top of page

Tips Pilih Paket Pernikahan, Jangan Sampai Keliru

Berikut tips memilih paket pernikahan yang tepat supaya acara spesialmu makin berkesan.

tips pilih paket pernikahan

Pasangan mana sih yang tak mau acara pernikahannya berkesan? Siapa pun pasti menginginkannya. Nah, demi membuat pesta pernikahan impian, kamu dan pasanganmu harus membuat persiapan yang matang.

Namun, menyiapkan pernikahan tak semudah membalik telapak tangan. Banyak sekali detail yang harus diperhatikan. Jadi, kamu dan pasangan harus siap berkorban banyak waktu, tenaga, pikiran dan uang.

Apabila tak ada waktu sama sekali, solusinya adalah memilih paket pernikahan. Biasanya banyak disediakan oleh wedding planner dan organizer. Dengan all-in packages, calon pengantin bisa duduk tenang sambil mengerjakan prioritas lain.

Pada umumnya wedding packages sudah mencakup segala layanan. Biasanya, vendor di dalamnya terdiri dari jasa tim wedding planner dan wedding organizer, venue, dekorasi, katering, hiburan, make-up, jasa fotografer dan videografer dan lain sebagainya.

All-in packages memberi kepastian biaya, juga menghemat waktu dan tenagamu. Kamu dan si dia tak perlu bersusah payah untuk memesan vendor pernikahan satu per satu. Nah, kalau berniat membeli paket pernikahan, simak dulu yuk tipsnya!

Tips Memilih Paket Pernikahan, Calon Pengantin Perhatikan Ya!

Ingat-ingat, Apakah Ada Kenalan Pemilik Wedding Planner atau Wedding Organizer

Sudah tahu kan apa saja perbedaan wedding planner dan wedding organizer? Kalau sudah, tentukan lah jasa siapa yang kamu dan pasanganmu perlukan? Kemudian ingat-ingat, apakah ada teman atau kenalan yang memiliki bisnis tersebut.

Apabila menggunakan jasa wedding planner atau wedding organizer milik kenalan, kemungkinan harga yang ditawarkan bakal lebih murah. Selain itu, kamu pun tak sungkan untuk melakukan negosiasi. Mereka pasti memahami bagaimana kondisi keuanganmu.

Selain itu, kamu dan pasangan pasti lebih leluasa menceritakan keinginan tentang konsep pernikahan. Nah, paket pernikahan Yes I Do sendiri sudah termasuk jasa planner dan organizer. Contohnya, silakan baca detail paket lengkap dari Rumah Dua Sejoli.

Ketika Survei Venue, Tanyakan secara Detail Soal Ketersediaan Paket

Belum tentu paket pernikahan mencakup semua layanan. Jadi kalau sudah menemukan venue yang cocok, tanyakan rincian paketnya ketika survei. Pastikan apakah pemilihan vendornya fleksibel, karena biasanya pihak venue sudah memiliki mitra sendiri.

Jika list vendornya menutup segala kebutuhanmu, tentu tak akan masalah. Nah, yang agak memberatkan kalau kamu mau menyelenggarakan pesta dengan tema tertentu. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari paketnya secara detail.

Biasanya kalau memilih vendor yang bukan mitra pihak venue akan dikenakan biaya tambahan. Jadi teliti terlebih dahulu, kemudian jangan lupa cari tahu portofolio vendor-vendornya. Baca pula ulasan asli dari klien-klien mereka.

Apakah Paket Pernikahan Bisa Menyesuaikan?

Sebelum deal, sebaiknya pastikan dulu apakah paket pernikahan bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu dan pasangan. Apakah memungkinkan melakukan perubahan-perubahan kecil yang sesuai dengan preferensi pribadi?

Misalnya, mengganti beberapa instalasi kalau tak suka dekorasi yang disodorkan oleh vendor. Contoh lain mengubah menu katering yang disediakan dalam paket pernikahan, atau merubah make-up style yang diterapkan oleh make-up artist.

