top of page

7 Jenis Bunga Wedding yang Bikin Hari Pernikahan Semakin Indah!



Buket bunga pengantin semakin menjadi tren dalam pelaksanaan pernikahan dari hari ke hari. Memang tidak bisa dipungkiri, hand bouquet wedding di tangan mempelai perempuan dapat memunculkan kesan positif tertentu dari indah, anggun, sampai murni.


Toko-toko bunga pun banyak yang menyediakan jasa membuat buket bunga untuk pernikahan. Kamu bisa memilih sendiri, bunga apa yang ingin kamu jadikan sebagai buket, yang nantinya akan kamu genggam di hari pernikahan.


Jenis-jenis Bunga Terbaik untuk Buket Pernikahan


Bagi banyak mempelai perempuan, buket bunga memiliki nilai yang hampir sama pentingnya dengan gaun pengantin. Bahkan, sering kali buket pengantin dijadikan sebagai penentu tema, aksesori pesta dan dekorasi pernikahan.


Tidak sedikit pula calon pengantin perempuan memilih jenis bunga untuk dijadikan buket dengan waktu yang lama. Alasannya, mereka menganggap perlu banyak pertimbangan untuk memilih buket bunga karena ini akan menunjukkan kelas seorang perempuan di hari pernikahan.


Sebenarnya, penggunaan buket bunga dalam acara pernikahan bukan hal baru. Tradisi ini sudah ada sejak zaman dulu. Di zaman Romawi, membawa buket bunga dalam pesta pernikahan memiliki arti kesuburan. Ada pula yang meyakini bahwa wewangian dari buket bunga dan daunnya bisa mengusir roh-roh jahat selama pesta berlangsung.


Seiring berkembangnya waktu, bunga ini mengalami pergeseran makna saat ini. Perhiasan ini sekarang memiliki arti sebagai simbol pesan cinta.


Nah, dari banyaknya jenis bunga yang bisa dijadikan buket pernikahan, hanya ada beberapa yang populer dan memiliki arti khusus. Apa saja bunga-bunga itu? Simak penjelasan berikut:


1. Mawar



Sudah tidak perlu diragukan, mawar adalah bunga yang paling populer sebagai dekorasi di pelaminan dan pernikahan pada umumnya. Memang, siapa pun yang melihat bunga ini akan terpesona dengan bentuknya yang elegan dan cantik. Maka wajar jika bunga ini kerap dimaknai sebagai lambang cinta.


Namun, setiap jenis dan warna bunga mawar mengandung makna yang berbeda. Mawar merah melambangkan gairah cinta, hasrat, dan rasa hormat. Sedangkan mawar putih melambangkan cinta sejati, kemurnian, kesucian, kelembutan, kesungguhan, dan kerendahan hati.


Mawar pink memiliki arti yang berbeda lagi, yaitu, kekaguman, keanggunan juga kecantikan. Sementara mawar kuning mencerminkan kebahagiaan, sukacita, kehangatan, serta kepedulian.


2. Bunga Lily



Bunga lily, yang identik dengan warna putih, cukup banyak ditemukan di Indonesia. Namun, sebenarnya bunga ini berasal dari kawasan Mediterania dan Asia Barat.


Bunga ini memiliki kelopak yang sangat anggun dan cantik. Bunga lily punya beberapa varian yaitu Lili Liana, Lili Liani, Lili Renita, Lili Renito, Lili Reniti, Lili Arumsari, Lili Delini, Lili Delina, Lili Formolongi dan lain-lain.


Pada acara pernikahan, bunga lily ini kerap dijadikan sebagai hand bouquet. Adapun jenis lily yang biasanya dijadikan buket adalah Lili Liana. Bunga ini kerap dimaknai sebagai lambang kesucian dan ketulusan.



3. Tulip




Selanjutnya adalah bunga tulip. Bunga ini juga termasuk yang populer untuk dijadikan sebagai hand bouquet. Bunga yang memiliki macam-macam variasi warna ini akan memberi kesan klasik dan elegan bagi yang membawanya. Bunga tulip menyimbolkan perasaan cinta dan gairah kepada pasangan.


Selain itu, bunga tulip juga memiliki beberapa keunggulan untuk dijadikan buket, salah satunya yaitu memiliki daya tahan lama, bahkan bunga dapat bertahan hidup selama 10 hari setelah dipetik.


Bunga tulip seringkali dianggap berasal dari Belanda, padahal sebenarnya bunga cantik ini berasal dari Asia Tengah. Di Indonesia, bunga ini dibudidayakan dengan baik sehingga dapat ditemukan di toko-toko bunga dan dimanfaatkan sebagai buket pernikahan.



4. Bunga Matahari



Bunga matahari memiliki warna yang mencolok. Di masyarakat, bunga ini menyimbolkan kekaguman dan keceriaan.


Kalau kamu ingin memberikan kesan ceria di hari pernikahan, bunga ini bisa menjadi pilihan. Bunga matahari dapat dengan mudah kamu temukan. Karena ukuran alami bunga ini sudah besar, beberapa tangkai saja sudah bisa jadi buket pernikahan yang indah.


5. Kembang Bokor (Hydrangea)



Kembang bokor atau bunga hydrangea memiliki bentuk dan warna yang sangat manis. Hydrangea punya beberapa pilihan warna, antara lain putih, biru muda, kuning, pink, dan ungu.


Bunga yang satu ini akan terlihat besar ketika sedang bermekaran. Karena itu, bunga ini sangat cocok dijadikan hand bouquet.


Kalau kamu ingin membuat buket sendiri dengan bunga ini, kamu hanya perlu menyiapkan dua sampai tiga tangkai untuk dirangkai, kemudian dipadukan dengan bunga kecil seperti daisy atau baby's breath.



6. Anyelir



Selanjutnya adalah bunga anyelir. Anyelir atau carnation memiliki daya tahan yang sangat baik selain juga bentuknya yang indah. Karena itu, bunga ini kerap dimaknai sebagai rasa cinta yang abadi dan tangguh.


Selain kekuatannya, bunga ini memiliki kelebihan lain sebagai bunga untuk buket pernikahan, yaitu, mudah ditemukan sebab tumbuh sepanjang tahun. Jadi, kamu bisa membuat kreasi buket pernikahan sendiri dengan menggunakan bunga ini.


7. Bunga Krisan




Yang terakhir adalah bunga krisan. Cukup banyak pengantin perempuan membawa buket bunga ini pada acara pernikahan. Sebagian orang menganggap, bunga ini memiliki arti kekayaan yang berlimpah dan kejujuran. Namun, sebagian lainnya juga menilai bunga krisan melambangkan kesetian, kebahagiaan, persahabatan, kepercayaan, optimisme, serta umur panjang.


Itulah tujuh jenis bunga yang paling cocok untuk jadi pilihan buket pernikahan. Kalau kamu merupakan calon pengantin, jadi kamu mau pilih yang mana?


Paket Exclusive Kami

Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page