top of page

Contoh Susunan Panitia Pernikahan yang Wajib Kamu Tahu


susunan panitia pernikahan

Pernikahan adalah suatu gelaran sekali seumur hidup yang butuh perencanaan matang. Oleh karena itu, persiapannya pun harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Untuk menggelar upacara pernikahan dibutuhkan kepanitiaan yang solid.

Jika kamu ingin menikah dalam waktu dekat dan bingung merancang susunan panitia pernikahan, kami akan memberikan tips membentuk susunan panitia yang efektif demi pernikahan yang khidmat dan lancar. Simak susunan panitia pernikahan terlengkap berikut ini.

Contoh Susunan Panitia Pernikahan

Susunan panitia pernikahan terdiri atas berbagai seksi yang lengkap dengan anggotanya. Tujuannya agar terjalin kerja sama untuk menghasilkan acara pernikahan yang berjalan dengan lancar, dari pembukaan hingga penutupan.

Kamu bisa menunjuk kerabat atau teman untuk menjadi panitia. Namun, jika ingin praktis kamu bisa menyewa jasa wedding organizer yang jelas lebih berpengalaman dalam menangani acara pernikahan. Nah, jika kamu ingin membentuk tim kepanitiaan sendiri berikut susunan panitia pernikahan terlengkap yang harus kamu pertimbangkan.

Seksi Sekretaris

Susunan panitia pernikahan pertama adalah sekretaris. Seksi sekretaris dalam pernikahan sebaiknya menunjuk orang yang biasa dalam hal mencatat dan cekatan mempersiapkan segala hal yang menyangkut administratif. Tugas utamanya adalah mengetik undangan, menulis alamat, nama, kontak orang yang akan diundang, kemudian menyebar undangan, serta yang terakhir mengonfirmasi kedatangan tamu atau biasa dikenal dengan istilah RSVP.

Seksi Bendahara

Karena urusan uang adalah masalah yang sensitif, terutama untuk menggelar pernikahan yang membutuhkan jumlah besar, sebaiknya pilih kerabat yang sangat kamu percaya. Tak hanya dekat, seksi bendahara harus memiliki pengalaman dalam mengatur keuangan.

Tujuannya tentu saja agar bujet sesuai dengan kemampuan sang mempelai dan bisa dipertanggungjawabkan ke mana uang tersebut terpakai. Selain biaya operasional, percayakan angpau dari para tamu pada bendahara. Nantinya, seksi bendahara akan melakukan rekapitulasi uang angpau yang diterima dari hadirin undangan.

Seksi Tata Rias dan Busana

Sebagai momen sekali seumur hidup, seksi tata rias dan busana dalam susunan kepanitiaan pernikahan juga tidak boleh dianggap remeh. Kamu pasti ingin momen bersejarah ini dikenang dengan pakaian pantas untuk dilihat kelak saat tua nanti.

Tugas seksi tata rias dan busana ini adalah menghubungkan perias serta penyedia busana pernikahan untuk disewa kepada mempelai dan keluarga. Selain itu, dress code untuk tamu dan undangan adalah tanggung jawab mereka untuk menyosialisasikannya agar pernikahan punya nuansa khas. Persiapan busana ini harus sudah direncanakan dari jauh-jauh hari karena butuh waktu cukup lama, misalnya untuk menjahit baju anggota keluarga dengan bahan pakaian seragam.

Seksi Pengiring Pengantin

Seksi pengiring pengantin dalam susunan panitia pernikahan sebenarnya tidaklah berat, namun tetap harus dipersiapkan dengan matang. Tugasnya adalah mempersiapkan para bridesmaid atau pengiring pengantin.

Pengiring pengantin biasanya orang terdekat dengan pengantin, seperti saudara kandung, sepupu, atau sahabat pengantin. Nantinya, pengiring akan mengantar pengantin perempuan saat akad nikah, serta saat pengantin akan duduk di pelaminan dalam acara resepsi. Selain itu, biasanya ada penebar bunga yang dipilih, kebanyakan ponakan kecil yang imut.

Seksi Konsumsi

Ada anekdot bahwa hajatan yang sempurna hanya bisa dikenang jika makanannya enak banget atau tidak. Nah, jangan sampai pernikahanmu diingat di poin kedua. Oleh karena itu, susunan kepanitiaan pernikahan tidak boleh luput dari seksi konsumsi.

Seksi konsumsi bertanggung jawab untuk memesan makanan dari luar, food tasting, serta menghitung porsi konsumsi termasuk mempersiapkan rencana tambahan jika tamu yang datang melebihi kapasitas undangan. Selain itu, tugas seksi konsumsi adalah juga menentukan kapan waktu yang tepat untuk santapan di tengah acara. Pasalnya, hal ini bisa sangat berpengaruh pada khidmatnya upacara pernikahan.

Seksi Acara/Protokol Tamu VIP

Seksi acara tentu punya peranan kunci dalam susunan panitia pernikahan. Seksi acara ini tugasnya seperti MC, salah satunya adalah menyambut tamu VIP yang biasanya diberi sambutan lebih dan tempat berbeda.

