top of page

Contoh Kata-kata Undangan Pernikahan dan Tips Membuatnya



Undangan pernikahan adalah salah satu unsur penting dalam perkawinan yang tidak boleh luput dari perhatian. Bergantung dari latar belakang keluarga, adat, agama, serta pihak yang ingin diundang, kata-kata undangan pernikahan sangatlah beragam.

Kata-kata Undangan Pernikahan

Nah, agar lebih mudah membuat kata-kata undangan pernikahan, kami akan memberikan beberapa contohnya yang sesuai dengan kebutuhan undangan kamu. Simak rekomendasi kata-kata undangan pernikahan berikut ini.

1. Kata-kata Undangan Pernikahan Islami

Diawali dengan kata-kata mutiara atau terjemahan potongan ayat Alquran tentang pernikahan. Misalnya QS. An Nur ayat 32, QS. Adz Dzariyat ayat 49), QS. At Taubah ayat 71, dan sebagainya.

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Yth, ....

Tanpa mengurangi rasa hormat, kami bermaksud mengundang saudara/i untuk menghadiri Tasyakuran Pernikahan kami yang InsyaAllah diadakan sebagaimana tersebut dalam undangan berikut.

Atas doa restu yang telah diberikan kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Hormat kami:

- Nama kedua mempelai.

Lokasi:

- Lokasi pernikahan.

2. Kata-kata Undangan Pernikahan Kristen

Kata-kata undangan pernikahan Kristen bisa diawali dengan kutipan ayat dari Alkitab tentang pernikahan.

Kami yang berbahagia [nama Anda dan pasangan], mengundang Saudara/Saudari untuk hadir di pemberkatan nikah kami, pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Sungguh kami mengharap kehadiran Saudara/Saudari sekalian untuk memberikan doa resmi.

Dari kami yang berbahagia

Keluarga [nama Anda] dan keluarga [nama pasangan]

3. Kata-kata Undangan Pernikahan untuk Teman/Sahabat

Kata-kata undangan pernikahan untuk sahabat bisa menggunakan bahasa yang lebih santai karena biasanya kedua mempelai sudah akrab dengan orang yang akan diundang. Berikut contohnya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada teman-teman sekalian, dengan pesan ini saya ingin menyampaikan sebuah kabar bahagia. Saya mengajak kalian semua untuk datang ke acara pernikahan saya pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Kedatangan teman-teman semua akan sangat berarti bagi kami sekeluarga. Terima kasih banyak.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Kata-kata Undangan Pernikahan untuk Kolega Kerja di Kantor

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kepada teman-teman kerja dan pimpinan kantor, dengan pesan ini saya ingin mengundang Anda sekalian ke acara pernikahan saya. Adapun acara tersebut akan diadakan pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Saya harap teman-teman dan Bapak/Ibu pimpinan dapat menyempatkan diri hadir di acara tersebut. Terima kasih banyak atas waktu dan perhatian rekan-rekan sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Kata-kata Undangan Pernikahan dalam Bahasa Jawa



Salah satu upacara pernikahan yang paling lazim digunakan di Indonesia adalah dengan menggunakan adat Jawa. Oleh karena itu, jika kamu tinggal di Jawa dan mayoritas orang yang kamu undang berbahasa Jawa, ada baiknya kata-kata undangan pernikahan dalam bahasa Jawa dipilih untuk mengundang mereka. Berikut contoh kata-kata undangan pernikahan dalam bahasa Jawa.

Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kairing sagunging pakurmatan

Sesarengan kalian serat menika kawula nyaosi pirsa, mungi gusti Allah SWT tansah Hangganjar kawilujengan ing samudayanipun.

Kula badhe hanggadahi khajat hangemah-emahaken yoga kula estri engkang nami:

[Nama mempelai pria]

Kalian

[Nama mempelai wanita]

Ingkang menika, menawi sepen ing sedaya reribetan saha dhanganing penggalih, keprenga kula ngaturi rawuh panjenengan sekalian

Ing pahargyan dhauping pinanganten mbenjang,

Dinten: Ahad

Surya kaing: [Tanggal]

Panggenan: [Lokasi]

Saerlu hangestreni saa paring donga pangestu

Dhumateng inanganten kekalih sumambrah ing sedayanipun.

Mekaten atur kula, awit rawuh saha paring dinga angestuning Bapak Ibusekalian, kula ngaturaken agunging panuwun.

Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

6. Kata-kata Undangan Pernikahan Lewat WhatsApp

Di zaman modern ini, kata-kata undangan pernikahan lewat WhatsApp sudah bisa diterima dan dianggap sopan, apalagi di masa pandemi yang mengurangi mobilitas. Berikut contoh kata-kata undangan pernikahan yang bisa kamu kirim lewat WhatsApp.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dengan hormat, perkenankan saya mengundang Bapak/Ibu Saudara/Saudari untuk menghadiri acara pernikahan kami, [nama Anda dan pasangan].

Acara pernikahan kami akan diadakan pada:

Hari dan Tanggal :

Waktu :

Lokasi :

Akan menjadi suatu kehormatan apabila Bapak/Ibu Saudara/Saudari berkenan hadir di acara kebahagiaan kami.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7. Kata-kata Undangan Pernikahan Lewat Media Sosial

Sama seperti WhatsApp, sekarang juga kian lazim mengirim undangan pernikahan lewat media sosial. Namun, tetap perhatikan siapa yang kamu undang. Sebaiknya undangan ini hanya diberikan untuk orang yang sebaya karena mereka lebih fleksibel. Bagi kerabat yang dekat dan penting dalam hidup, undangan fisik masih lebih disarankan.

Bismillah… Undangan terbuka buat teman-teman Facebook/Instagram untuk hadir di acara pernikahan kami, [nama Anda dan pasangan].

Tanggal:

Lokasi:

Sebuah kehormatan bagi kami atas kehadiran teman-teman semua. Mari kita ramaikan sebagai ajang silaturahmi dan menyaksikan doa keberkahan buat pernikahan kami.



8. Kata-kata Undangan Pernikahan yang Elegan dan Formal

Berikut adalah beberapa contoh kata-kata undangan pernikahan yang elegan dan formal:


Contoh 1

"Dengan rendah hati, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk menghadiri pernikahan kami yang akan dilaksanakan pada tanggal [tanggal] pukul [waktu] di [tempat]."


Contoh 2

"Kami dengan sukacita mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk turut serta merayakan ikatan suci kami pada hari [tanggal] pukul [waktu] di [tempat]."


Contoh 3

"Kami dengan gembira mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk mempersembahkan kehadiran mereka dalam momen sakral pernikahan kami yang akan dilaksanakan pada hari [tanggal] pukul [waktu] di [tempat]."


9. Kata-kata Undangan Pernikahan yang Santai dan Hangat

Berikut adalah beberapa contoh kata-kata undangan pernikahan yang santai dan hangat:


Contoh 1

"Kami dengan senang hati mengundang teman-teman dan keluarga untuk berbagi kebersamaan dan sukacita dalam pernikahan kami yang akan digelar pada hari [tanggal] pukul [waktu] di [tempat]."


Contoh 2

"Marilah kita bersama-sama merayakan cinta dan kebahagiaan di hari pernikahan kami. Kami dengan hati yang penuh sukacita mengundang Anda untuk bergabung dalam momen spesial kami pada tanggal [tanggal] pukul [waktu] di [tempat]."


Contoh 3

"Salam hangat! Kami mengundang Anda untuk menjadi saksi dan berbagi kebahagiaan saat kami mengucapkan janji suci pada hari [tanggal] pukul [waktu] di [tempat].


10. Kata-kata Undangan Pernikahan Islami

Berikut adalah beberapa contoh kata-kata undangan pernikahan dengan sentuhan Islami:


Contoh 1

"Dengan rendah hati, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk merayakan ikatan suci kami berdasarkan ridha Allah Swt dalam pernikahan kami yang akan dilaksanakan pada tanggal [tanggal] pukul [waktu] di [tempat]."


Contoh 2

"Dengan kehendak Allah Swt, kami memulai perjalanan hidup baru kami sebagai suami dan istri. Dengan rasa syukur, kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i untuk hadir dalam acara pernikahan kami pada hari [tanggal] pukul [waktu] di [tempat]."


Contoh 3

"Kami mengundang Ustadz/Ustadzah dan saudara/i untuk menjadi saksi atas pernikahan kami yang akan berlangsung pada tanggal [tanggal] pukul [waktu] di [tempat]. Dengan doa serta restu dari Allah Swt, kami berharap pernikahan kami menjadi jalan menuju ridha-Nya."


11. Kata-kata Undangan Pernikahan dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa contoh kata-kata undangan pernikahan dalam Bahasa Inggris:


Contoh 1

"With great joy, we invite you to celebrate our love and commitment on our wedding day. Please join us on [date] at [time] in [venue]."


Contoh 2

"We warmly request the honor of your presence at our wedding as we exchange vows and begin our journey together on [date] at [time] in [venue]."


