top of page

10 Inspirasi Henna Art Sederhana dan Penuh Makna untuk Hari Pernikahan



Meskipun pesta henna merupakan tradisi tertentu di Arab yang ingin dirayakan oleh banyak pengantin, memilih desain tato henna art yang sempurna tidak selalu mudah. Sementara beberapa pengantin Arab menyukai ide desain henna tradisional yang rumit, di Indonesia biasanya lebih memilih desain henna sederhana untuk hari pernikahan.


Desain henna bisa berbeda dari satu negara ke negara lain; desain henna memiliki gaya, pola, dan warna yang berbeda yang dapat digambar di tangan, lengan, kaki, dan bagian tubuh lainnya. Jika kamu menginginkan desain henna sederhana untuk pernikahan atau desain yang memiliki makna tertentu, Say Yes I Do telah merangkumnya untuk inspirasi hari pernikahanmu nanti.


Makna henna dalam pernikahan

Tato henna dibuat dari pasta yang berasal dari daun tanaman pacar. Henna diterapkan pada kulit untuk tujuan dekoratif dan simbolis. Henna dipakai untuk upacara penting, seperti pernikahan, dan diyakini membawa kemakmuran bagi pemakainya untuk pernikahan mereka. Ada beberapa desain untuk dipilih, termasuk pola mehndi tradisional yang sangat simbolis dan juga dapat mewakili kesehatan dan kebahagiaan yang baik. Dibutuhkan beberapa jam sebelum henna terserap ke dalam kulit dan beberapa minggu sebelum memudar. Secara umum, henna dianggap aman untuk digunakan.


Inspirasi Desain Henna Sederhana dan Bermakna

Sejak kita kecil, kita telah suka sekali dengan pacar henna. Apalagi, ketika kita menghadiri pernikahan sepupu yang menikah dengan henna cantik di tangannya. Banyak pengantin perempuan yang mendesain tangan mereka dengan desain henna cantik dan membuat gaun yang mereka pakai menjadi lebih elegan. Saat fotografer ingin mengabadikan cincin nikah kamu dan pasangan, tanganmu juga akan terlihat lebih cantik berkat henna! Yuk, langsung cek inspirasi henna berikut ini, ya.


1. Henna Art Putih


sumber: instagram.com/_niahennart

Bagi perempuan dengan warna kulit putih maupun gelap – atau yang menginginkan sentuhan yang menarik pada henna tradisional, tato henna putih sangat ideal. Henna putih tidak mengandung bagian dari tanaman pacar dan tidak memutihkan, menghitamkan, atau menodai kulit. Henna putih merupakan cat khusus tubuh yang aman untuk kulit. Henna putih memiliki tekstur yang sama seperti pacar asli dan dapat digunakan dengan cara yang sama, tetapi tidak bertahan lama – akan hilang dalam tiga hingga sepuluh hari.


2. Henna Art dengan Arti



Salah satu tato henna yang paling bermakna adalah mehndi pengantin dalam budaya India. Saat tinta ditorehkan di telapak tangan, tato henna memungkinkan pemakainya menerima berkah. Tato angsa mewakili kesuksesan dan keindahan, sedangkan bunga teratai adalah simbol suci Hindu yang terkait dengan dewa Wisnu dan Brahma – melambangkan keabadian, dan kemurnian ilahi.



3. Tato Bunga Henna Art



Secara tradisional, bunga mewakili kebahagiaan dan kegembiraan, sementara tanaman merambat dan daun melambangkan pengabdian. Henna dengan desain bunga ini sangat populer untuk tato henna pernikahan. Bunga terlihat feminin dan indah, bahkan lebih baik jika dikombinasikan dengan simbol alam lainnya seperti burung, kupu-kupu, dan capung.


4. Tato Jari Henna Art




Henna terlihat mencolok saat dioleskan ke jari karena warnanya lebuh menonjol dibanding warna kulit. Desain populer saat ini biasanya termasuk dalam bentuk titik, daun, dan bunga kecil. Sama seperti tato tangan lainnya, tato jari henna akan terlihat sepenuhnya saat pesta nanti. Oleh karena itu, penting untuk memilih seniman henna yang berpengalaman untuk menerapkan tato ini.



5. Tato Henna Art Bulan


sumber: instagram.com/saidapatel_motani

Tato bulan indah dan simbolis ini mewakili kekuatan, transisi, mistisisme, dan pertumbuhan seorang perempuan. Henna ini adalah simbol yang menarik bagi perempuan yang mencari desain penuh makna. Desain bulan dapat diberi titik-titik kecil dan sederhana atau bagian dari desain yang lebih besar dan lebih detail. Anda mungkin juga ingin mencocokkannya dengan tato matahari.


6. Tato Henna Art Gelang Jari




Jika kamu mencari desain jari sederhana yang akan membuat tanganmu lebih indah saat pernikahan nanti, desain gelang jari berikut ini mungkin bisa jadi inspirasi. Konsep rantai titik-titik ini dapat sangat pas untuk pernikahan bertema rustic atau classic. Gunakan bentuk garis, titik, dan lingkaran untuk membuat serangkaian detail terkait di sekitar pergelangan tangan.



7. Tato Henna Art dengan Bermacam Warna



Kamu juga dapat membuat tato henna lebih unik dengan menggunakan warna yang berbeda. Desain ini benar-benar beda daripada yang lain, lho. Desain dari @amanismehndi ini terlihat cantik dengan desain bunganya yang halus dan rapi. Detail pada jari-jarinya juga cukup indah.


8. Desain Henna Art Emas



Jika bosan dengan warna yang monoton, kamu bisa gunakan henna berwarna emas. Desain rumit yang indah ini menonjol dari banyak hal sehingga pas untuk gaun wedding kamu yang juga mewah. Karena menampilkan henna berwarna, desain ini secara visual dapat memberikan sentuhan yang lebih eksklusif. Desain henna untuk pengantin ini dapat kamu lihat di Instagram @emaarts_.


9. Tato Tangan Henna Art Setengah Lingkaran



Desain henna setengah lingkaran ini terlihat indah meski tumpang tindih.. Desain pada jari juga terlihat cantik dan feminin yang sempurna untuk melengkapi cincin dan nail art. Desain yang bagus ini merupakan karya dari @mehandi_mane di Instagram.


10. Desain Tato Tangan Henna Art Minimalis



Sementara desain yang besar dan berani itu indah, tato henna minimalis juga sama indahnya. Apalagi ditambah dengan nail art yang berani, tato henna minimalis dapat membantu menonjolkan keindahan pemakainya. Ide minimalis ini merupakan karya @foreign_mehndi_artist.


Itulah inspirasi desain wedding henna untuk inspirasi kamu nanti. Semoga hari pernikahan kamu lancar terus, ya!


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page