes I Do dalam mewujudkan pernikahan impian kalia. Langsung saja klik di sini untuk bisa melakukan konsultasi gratis dengan tim Yes I Do sehingga kalian bisa selangkah lebih dekat untuk mewudukan pernikahan impianmu dengan budget yang terjangkau!


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page