top of page

13 Ide Dessert Pernikahan agar Momen Spesial Makin Istimewa


macam macam dessert pernikahan

Ada sesuatu yang tak kalah penting dari prosesi akad nikah dan penampilan pengantin saat acara pernikahan berlangsung, yaitu sajian dessert! Walaupun ini kelihatannya sepele, tetapi para tamu undangan akan mencarinya lho setelah menyantap hidangan berat.

Dessert selain disantap sebagai hidangan penutup, ada juga tamu yang mencarinya sebelum mencicipi hidangan lain. Oleh karena itu, jangan lupa memperhatikan menu ini saat melakukan test food di samping memikirkan main course ya.

Sajian dessert pernikahan yang istimewa akan membuat pesta lebih berkesan. Pasalnya, dia akan menemani canda tawa para tamu undangan saat menikmati suasana perayaan cinta kamu dan pasangan. Sekarang mari kita simak apa saja idenya!

Cupcakes

Cupcakes menjadi hidangan penutup yang cukup populer untuk berbagai acara termasuk pernikahan. Dessert ini dikenal juga dengan nama kue peri dalam British English atau bun dalam Hiberno-English.

Hidangan ini berukuran kecil sebesar cangkir, dirancang untuk dimakan oleh satu orang. Cara membuat kue peri, yaitu dipanggang dalam kertas tipis atau cangkir alumunium, sedangkan bahannya antara lain mentega, gula, telur dan tepung.

Macarons

Macam macam dessert pernikahan berikutnya adalah macarons! Seperti diketahui, selain rasanya manis, biskuit ini mempunyai bentuk yang lucu dan warna yang bervariasi sehingga pas untuk memeriahkan pesta pernikahanmu.

Macarons terbuat dari putih telur, tepung gula, gula rafinasi, tepung almon, dan pewarna makanan. Dari segi rasa, macarons mempunyai tekstur renyah di luar, kemudian di bagian tengahnya ada krim lembut yang lumer di lidah.

Chocolate Fountain dan Buah Segar

Hidangan pencuci mulut yang paling melekat di pikiran kita salah satunya adalah cokelat. Orang-orang di benua Amerika kerap menyajikannya dalam bentuk air mancur atau disebut juga chocolate fountain.

Cokelat air mancur tak disajikan sendirian, biasanya dilengkapi oleh buah-buahan segar. Para tamu undangan bisa menikmatinya dengan cara mencelupkan buah-buahan tersebut dalam lumeran cokelat yang manis dan lezat.

Dessert Pernikahan Nusantara Jajanan Pasar

Ada banyak jajanan pasar khas Nusantara yang bisa kamu sajikan sebagai makanan penutup di pesta pernikahanmu. Dessert ini cocok disajikan kalau resepsi mengangkat tema pernikahan adat tradisional.

Misalnya bertema pernikahan adat jawa timur, maka jajanan pasar yang bisa kamu pilih di antaranya putu lanang Malang, gethuk pisang kediri, pudak Gresik, kue geti Tulungagung, wingko babat Lamongan dan masih banyak lagi.

Bubur Jawa Kendil

Bagi yang mengadakan pesta dengan adat Kota Semarang, Jawa Tengah, maka bisa mempertimbangkan bubur Jawa Kendil sebagai hidangan penutup. Dessert table yang super manis ini mempunyai cita rasa yang Indonesia banget!

Dalam sajian bubur Jawa Kendil terdapat beberapa hidangan di antaranya biji salak, bubur sumsum, kolak pisang, ketan hitam, bubur mutiara dan santan. Menu prasmanan sederhana ini biasanya disajikan di atas nampan cantik beralaskan daun pisang.

Es Doger

Es doger pasti sudah tak asing lagi ya, hidangan penutup khas Jawa Barat ini sangat mantap diminum kalau cuaca sedang panas. Bahan-bahan untuk membuatnya yaitu susu, parutan kelapa, tape, ketan hitam, avokad, dan lain-lain.

Sebagai informasi, es doger merupakan minuman sekaligus makanan manis dari Cirebon. Jadi buat para brides yang mengadakan pernikahan adat ala Keraton Cirebon, cocok banget kalau menghidangkan menu dessert table ini untuk para tamu undangan.

