top of page

9 Jenis Kertas Beserta Cirinya untuk Mencetak Undangan Pernikahan yang Berkesan



Berbagai macam hal dari yang besar sampai yang kecil harus dipikirkan di hari-hari menjelang pernikahan. Salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan dengan seksama adalah undangan pernikahan. Sebab, bagi penerima undangan, ini adalah simbol akan seperti apa acara pernikahan kamu nantinya.


Pembuatan undangan bukan hanya harus maksimal dalam segi desain. Lebih dari itu, pemilihan kertas untuk mencetak undangan juga perlu diperhatikan karena aspek ini bisa menimbulkan kesan tertentu bagi penerima undangan.


Rekomendasi Jenis Kertas Undangan Beserta Kesan yang Akan Ditimbulkan


Dalam dunia percetakan, ada banyak kertas yang tersedia untuk dijadikan berbagai macam produk. Macam-macam itu antara lain kertas HVS, buram, art paper, NCR, Manila dan Concorde.


Namun, tidak semua kertas bisa dan cocok dijadikan bahan dasar mencetak undangan. Lalu, apa saja jenis kertas undangan yang bisa membuat orang terkesan?


1. Kertas Art Paper


Art paper adalah salah satu jenis kertas yang biasa dipakai dalam bidang percetakan. Berbagai produk bisa dicetak dengan bahan dasar kertas ini, mulai dari brosur, flyer, poster hingga kalender.


Nah, kertas ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencetak undangan tetapi dengan budget minim. Sebab, harga mencetak undangan dengan kertas ini relatif murah tapi tetap layak.


Kertas art paper memiliki tekstur permukaan kertas yang halus, mengkilap, dan memiliki gramatur kertas mulai dari 100, 120, 150, 210, 230, sampai 310. Jika ingin hasil undangan kamu lebih bagus, kamu bisa melapisi art paper dengan laminasi doff, glossy, atau UV.


2. Kertas Matt Paper


Secara umum, jenis kertas yang satu ini hampir sama dengan kertas art paper. Bedanya, matt paper tidak mengkilap. Kertas ini sering digunakan untuk mencetak majalah, sebab dapat memberikan nuansa doff sehingga lebih terkesan elegan.


Kelebihan dari jenis kertas undangan ini yaitu lebih dapat menyerap tinta dibandingkan dengan kertas art paper. Sedangkan untuk harga, kertas jenis ini hanya sedikit lebih mahal dibanding art paper.


3. Kertas Art Carton


Jenis kertas undangan selanjutnya adalah art carton. Ini merupakan salah satu kertas yang cukup populer untuk mencetak undangan.


Kertas jenis ini bisa dibilang juga mirip dengan art paper, tetapi art carton punya ketebalan yang melebihi art paper. Varian gramatur kertas art carton, yakni 190, 210, 230, 260, 310, sampai 400.


4. Kertas Concorde


Kertas concorde merupakan jenis kertas undangan yang mempunyai ciri khas serat garis tidak beraturan pada permukaannya. Dengan ciri itu, banyak orang memilih kertas ini karena dapat mengesankan keromantisan.


Biasanya concorde dibuat sebagai isi undangan pernikahan dengan hanya satu warna cetak saja, hitam atau putih sehingga kesan romantisnya tetap terjaga. Namun karena kertas ini cukup tebal, maka akan menghasilkan bekas jika terlipat sehingga terlihat patah-patah.


5. Kertas Jasmine


Untuk kamu yang suka dengan hal-hal terkesan mewah, jenis kertas jasmine cocok menjadi pilihan bahan undangan pernikahanmu. Dengan memiliki tekstur glitter, kertas jasmine bisa menjadikan undangan kamu menjadi mewah dengan berbagai warna yang indah.


Namun, kertas jenis ini hanya bisa menggunakan pencetakan dengan teknik emboss dan deboss. Jika menggunakan tinta, kertas ini memerlukan waktu yang lama dalam proses pengeringan.


Kertas yang memiliki gramatur 200 gram ini, biasanya dipadukan dengan jenis kertas lainnya untuk menjadi undangan pernikahan. Tak heran jika kertas ini memiliki harga yang cukup mahal.



6. Kertas Linen


Selanjutnya adalah kertas linen. Kertas ini juga banyak digunakan orang untuk dijadikan kertas undangan. Kertas linen memiliki dua ciri fisik yaitu tekstur yang kasar dan pada permukaannya terdapat garis-garis timbul yang tipis.


Kalau kamu menggunakan jenis kertas ini untuk dijadikan undangan, undanganmu akan terkesan unik dan berkarakter sehingga menimbulkan kesan mewah. Kertas ini memiliki beberapa varian gramasi, mulai dari 150 hingga 230 gram.


Tak hanya digunakan untuk undangan saja, biasanya kertas linen digunakan untuk membuat kartu nama. Sebab, kertas ini dapat mengesankan kemewahan!



7. Kertas Ivory


Yang terakhir adalah kertas ivory. Kertas ini adalah perpaduan dari kertas art paper, art carton, dan matt paper. Perpaduan itu membuat kertas ivory menjadi memiliki serat yang tidak beraturan. Ini sangat cocok dijadikan undangan kalau kamu menyukai hal-hal bernuansa klasik.


Kertas ivory mempunyai beragam gramatur, yaitu 190, 210, 230, 260, 310, dan 400 gram. Dari semua varian gramatur, kertas ivory 260 gram biasanya yang sering dipilih untuk jadi undangan pernikahan.


8. Kertas Akasia


Kertas akasia adalah jenis kertas undangan yang memiliki tekstur seperti kain dengan garis-garis seperti membentuk tenunan. Kertas ini sering digunakan dalam mencetak undangan, sertifikat, piagam hingga foto. Jenis kertas undangan pernikahan yang menggunakan bahan ini akan terkesan mewah sekaligus juga kalem.



9. Kertas Aster


Jenis kertas aster sebagai bahan mencetak undangan termasuk dalam kategori kertas mahal. Namun, harga mahal itu sebanding dengan kualitasnya. Kertas ini sangat cocok sekali digunakan untuk bahan undangan.


Kertas aster memiliki tekstur dan permukaan yang halus. Bagi orang yang ingin membuat undangan pernikahan eksklusif, kertas aster ini sangat direkomendasikan.


Itulah sembilan jenis kertas yang bisa kamu pilih sebagai bahan dasar mencetak undangan pernikahan. Masing-masing kertas memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jadi, pilih sesuai kebutuhanmu, ya!


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page