top of page

7 Ide Baju Keluarga Pengantin untuk Pernikahan dengan Konsep Tradisional dan Modern


sumber: instagram.com/nobitamakeupartist

Seragam keluarga untuk pernikahan adalah pakaian yang digunakan oleh keluarga yang didesain serupa. Model, warna, dan motifnya sama. Baju keluarga ini digunakan untuk menunjukkan kekompakan keluarga, keakraban, keserasian, dan tentu saja untuk tampil menawan. Sebab, pernikahan bukan hanya milik dua orang pasangan, tetapi juga milik keluarga. Jadi keluarga pun harus terlihat keren.


Nah, secara umum, ada dua ide seragam keluarga, yaitu seragam pernikahan dengan sentuhan tradisional dan seragam pernikahan dengan sentuhan modern. Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Seperti apa perbedaannya? Simak ulasannya, ya!


Konsep Baju Seragam Keluarga Pengantin

Untuk seragam tradisional, para perempuan menggunakan kebaya atau blus brokat yang dipadukan dengan rok batik, sementara para laki-laki menggunakan kemeja batik dan celana polos. Jenis kain yang digunakan untuk seragam model ini biasanya menggunakan batik, tenun, atau songket. Yang terpenting, motifnya harus sesuai dengan ukuran badan agar terlihat proporsional.


Sedangkan untuk seragam modern, para perempuan biasanya mengenakan baju seragam keluarga yang didesain dalam bentuk dress atau pun gamis bagi perempuan berhijab, sementara para laki-laki memakai kemeja polos yang warnanya senada dengan busana perempuan.


Beberapa contoh dress perempuan untuk konsep ini antara lain model off shoulder yang memiliki potongan terbuka di bagian bahu, model one shoulder yang memiliki satu lengan saja di bagian kanan atau kiri, dan empire dress yang memiliki perpotongan pinggan paling tinggi yakni pada bagian dada.


Sedangkan untuk pengguna gamis, biasanya menggunakan bahan brokat dengan kombinasi kain satin. Beberapa model gamis yang dimaksud antara lain gamis model cape yang dilengkapi dengan cape pada bagian badan, gamis model ruffle yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian, dan gamis wanita lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti lonceng.


Ide untuk Membuat Seragam Pernikahan


Setelah mengetahui dua konsep besar untuk membuat seragam keluarga pernikahan, kamu perlu mengetahui beberapa ide seragam yang berasal dari dua konsep tersebut. Berikut ini beberapa inspirasi model seragam keluarga untuk pesta pernikahan::


1. Seragam coklat dengan songket emas untuk menimbulkan kesan mewah


sumber: instagram.com/vidialdiano

Untuk pesta pernikahan, baju seragam keluarga bisa menggunakan baju adat berwarna coklat dengan dipadukan kain songket emas. Warna yang senada ini akan menimbulkan kesan mewah sekaligus juga berbudaya. Model seragam ini sempat digunakan pada pesta pernikahan pasangan Vidi Aldiano dan Sheila Dara.


2. Kebaya dan rok batik, seragam simpel yang cukup populer


sumber: instagram.com/inspirasibajubridesmaid

Model klasik yang satu ini sudah cukup sering digunakan di Indonesia, terutama di pernikahan dengan adat Jawa. Seragam keluarga yang dibuat dengan model kebaya klasik dengan bawahan rok batik seakan tak pernah kadaluarsa menjadi fashion pilihan saat pesta pernikahan.


Kebaya tak pernah bosan dipilih sebagai pakaian wajib. Sebab, kebaya membawa identitas khas Jawa yang selalu dijunjung dan bermakna sakral.



3. Tunik brokat yang elegan sekaligus fleksibel


sumber: instagram.com/seragam_bridesmaid

Selanjutnya adalah model tunik. Model ini bisa dijadikan ide untuk seragam pernikahan. Apalagi jika tunik dibuat dari bahan brokat. Kesan mewah dan elegan pun akan terpancar kepada semua orang yang melihatnya. Ditambah lagi, model ini cukup fleksibel untuk beraktivitas dan terkesan lebih muda. Bagian bawahannya bisa dipadukan dengan celana kain agar lebih kekinian.


4. Gamis brokat agar terlihat sederhana tetapi tetap elegan


sumber: instagram.com/seragam_bridesmaid

Brokat memang identik dengan acara-acara yang penting, istimewa dan sakral seperti pernikahan. Semenjak dahulu, bahan brokat selalu menjadi bahan untuk pakaian pernikahan, baik itu mempelainya maupun keluarganya, bahkan juga beberapa undangan kerap kali memakai pakaian berbahan brokat. Kain brokat cocok sekali untuk dijadikan seragam keluarga pengantin.


Jika dahulu brokat selalu identik dengan hanya satu model yakni kebaya saja, saat ini tidak. Brokat juga dijadikan model gamis yang lebih simpel, sederhana tetapi tetap bisa terkesan mewah dan elegan.



Seragam brokat bermodel gamis lebih fleksibel dipakai, memberikan keleluasan bergerak sehingga nyaman digunakan untuk kegiatan yang sibuk. Ada beberapa varian model untuk gamis brokat ini, ada yang menggunakan brokat penuh sebagai bahan dasar, atau memadukannya dengan satin dan brokat hanya sebagai aksen hiasan saja.


5. Gamis satin yang kalem dan mewah


sumber: instagram.com/seragam_bridesmaid

Seragam gamis juga bisa dibuat dari satin yang halus dan mengkilap, tidak hanya dari bahan brokat saja. Saat ini sudah banyak yang menggunakan satin sebagai seragam pesta pernikahan apapun model desainnya. Satin cocok sekali untuk pakaian di momen istimewa karena sifatnya yang mengkilap memberikan kesan mewah dan elegan.


Selain satin, kamu juga bisa memilih kain inma premium untuk membuat seragam pernikahan. Seperti satin, kain ini pun memiliki permukaan yang halus dan mengkilap saat terkena cahaya. Bahannya ringan dan sangat nyaman meski digunakan saat cuaca panas sekalipun.


6. Beskap dan kebaya kuning-lime, konsep sederhana yang terkesan modern


sumber: instagram.com/lestykejora

Jika ingin terlihat sedikit lebih modern, penggunaan kebaya dan beskap dengan tambahan ornamen sequins, bisa menjadi pilihan sebagai bahan seragam keluarga untuk pesta pernikahan. Model ini sebenarnya cukup sederhana, tetapi sangat keren dan indah dilihat seperti yang dilakukan keluarga pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora.



7. Kutu baru jumputan jika menginginkan nuansa klasik yang unik


sumber: instagram.com/seragam_bridesmaid

Kalau model ini, bisa dibilang suatu inspirasi yang unik dan belum populer. Model kutu baru jumputan dapat mengesankan nuansa yang sangat klasik dan kental dengan budaya Jawa. Dengan bahan kain lurik yang dibuat kebaya, kutu baru ini bisa menciptakan suasana vintage di pesta pernikahanmu.


Itulah konsep dan ide-ide membuat seragam keluarga untuk menambah keistimewaan atau keunikan pernikahan yang bisa kamu tiru dan modifikasi. Jadi, kamu akan pilih model seperti apa? Sebaiknya diskusikan dengan keluarga dahulu sebelum memutuskan, ya! Untuk tambahan, kamu juga bisa lihat info tentang contoh tata cara penyusunan panitia pernikahan yang perlu kamu tahu agar acaranya dapat berjalan dengan baik.


Kommentare


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page