top of page

Inilah 5 Bacaan Doa Nikah Bagi Pengantin yang Menikah Secara Islam



Bagi umat manusia, pernikahan adalah sebuah momen sakral yang dilakukan untuk mengikat sebuah janji suci kedua pasangan. Dengan begitu, mereka secara resmi disatukan untuk membangun rumah tangga baik secara negara maupun agama.


Di dalam agama islam, pernikahan juga merupakan sebuah bentuk ibadah kepada Allah SWT. Saat pengantin pria selesai mengucap ijab kabul yang disahkan oleh pendamping dan saksi, maka pasangan tersebut telah sah menjadi pasangan suami istri.



Bacaan Doa Nikah Bagi Pengantin yang Menikah Secara Islam


Untuk kamu yang ingin tahu apa saja bacaan doa nikah untuk pengantin yang menikah secara islam, simak ulasannya di bawah ini.


1. Doa akad nikah

Doa nikah untuk pengantin islam yang pertama adalah doa yang dibacakan saat dilakukan akad nikah. Jenis doa yang satu ini dibacakan oleh orang-orang yang hadir di acara tersebut, termasuk orang tua, keluarga, kerabat, dan juga para pemuka agama.


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, saat Rasulullah SAW ingin memberikan ucapan selamat pada pasangan yang telah menikah, maka beliau membaca doa sebagai berikut.


بَارَكَ اللهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْر


Artinya:

“Semoga Allah memberkahimu saat bahagia dan saat susah, serta mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan.” (HR. Abu Daud, No. 2130).


2. Doa untuk orang yang mengundang ke pesta pernikahan

Pengaturan setiap detail permasalahan kehidupan di dalam islam begitu sempurna. Hal itu juga bisa terlihat mengenai adab saat diundang pesta pernikahan. Setiap muslim sangat dianjurkan untuk sering mendoakan orang yang telah mengundang kamu ke pernikahannya. Adapun doa yang pas untuk orang yang mengundang ke pesta pernikahannya sebagai berikut.


اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ


Artinya:

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka, dan juga berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad IV/187-188).


Selain doa di atas, kamu juga bisa menggunakan doa lainnya sebagai berikut.


اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي


Artinya:

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberikan minuman kepadaku.” (HR. Muslim, No. 2055).


3. Doa suami setelah melangsungkan akad nikah

Setelah calon mempelai pria mengucapkan ijab kabul, maka dia sudah sah sebagai suami. Agar lebih baik, sang mempelai pria sangat dianjurkan untuk meletakkan tangannya pada ubun-ubun sang istri sambil memberikan doa sebagai berikut.


اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ


Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang sudah dia bawa. Dan aku juga berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang sudah dia bawa.” (HR. Abu Daud, No. 2160).


4. Doa sebelum melakukan hubungan suami istri

Sebelum pengantin melakukan hubungan yang intim layaknya suami istri, ada baiknya untuk membaca doa untuk memohon perlindungan dari Allah SWT. Doa tersebut dapat memberikan keberkahan, kebaikan pada keturunan yang dihasilkan, dan juga menambah kemesraan. Doa tersebut bisa kamu baca sebagai berikut.

بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا.


Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.” (HR. Bukhari, No. 6388; Muslim, No. 1434).


5. Doa untuk memohon diberikan keturunan yang saleh

Salah satu tujuan dalam pernikahan adalah dapat memiliki keturunan. Maka dari itu, setiap pasangan suami istri sangat dianjurkan untuk memohon doa pada Allah SWT agar segera diberikan keturunan.


Tentunya, tidak asal diberikan keturunan karena yang paling penting adalah anak yang saleh dan juga salehah. Bacaan doa untuk hal tersebut ada dalam QS. As-Shafat: 100 yang bunyinya sebagai berikut.


رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ


Artinya:

“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku seorang anak yang termasuk orang yang saleh.”


Selain itu, kamu juga bisa membaca doa di dalam QS. Al-Imran: 38 yang isinya adalah sebagai berikut.


رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَآءِ


Artinya:

“Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Doa.”



Makna Doa Nikah Bagi Pengantin


Setiap doa yang diucapkan oleh orang terdekat maupun pengantin itu sendiri tentu memiliki makna tersendiri. Tiga makna indah yang ada dalam doa nikah bagi pengantin adalah sebagai berikut.


1. Harapan untuk keberkahan kedua mempelai

Keberkahan di dalam sebuah pernikahan akan memunculkan berbagai hal positif. Dengan kehidupan yang berkah, maka memiliki banyak hal baik secara kuantitas dan juga kualitas yang berasal dari Allah SWT.


Contohnya bisa seperti rezeki yang baik, melimpah, dan juga kehidupan sosial keduanya yang penuh kedamaian. Ditambah lagi, berkah juga memiliki arti kedua pasangan menjadi lebih taat pada ajaran Allah SWT. Selain itu, menikah juga dapat menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan ketenangan saat menjalani hidup.


Dengan menjalankan rumah tangga, maka dapat mengajarkan pasangan untuk saling menjaga kesucian serta insan yang dapat bertanggung jawab. Maka dari itu, dengan dipanjatkan doa nikah bagi pengantin dapat memudahkan segala urusan baik di dunia maupun akhirat.


2. Harapan terbentuknya kehidupan yang harmonis

Di dalam ajaran islam, kehidupan sebuah pernikahan yang harmonis berdasarkan tiga kata yang mungkin kamu sudah familiar, yakni sakinah, mawaddah, warahmah. Arti dari sakinah, mawaddah, warahmah adalah ketenangan, ketenangan, ketulusan, dan juga kasih sayang saat menjalankan kehidupan berkeluarga.


Dengan kehidupan rumah tangga seperti sakinah, mawaddah, dan warahmah, maka bisa menjadi pondasi penting agar keluarga tersebut bisa bahagia dan sejahtera. Tanpa adanya harmonisasi, maka kebahagiaan tidak bisa didapatkan.


3. Doa untuk kedua mempelai agar memperoleh keberkahan dan keturunan yang baik

Makna terakhir tentang doa nikah bagi pengantin adalah agar mereka mendapatkan keberkahan dan juga keturunan yang baik. Hal tersebut juga terungkap pada kata-kata “Wa Barakallahu Alaika” yang memiliki arti semoga Allah memberikan anak-anak dan keturunan yang sangat baik kepadamu.


Keberkahan dalam mendapatkan keturunan memiliki arti bahwa anak-anak tersebut memiliki kebaikan dari sisi sikap, pemikiran, dan juga ibadahnya. Sedangkan berkah pada keturunan itu sendiri maknanya adalah anak tersebut tumbuh dengan sehat, cerdas, terampil, taat, dan juga membawa kebaikan pada orang tua maupun orang-orang sekitarnya.


Di dalam ajaran islam, keturunan yang baik dan soleh serta solehah adalah salah satu aset penting untuk kehidupan di akhirat. Bahkan, di dalam sebuah hadis juga disebutkan bahwa amalan yang tidak pernah terputus salah satunya adalah doa dari anak soleh dan solehah.


Oleh sebab itu, doa yang diberikan pada pengantin tidak hanya mencakup kedua belah pihak saja, tetapi juga sampai calon anak-anak hingga para cucu dan seterusnya.



Itulah bacaan doa nikah bagi pengantin yang menikah secara islami. Setelah membahas doa apa saja yang paling cocok untuk pengantin yang menikah berdasarkan agama islam, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu yang sebentar lagi akan menikah, ya!


(Siti Kamilla)


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page