top of page

10 Tips Memilih WO Pernikahan agar Tak Salah PIlih


Tips memilih WO pernikahan
Tips memilih WO pernikahan

Memilih wedding organizer (WO) yang tepat memang penting sekali buat memastikan kalau hari istimewamu akan berjalan sesuai dengan harapan dan rencana. Untuk itu, ada beberapa hal atau tips yang bisa kamu perhatikan saat akan memilih WO pernikahan agar hasilnya berjalan sesuai harapan. 


Ini 10 tips memilih WO pernikahan agar tidak salah pilih


1. Cari referensi dan lakukan riset

Salah satu cara terbaik untuk memiliih WO pernikahan adalah dengan mencari referensi dari teman atau kerabat yang sudah pernah memakai jasa mereka. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan review jujur mengenai kinerja WO tersebut, apakah memuaskan atau tidak. 


Kamu juga bisa melakukan riset lebih lanjut dengan mencari-cari review online tentang WO yang direkomendasikan oleh teman atau kerabatmu tersebut. Atau, kamu juga bisa benar-benar mencari referensi untuk memilih WO pernikahan dengan hanya melaukan penelusuran online. Mulai dari cari akun social media atau website mereka, dan pastinya cari tahu review atau testimoni dari para penggunanya. 


2. Cek Portofolio


Jika sudah punya beberapa pilihan WO yang menarik, kamu bisa coba hubungi mereka dan minta portofolio mereka secara online. Cek semua portfofolionya dengan detail, dan pilih mana yang kira-kira hasil kerjanya paling kamu sukai. Pilih juga WO mana yang kamu rasa bisa mengakomodir semua keinginanmu untuk mewujudkan pernikahan impianmu. 


3. Tips Memilih WO Pernikahan Selanjutnya adalah Menyiapkan Anggaran

Sebelum memilih wedding organizer, penting untuk menyiapkan anggaran yang cukup. Setiap wedding organizer memiliki harga paket yang bervariasi, jadi kamu perlu mengetahui berapa anggaran yang kamu dan pasangan miliki. 

Dengan menyiapkan anggaran terlebih dahulu, kamu dapat mengeliminasi weding organizer yang melebihi anggaran dan fokus pada WO yang sesuai dengan anggaranmu dan pasangan.


4. Kunjungi Pameran Pernikahan

Mengunjungi pameran pernikahan dapat menjadi cara yang baik untuk menemukan dan membandingkan hasil kerja dan portofolio dari wedding organizer dan vendor pernikahan lainnya. Di pameran pernikahan, kamu bisa melihat langsung dekorasi, make up, dan makanan yang ditawarkan oleh wedding organizer. Kamu juga bisa bertanya langsung kepada mereka tentang paket yang mereka tawarkan dan harga yang mereka berikan.


5. Pastikan Ketersediaan

Kamu dan pasangan tentunya sudah menentukan tanggal pernikahan. Untuk itu, tips memilih WO pernikahan selanjutnya adalah, saat kamu sudah punya beberapa WO yang menarik perhatianmu, coba hubungi mereka dulu dan pastikan ketersediaan mereka untuk digunakan saat tanggal pernikahanmu. 


6. Temui langsung untuk bahas visimu 

Jika kamu sudah menemukan WO mana yang ingin kamu gunakan dan mereka pun sudah cocok dengan tanggal pernikahanmu, pastikan kamu bertemu langsung dengan mereka. Ini akan memberimu kesempatan untuk bisa mengenal mereka secara langsung dan lebih personal. 


Pastikan untuk menyampaikan rencana dan visimu tentang pernikahan impianmu. Lalu, pertimbangkan apakah gaya dan cara kerja mereka cocok untuk mewujudkna visimu tentang pernikahan imipianmu. Dalam tahap ini kamu bisa mempertimbangan untuk terus menggunakan jasa mereka atau tidak untuk mengurus pernikahanmu. 