Tamu VIP penting untuk dikoordinasikan dengan pihak keluarga sebelum acara dilaksanakan. Jadi, nantinya pemandu acara bisa menyambut tamu-tamu tersebut dengan layak.

Seksi Penerima Tamu/Petugas Buku Tamu

Di awal pintu masuk gedung pernikahan tentu kamu akan menemukan penerima tamu atau usher. Nah, dalam susunan panitia perkawinan kamu perlu mempersiapkan seksi penerima tamu dengan matang.

Seksi penerima tamu juga mengurusi petugas penerima tamu. Tugasnya tentu saja adalah mengoordinasikan dan mencatat jumlah tamu. Selain itu, mereka juga mengurusi suvenir serta angpau tamu undangan.

Seksi Perlengkapan

Untuk menjamin acara pernikahan berjalan sukses, susunan panitia pernikahan tentu harus mempersiapkan seksi perlengkapan. Tugas seksi perlengkapan adalah mengatur semua perlengkapan pernikahan yang dibutuhkan, mulai dari suvenir, alat perlengkapan pernikahan seperti sound, kursi, meja, hingga pelaminan. Dekorasi juga bisa digabungkan tugasnya di seksi perlengkapan.

Seksi Transportasi

Seksi transportasi dalam susunan panitia pernikahan juga menentukan kelancaran acara pernikahan. Tugas seksi transportasi dalam pernikahan antara lain menghitung jumlah kendaraan, serta menyiapkan lahan parkir.

Sebenarnya seksi parkir bisa dibuatkan tim khusus, namun biasanya gedung pernikahan sudah menyediakan flow parkir yang memadai. Jadi, tugas ini bisa dirangkap oleh seksi transportasi.


Selain itu, seksi transportasi juga bertanggung jawab untuk menyediakan akomodasi bagi mempelai dan keluarganya.

Seksi Keamanan

Agar pernikahan berjalan lancar diperlukan juga seksi keamanan dalam susunan panitia pernikahan. Tugasnya adalah bekerja sama dengan badan keamanan setempat di lokasi hajatan. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab menjaga keamanan para tamu selama acara berlangsung.


Tips Membentuk Susunan Panitia Pernikahan

Membentuk susunan panitia pernikahan yang baik adalah langkah penting untuk memastikan bahwa segala persiapan berjalan lancar dan pernikahan berjalan dengan sukses. Berikut adalah beberapa tips untuk membentuk panitia pernikahan yang baik:

  1. Pilih orang-orang yang dapat diandalkan: Pilih orang-orang yang dapat diandalkan dan memiliki kemauan serta waktu untuk terlibat sepenuhnya dalam persiapan pernikahan.

  2. Bagi tugas dengan bijak: Setiap anggota panitia harus memiliki tugas dan tanggung jawab yang jelas. Pastikan untuk membagi tugas sesuai dengan keahlian dan minat masing-masing anggota.

  3. Komunikasi yang baik: Pastikan semua anggota panitia dapat berkomunikasi dengan baik. Buatlah grup komunikasi atau forum online di mana semua anggota dapat berdiskusi dan berbagi ide dengan mudah.

  4. Jadwal rapat teratur: Tetapkan jadwal rapat teratur untuk memastikan semua anggota panitia tetap terhubung dan terinformasi tentang perkembangan persiapan pernikahan.

  5. Fleksibilitas: Tetaplah fleksibel dan terbuka terhadap perubahan dan saran dari anggota panitia serta calon pengantin. Terkadang, rencana perlu disesuaikan untuk mengakomodasi perubahan yang tak terduga.

  6. Kesepakatan tentang anggaran: Penting untuk menetapkan anggaran dan memastikan semua anggota panitia memahami dan mematuhi batas anggaran yang telah ditetapkan.

  7. Koordinasi dengan baik: Pastikan semua anggota panitia memahami peran masing-masing dan koordinasi dengan baik untuk menghindari tumpang tindih atau kesalahan.

  8. Kepercayaan dan keterbukaan: Bangunlah kepercayaan dan keterbukaan di antara anggota panitia. Jika ada masalah atau kekhawatiran, ajaklah untuk dibicarakan secara terbuka dan segera.

Itu dia susunan panitia pernikahan terlengkap agar momen sekali seumur hidupmu berjalan dengan lancar. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan dan masih bingung tentang venue pernikahan atau pun vendor pernikahan lainnya, tidak ada salahnya jika kamu mempertimbangkan untuk menggunakan all-in wedding package dari Yes I Do. Paket pernikahan lengkap dari Yes I Do ini sangatlah terjangkau dan anti-ribet. Dijamin akan membuat persiapan pernikahanmu jadi less stressful.


Untuk itu, tidak perlu ragu dan langsung klik di sini untuk menghubungi tim Yes I Do dan melakukan konsultasi gratis atau bertanya lebih lanjut. Tim Yes I Do akan siap membantumu memuwujudkan pernikahan impianmu dengan budget yang lebih terjangkau namun tetap berkualitas tinggi.

Comments


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page