top of page

Tips Memilih Venue Pernikahan untuk Momen Pentingmu


tips memilih venue pernikahan

Ada beberapa hal tentang wedding venue yang sering ditanyakan oleh warganet, seperti apa yang dimaksud dengan venue pernikahan? Faktor apa saja yang dipertimbangkan untuk memilih suatu venue? Kali ini Yes I Do akan menjawabnya untukmu.

Venue pernikahan adalah sebuah lokasi yang dijadikan tempat berlangsungnya acara pernikahan. Tempatnya dapat berupa apa saja, tetapi selama ini memang identik dengan gedung yang dilengkapi oleh kursi, meja, dan lainnya.

Anggapan itu enggak salah, karena wedding venue di Indonesia memang identik dengan gedung. Namun, perlu diketahui ada berbagai jenis tempat nikah yang perlu diketahui sebelum kamu memilih gedung ya.

Jenis-jenis Wedding Venue, Kelebihan dan Kekurangannya

Indoor

Indoor wedding venue, atau tempat pernikahan di dalam ruangan, menjadi pilihan populer bagi banyak calon pengantin. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya untuk membantu menentukan pilihan yang tepat.

Kelebihan

  • Tahan cuaca jadi tak perlu khawatir cuaca buruk menganggu momen spesialmu. Indoor wedding venue melindungi dari panas matahari, hujan deras, dan angin kencang.

  • Suhu terkontrol sehingga kamu dapat menciptakan suasana nyaman dan ideal. Alat kontrolnya seperti air conditioner (AC) ataupun pemanas ruangan.

  • Dekorasi fleksibel, sehingga kamu lebih bebas untuk berkreativitas sesuai dengan tema pernikahan yang kamu inginkan.

  • Biasanya tersedia fasilitas lengkap mulai dari sound system, lighting sampai ruang ganti/make up.

  • Keamanan terjamin, sehingga minim risiko gangguan keamanan sebab ruangan terjaga dengan baik oleh security.

Kekurangan

  • Kapasitas ruangan perlu dipertimbangkan agar tamu undangan merasa nyaman.

  • Biaya sewa indoor venue umumnya lebih mahal dibandingkan outdoor.

  • Kadang-kadang dekorasi terikat pada struktur dan desain ruangan yang ada.

  • Suasana terasa kurang natural.

Outdoor

Outdoor venue kebalikan dari indoor venue, yaitu tempat pernikahan dalam ruangan. Biasanya, pasangan yang memilih konsep intimate wedding memilih outdoor venue untuk melangsungkan acara pada hari bahagianya.

Kelebihan

  • Pernikahan outdoor ideal buat pasangan yang menginginkan momen sakral bersama orang-orang terdekat. Skala tamu yang lebih kecil (50-100 orang) menciptakan suasana intim dan personal.

  • Sinar matahari alami di taman atau kebun menghasilkan pencahayaan indah untuk foto pernikahan. Spot foto natural dengan tema alam juga tersedia banyak, menghasilkan jepretan yang lebih cantik!

Kekurangan

  • Perubahan cuaca menjadi faktor risiko utama pernikahan outdoor. Persiapan plan B (rencana cadangan) sangat penting untuk mengantisipasi cuaca buruk.

  • Taman atau kebun sebagai venue outdoor umumnya memiliki medan yang tidak rata. Nah hal ini perlu diperhatikan untuk memastikan kenyamanan mobilitas para tamu undangan.

Tips Memilih Venue Pernikahan

Diskusikan Konsep dan Tema Pernikahan

Diskusi dengan pasangan mengenai konsep dan tema pernikahan yang diinginkan. Apakah ingin pernikahan outdoor di taman yang indah, atau indoor di ruangan yang elegan? Tema apa yang ingin diusung, seperti rustic, Bohemian, atau minimalis?

Setelah itu, tak ada salahnya meminta masukan dari kedua belah pihak orang tua. Pertimbangan mereka dapat membantu kamu memilih konsep yang sesuai dengan nilai-nilai keluarga dan budaya.

Jangan lupa mendiskusikan budget yang realistis dan sesuai dengan kemampuan finansial. Nah setelah mengetahui konsep dan jumlah dana, kamu dapat mulai mencari venue yang sesuai. Yes I Do punya banyak pilihan wedding venue.