7. Perhatikan Budaya Kerja WO Tersebut

Tips memilih Wo untuk pernikahan selanjutnya adalah cari tahu budaya atau cara kerja mereka. Apakah mereka fleksibel, kreatif atau bisa bekerja sigap dan benar di bawah tekanan?


Usahakan memilih WO yang fleksibel. Fleksibel di sini dalam artian mereka bisa menerima dab menyesuaikan diri dengan cepat jika nanti dalam proses perencanaan atau bahkan pelakasaan pernikahan, ada perubahan. Jangan sampai mereka tidak mau menerima perubahan rencana atau tidak siap jika saat hari H terjadi sesuatu di luar rencana. Untuk itu, diskusikan hal ini sejak awal untuk memastikan kalau mereka memang siap bekerja di bawah tekanan dan fleksibel. 


Selain itu, cari lah WO yang kreatif, sehingga tidak selalu mengandalkan segala sesuatunya pada budget. Cari WO yang bisa merencanakan dan mengeksekusi sebuah pernikahan dengan sangat kreatif, bahkan dengan budget yang terbatas sekali pun. 

 

8. Tips Memilih WO Pernikahan Selanjutnya dalah Perhatikan Komunikasi

Saat kamu bertemu dan berdiskusi dengan mereka, perhatikan pola dan cara mereka berkomunikasi. Bagaimana mereka menerima dan menanggapi ide dan masukan darimu dan bagaimana cara mereka menyampaikan ide atau masukan dari mereka. 


Perhatikan juga apakah mereka responsif alias cepat tanggap terhadap pertanyaan dan perminaanmu. Jika semua hasilnya dirasa positif dan mereka punya pola komunikasi yang baik juga efektif, maka itu jadi lampu hijau. Hal ini dikarenakan pola komunikasi yang ekfetif dan lancar bisa memudahkan semua proses brainstorming dan koordinasi selama persiapan dan hari H pernikahan. 


9. Rasakan Koneksi Emosional

Jika setelah pertemuan pertama dan melakukan diskusi dengan mereka lalu mengamati pola kerja dan komunikasi mereka kamu merasakan koneksi emosional dengan mereka, maka WO tersebut cocok untuk kamu gunakan jasanya. Ya, biasanya saat kamu merasa nyaman dan mulai menaruh rasa percaya pada WO tersebut, maka insting kamu akan jalan dan merasakan koneksi emosional denan mereka. 


10. Membaca dan Memahami Surat Kontrak

Tips memilih WO pernikahan yang terakhir dan juga sangat penting adalah membaca dan memahami surat kontrak dengan baik. Sebelum kamu menandatangani surat kontrak dengan WO, pastikan kamu memahami apa yang termasuk dalam paket yang kamu pilih. Termasuk, plan B dan plan C dari mereka jika plan A tidak berjalan sesuai rencan dan jasa tambahan yang mungkin ditawarkan oleh WO. Jika ada hal yang tidak kamu pahami, jangan ragu untuk bertanya kepada mereka


Itu lah 10 tips memilih WO pernikahan. Pastikan kamu melakukan semua tips di atas agar kamu tidak salah memilih WO yang akhirnya bisa mengancam pernikahan kamu tidak berjalan sesuai rencana. 


Tentunya jika kamu pusing dalam memilih WO mana yang terpercaya dan kerjanya terjamin, kamu bisa langsung saja pilih all-in wedding package dari Yes I Do. Dalam all-in package kamu bisa mendapatkan wedding planner dan organizer yang akan membantu merencanakan dan mengkesekusi pernikahan kamu dengan baik. Tentunya, sesuai namanya, paketnya sudah sangat lengkap dan harganya juga sangat terjangkau sehingga tidak akan membuat budget pernikahanmu membengkak.


Jadi, tidak perlu ragu lagi, langsung saja hubungin tim Yes I Do di sini untuk bisa melakukan konsultasi secara gratis tentang rencana dan visi pernikahanmu. Tim Yes I Do akan dengan senang hati membantumu untuk mewujudkan pernikahan impianmu!

Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page