Contoh 3

"We cordially invite you to witness and bless our union as we become husband and wife. Your presence would mean the world to us on [date] at [time] in [venue]."


12. Kata-kata Undangan Pernikahan dalam Agama Kristen

Berikut adalah beberapa contoh kata-kata undangan pernikahan dalam agama Kristen:


Contoh 1

"In the presence of God and with grateful hearts, we request the pleasure of your company at the celebration of our marriage on [date] at [time] in [venue]."


Contoh 2

"We invite you to share in the joy of our wedding as we exchange vows and begin our new life together. Please join us on [date] at [time] in [venue]."


Contoh 3

"With faith and hope in our hearts, we joyfully invite you to witness and bless our union as husband and wife on [date] at [time] in [venue]."

Tips Membuat Kata-kata Undangan Pernikahan



Karena dibuat untuk merayakan momen terpenting seumur hidup, kata-kata undangan pernikahan harus dibuat semaksimal mungkin. Setidaknya ada tiga hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat undangan. Berikut daftarnya

1. Bahasa

Kata-kata undangan pernikahan harus ditulis dengan kalimat yang tertata rapi. Tak peduli kamu menggunakan bahasa Indonesia, Jawa, atau Inggris, susunan kalimat haruslah sesuai dengan kaidah tata bahasa.

Pastikan bahasa yang kamu gunakan baku karena banyak dari undangan kamu yang merupakan kalangan terpelajar. Bahasa yang baik juga mencerminkan kamu sepenuhnya memikirkan tamu undangan. Jangan langsung percaya pada template yang diberikan tempat cetak kartu undangan. Periksa menggunakan kamus jika dibutuhkan.

2. Salah Tulis

Salah tulis/saltik atau typo adalah hal yang harus sangat dihindari dalam merangkai kata-kata pernikahan. Periksa berkali-kali undangan yang akan kamu sebar agar terhindar dari typo. Pasalnya ini akan memengaruhi orang yang membaca undangan kamu sebagai sebuah ketidakhormatan.

Selain itu, hal ini juga bisa berakibat fatal jika typo terjadi pada detail undangan kamu, misalnya lokasi, jam acara, hingga nama orang tua.


3. Font

Pilihan huruf atau font dalam undangan juga cukup berpengaruh karena merepresentasikan resepsi pernikahanmu seperti apa. Untuk menciptakan kesan elegan, kamu bisa memilih font handwriting atau jika ingin kasual kamu bisa menggunakan font monotype.

Kata-kata undangan pernikahan yang ditulis dengan font tersebut juga harus punya keterbacaan atau readability yang tinggi. Jangan sampai kamu memilih font yang indah, namun malah informasinya sukar dibaca dan informasi tidak tersampaikan dengan jelas.

4. Masukkan Nomor Rekening

Pandemi memang mengubah kebiasaan orang, termasuk dalam pernikahan. Kini sudah jadi hal yang lumrah apabila di undangan mencantumkan nomor rekening untuk angpau. Hal ini kini dianggap tidak menyinggung.

Sebaliknya, ini akan lebih memudahkan bagi tamu undangan yang berhalangan untuk hadir, namun tetap ingin bersilaturahmi dan merayakan kebahagiaanmu. Masukkan QR code rekening atas nama kamu atau pasangan agar angpau bisa langsung dikirim ke kamu.

Nah, itu dia contoh kata-kata undangan pernikahan serta tips untuk membuatnya. Mudah untuk diikuti, bukan?


Jika kamu sedang mempersiapkan pernikahan dan masih bingung dalam menentukan MUA atau vendor pernikahan lainnya, tidak ada salahnya kamu menggunakan  all-in-package dari Yes I Do. Ya, paket pernikahan dari Yes I Do ini dijamin harganya sangat bersahabat dan menguntungkan.


Kamu bisa memilih wedding venue milik Yes I Do, kemudia menggunakan all-in-package yang jumlah tamunya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. All-in-package dari Yes I Do ini sudah termasuk gedung, catering, wedding planner & organizer, dekorasi, MUA, wardrobe dan entertainment. Dijamin lengkap, terjangkau dan anti-ribet pokoknya.


Jadi, tidak perlu ragu lagi, langsung saja hubungi tim Yes I Do di sini untuk berkonsultasi secara gratis mengenai rencana pernikahanmu. Tim Yes I Do akan siap membantumu dan pasangan untuk mewujudkan pernikahan impianmu dengan budget yang sangat bersahabat!

Comments


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page