Es Krim

Siapa sih yang tak tau es krim? Hidangan penutup ini paling banyak dicari oleh anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua! Seperti diketahui, es krim adalah makanan beku yang dibuat dari produk susu, lalu dicampur dengan perasa dan pemanis buatan ataupun alami.

Es krim mempunyai cita rasa yang fleksibel, jadi cocok disantap bersama makanan manis lain ataupun tanpa tambahan apa pun. Namun biasanya, pihak katering menyajikan es krim bersama dengan panekuk.

Panekuk

Panekuk atau kue dadar (dalam bahasa Inggris pancake) merupakan kue yang terbuat dari tepung terigu, telur ayam, gula dan susu. Kemudian bahan-bahan ini dicampurkan hingga membentuk adonan kental yang bisa digoreng di atas wajan.

Dessert ini mantap disajikan selagi hangat ataupun dingin. Biasanya chef menyajikan panekuk dengan berbagai pelengkap lain. Selain es krim, panekuk enak disantap dengan tambahan sirup maple, selai, madu, buah beri, sampai irisan daging buat yang suka rasa asin.

Kue Pie

Dessert table ini pasti disukai oleh pecinta pastry, apalagi kalau bukan kue pie. Dia mempunyai cita rasa manis dan gurih. Jika ditambah isian buah-buahan seperti stroberi, kiwi, mangga, maka akan memunculkan rasa asam dan segar di lidah.

Selain itu, kue pie juga bisa diisi oleh daging-dagingan. Namun biasanya, kue pie buah lebih cocok untuk melengkapi pesta pernikahanmu. Dari segi tampilan, kue pie buah terlihat lebih berwarna dan segar, jadi pas untuk acara yang istimewa.

Milk Shake

Susu kocok atau milkshake merupakan minuman dingin yang terdiri dari campuran susu, es krim, dan sirop yang dikocok hingga berbusa. Selain dibuat secara manual oleh gelas pengocok (shaker), bisa pula menggunakan blender agar lebih praktis.

Tentu bakal lebih menarik lagi, kalau menyediakan aneka topping untuk melengkapi milkshake tersebut. Misalnya jelly, boba, buah-buahan, potongan kelapa muda, nata de coco, sereal, dan lain sebagainya.

Es Pisang Ijo

Seperti diketahui, es pisang ijo merupakan dessert table khas Makassar. Walaupun begitu, makanan penutup ini cocok untuk macam macam pernikahan adat apa pun, karena rasanya sangat enak, cocok untuk lidah manapun!

Bahan-bahan untuk membuat es pisang ijo di antaranya pisang raja, tepung beras, air, gula pasir, daun pandan dan garam secukupnya. Ada pula bahan untuk membuat santannya, yaitu tepung beras, tepung sagu, santan, daun pandan, gula pasir dan garam.

Puding

Puding merupakan dessert pernikahan sederhana yang disukai oleh banyak orang. Cara pembuatannya bisa direbus, dikukus atau dipanggang. Dia mempunyai rasa manis, sehingga cocok disantap setelah makan makanan berat.

Umumnya, puding agar-agar dibuat dengan mencampurkan agar-agar bersama susu, tepung jagung, atau telur kocok kemudian dihidangkan setelah didinginkan terlebih dahulu. Yang membuatnya manis yaitu perisa cokelat, karamel, vanila, atau dengan buah-buahan.

Es Buah

Menu dessert table berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah es buah (dalam bahasa Inggris disebut cocktail dessert). Ini adalah sajian segar yang bisa melepaskan dahaga para tamu undangan ketika datang ke pesta pernikahanmu.

Seperti diketahui es buah merupakan makanan yang terbagi dalam beberapa potongan buah fresh yang dicampurkan dengan sirup atau susu. Makanan ini umumnya dihidangkan pada kondisi dingin es batu. Selain segar, kudapan ini kaya vitamin!

Itulah 13 ide dessert pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan. Sebagai informasi, Yes I Do menyediakan wedding package dengan harga yang affordable. Paketnya sudah termasuk menu katering yang terdiri dari:

  • Catering buffet (sesuai dengan pax yang dipesan).

  • Menu (1 nasi, 1 soup, 3 main course, dessert, condiments).

  • Air mineral & soft drink.

  • Food stalls.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman Rumah Dua Sejoli.


Comentarios


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page