Hal kecil seperti itu perlu ditanyakan secara detail agar tak ada miss komunikasi. Jadi kalau ada yang kurang cocok, kamu pun bisa nego sejak awal. Dengan begitu, kamu sebagai klien dan penyedia jasa sama nyaman sebab sudah ada kesepakatan.

Pikirkan Konsep Pernikahan yang Kamu dan Dia Inginkan

Sebelum memilih paket pernikahan all-in one, pikirkan dulu konsep pernikahan yang kalian berdua inginkan. Jangan lupa ajak keluarga untuk berdiskusi mengenai hal ini. Apakah kalian mau pesta pernikahan modern atau tradisional?

Setelah itu, susunlah beberapa poin penting dari tema pernikahan secara spesifik. Kamu bisa mengacu pada pertanyaan di bawah.

  • Suasana seperti apa yang kalian inginkan saat pesta pernikahan? Romantis, santai atau mewah?

  • Pakaian seperti apa yang kalian inginkan? Casual, rapi atau elegan?

  • Apakah ada hal khusus yang kalian inginkan pada hari spesial?

  • Apa warna favorit kamu dan pasangan?

  • Bagaimana dekorasi yang kalian inginkan? Vintage, rustic, minimalis atau lainnya?

Selain lima pertanyaan di atas, kamu bisa menggali hal yang lebih dalam lagi. Ketika menjawabnya, jujurlah pada diri sendiri.

Pikirkan Anggaran Keuangan

Sambil memikirkan konsep pernikahan, kamu dan pasangan juga mesti memperhatikan anggaran keuangan. Paket pernikahan all-in one sendiri terbukti membuat pengeluaran nikah lebih efisien. Mengingat biaya sewa gedung sudah mencakup detail lainnya.

Beda cerita kalau menyewa vendor secara terpisah. Cara begini rawan membuat tabungan bocor akibat pengeluaran yang tak terkontrol. Jadi, dengan atau tanpa wedding packages, kamu tetap perlu membuat rincian biaya pernikahan sejelas mungkin.

Ketika melakukan budgeting, buatlah skala prioritas. Saran dari Yes I Do, fokuskan perhatian pada hal-hal utama seperti make-up, busana, dekorasi, katering, dokumentasi dan lainnya. Dengan begitu alokasi dana lebih efisien.

Sesuaikan Paket Pernikahan dengan Jumlah Tamu

Banyak penyedia jasa yang menawarkan paket pernikahan dengan harga terjangkau. Ya, meskipun affordable, kamu tetap mempunyai hak kok untuk cerewet tentang benefit apa saja yang bakal diterima, dan berapa kapasitas tamunya.

Jangan sampai pada hari spesial nanti kehabisan stok makanan dan minuman. Hal ini di samping mengecewakan tamu yang hadir, akan meninggalkan kesan buruk. Jadi, pilihlah all-in one wedding package yang sesuai dengan jumlah tamu kamu dan keluarga.

Yes I Do sendiri menyediakan paket pernikahan dengan kapasitas tamu beragam. Contohnya di Batamerah Venue, tersedia wedding packages untuk 100 sampai 300 pax. Biayanya sangat terjangkau mulai dari empat puluh jutaan.

Jelajahi Informasi All-in Packages di Yes I Do

Yes I Do merupakan salah satu tempat yang bisa kamu jelajahi untuk mencari paket pernikahan. Kami menyediakan all-in one wedding packages dari harga terjangkau sampai mewah. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan tema dan budget.

Kalau mencari tempat resepsi pernikahan dengan harga paket di bawah seratus juta, ada beberapa venue untuk dipertimbangkan. Contohnya Rumah Dua Sejoli, Rumah Putih Tebet, Condet Park, Remaja Kuring, Jala Graha Bhakti, Buni Manten dan lainnya.

Itulah beberapa tips pilih paket pernikahan. Apabila mau menggali informasi lebih lanjut, jangan ragu hubungi tim Yes I Do. Tim kami siap melayani konsultasi gratis agar kamu bisa mewujudkan pernikahan impian bersama pasangan!


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page