Pertimbangkan Lokasi Venue

Hari pernikahan merupakan momen spesial yang ingin dibagikan bersama orang-orang terdekat. Oleh karena itu, memilih lokasi pernikahan yang mudah dijangkau adalah hal yang penting.

Menggelar pesta pernikahan outdoor di lokasi yang indah dan jauh dari kota memang menarik. Namun penting mempertimbangkan waktu tempuh menuju lokasi yang dibutuhkan oleh para tamu undangan. Jadi sesuaikan dengan perjalanan mereka ya.

Berikut detail tentang lokasi yang perlu dipertimbangkan.

Aksesibilitas

  • Pilih lokasi yang mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun umum.

  • Pertimbangkan jarak lokasi dari tempat tinggal mayoritas tamu.

  • Pastikan tersedia rute yang jelas dan mudah dipahami.

Sarana Transportasi

  • Jika lokasi pernikahan jauh dari pusat kota, pertimbangkan menyediakan transportasi untuk tamu, seperti shuttle bus.

  • Berikan informasi mengenai pilihan transportasi yang tersedia kepada tamu undangan.

  • Apabila lokasi pernikahan jauh dari tempat tinggal tamu, pertimbangkan menyediakan akomodasi atau rekomendasi hotel di sekitar lokasi ya.

Lakukan Kunjungan Beberapa Kali

Sekarang anggap kamu sudah menandai venue pernikahan yang diinginkan. Sebelum melakukan pemesanan atau booking, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar tak menyesali apa pun nantinya.

  • Lakukan kunjungan ke venue pernikahan beberapa kali. Datanglah kembali untuk melihatnya secara langsung. Perhatikan detail-detail yang mungkin terlewatkan saat kunjungan pertama.

  • Setiap venue memiliki fasilitas yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu menanyakan secara detail fasilitas apa saja yang disediakan, seperti sound system, dekorasi, catering, dan lain sebagainya.

  • Pastikan tanggal pernikahan yang diinginkan masih tersedia di venue tersebut. Tanyakan juga mengenai biaya sewa secara detail, termasuk biaya tambahan yang mungkin ada.

  • Tanyakan berapa lama waktu yang diizinkan untuk mempersiapkan dekorasi di venue tersebut. Hal ini penting untuk memastikan kelancaran acara pernikahan.

  • Bila jumlah tamu undangan banyak, perhatikan tempat parkirnya ya. Pastikan venue yang terpilih memiliki tempat parkir yang memadai.

Daftar pertanyaan yang dapat kamu gunakan, yaitu sebagai berikut.

  • Apakah tanggal pernikahan yang saya inginkan masih tersedia?

  • Fasilitas apa saja yang termasuk dalam paket sewa venue?

  • Apakah ada biaya tambahan yang tidak tercantum dalam paket?

  • Berapa lama waktu yang diizinkan untuk mempersiapkan dekorasi?

  • Apa yang akan dilakukan jika terjadi situasi darurat, seperti listrik padam atau hujan turun?

  • Apakah ada tempat parkir yang tersedia untuk tamu?

Pastikan Vendor Rekanan

Beberapa tempat pernikahan menjalin kerjasama dengan vendor-vendor tertentu, seperti katering, dekorasi, dan fotografi. Biasanya, tempat pernikahan yang memiliki vendor rekanan mengharuskan calon pengantin untuk menggunakan jasa vendor tersebut.

Nah sebelum memutuskan untuk menggunakan vendor rekanan, penting untuk mempelajarinya dengan teliti. Pastikan mereka memiliki rekam jejak yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pernikahan kamu ya.

Bila sudah memiliki pilihan vendor sendiri dan ingin menggunakannya, tanyakan kepada pihak wedding venue apakah ada konsekuensinya? Biasanya bakal ada biaya tambahan yang harus dibayarkan kalau menggunakan vendor di luar mitra.

Bagaimana kalau tak memungkinkan untuk menggunakan vendor pilihan sendiri? Sebaiknya pertimbangkan untuk mencari tempat pernikahan lain yang tidak memiliki kerjasama dengan rekanan.

Demikian tips memilih venue pernikahan terbaik dari Yes I Do. Kalau masih bingung dan butuh teman untuk berkonsultasi, silakan hubungi tim Yes I Do sini untuk berkonsultasi gratis, karena kami siap membantu mewujudkan pesta impianmu!


Comments


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page