top of page

Inspirasi Kado Pernikahan Islami yang Layak Kamu Lirik



Pernikahan adalah sebuah momen berkesan bagi pasangan. Selain datang ke resepsi pernikahan, untuk merayakannya, kamu bisa memberikan kado istimewa.

Alih-alih sekadar memberi angpau, kado pernikahan bisa lebih berkesan bagi pasangan yang kamu beri karena dapat dilihat dan disentuh secara fisik. Nah, bagi kamu yang ingin mencari inspirasi kado pernikahan Islami, kami akan memberikan rekomendasinya.

Tips Memilih Kado Pernikahan

Sebelum melihat rekomendasi kado pernikahan, kamu harus tahu tips cara memilih kado pernikahan yang tak hanya bermanfaat, namun juga berkesan untuk pasangan yang menikah. Berikut tips memilih kado pernikahan Islami yang wajib kamu tahu.

1. Pilih Kado Pernikahan yang Bermanfaat

Tips pertama tentu saja pilih kado pernikahan yang memiliki manfaat bagi penerimanya. Kado pernikahan ini bisa berbentuk aksesori hingga peralatan rumah tangga yang bisa sangat berguna untuk pengantin baru.

2. Pilihlah Kado yang Memorable

Salah satu keistimewaan kado adalah selalu dapat dikenang. Kado yang tak habis dipakai, seperti aksesori atau barang lainnya bakal membuat kamu terus diingat oleh pasangan yang kamu berikan. Jika kamu punya waktu luang atau bahkan keahlian khusus, misalnya kerajinan tangan, buatlah kado sendiri ketimbang membeli kado yang pasaran. Hal ini tentu akan menambah nilai barang tersebut di mata sang penerima.

3. Sesuaikan Bujet

Tidak harus mahal, sebuah kado bisa sangat bernilai jika dipilih dengan baik. Oleh karena itu, jangan jadikan harga sebagai patokan kado pernikahan Islami yang bagus. Sesuaikan anggaran kamu dengan kado dan tujuan pemberian kado tersebut.

4. Pilih Kado yang Bisa Membuat Tersentuh

Kado pernikahan Islami bisa sangat menyentuh, bukan sekadar emosi, namun juga manfaat besar yang nantinya berguna untuk pengembangan karakter sang penerima. Kamu bisa memberikan barang-barang yang menambah ilmu pengetahuan atau memperdalam ajaran agamanya. Dengan begitu, kado bisa sangat berguna untuk sang penerimanya karena mendekatkan diri kepada penciptaNya.

Rekomendasi Kado Pernikahan Islami

1. Seperangkat Alat Salat



Kado pernikahan Islami pertama tentu saja adalah seperangkat alat salat. Kado ini juga merupakan doa yang abadi untuk pasangan yang kamu berikan. Dengan kado ini, diharapkan sang penerima kado bisa lebih rajin beribadah kepada Allah.

Seperangkat alat salat bisa terdiri dari mukena, sarung, sajadah, atau peci. Selain itu, harganya pun tidak terlalu mahal. Jadi, selain manfaatnya besar, kamu tidak perlu terlalu khawatir menguras kantong untuk membeli kado.

2. Al-Quran



Sebagai pedoman utama umat Islam, Al-Quran bisa jadi kado pernikahan Islami yang paling sempurna. Kitab suci ini tidak hanya berguna sebagai bekal pernikahan mereka, namun juga kehidupan secara keseluruhan.

Kamu bisa memilih kado Al-Quran beserta terjemahannya yang lebih mudah dipelajari atau mungkin diwariskan ke anak-anak mereka kelak.

3. Baju Muslim Pasangan




Kado pernikahan Islami selanjutnya tentu sangat berguna bagi pasangan yang menerimanya, yaitu baju muslim pasangan. Kamu bisa memberikan baju muslim pasangan berupa baju gamis untuk pengantin wanita, serta baju koko untuk pengantin pria.

Namun, untuk memberikan kado ini kamu perlu memperhitungkan ukuran pasangan pengantin. Pastikan ukurannya universal agar bisa terpakai nantinya. Atau jika kamu sudah cukup dekat dengan pasangan tersebut, kamu bisa bertanya langsung ukuran baju mereka agar kado kamu tidak sia-sia nanti.

4. Dekorasi Rumah



Membangun rumah tangga artinya membutuhkan banyak perlengkapan rumah tangga. Oleh karena itu, salah satu inspirasi kado pernikahan Islami yang bisa kamu pertimbangkan adalah dekorasi rumah berbentuk hiasan.

Pilih hiasan rumah yang bermanfaat sekaligus bisa menjadi dekorasi untuk memperindah rumah pasangan pengantin. Kamu bisa memilih hiasan rumah berupa tulisan kaligrafi atau hiasan dinding bergambar ka’bah. Jika kamu bisa membuat sendiri hiasan tersebut, pasti akan lebih berkesan bagi sang penerima.

5. Jilbab



Salah satu anjuran untuk menutup aurat wanita muslim adalah dengan menggunakan jilbab. Oleh karena itu, jilbab juga bisa menjadi kado pernikahan Islami yang sangat bermanfaat.

Sebelum memberikan pertimbangkan juga apakah teman kamu ini sudah memakai jilbab atau belum. Namun, jika kamu sudah akrab dan teman kamu itu belum mengenakan hijab, jilbab ini bisa bermakna sebagai dukungan untuk temanmu untuk segera mengenakan hijab.

Ada banyak jilbab berkualitas premium dan harganya pun tidak terlalu mahal. Jadi, jelas ini merupakan kado yang wajib kamu pertimbangkan.

6. Tasbih

Tasbih berguna untuk memudahkan seseorang berdzikir kepada Allah. Nah, oleh karena itu, kamu bisa memberikan tasbih sebagai salah kado pernikahan Islami.

Selain dalam bentuk konvensional, sekarang juga sudah banyak tasbih digital yang lebih mudah digunakan. Tasbih digital maupun konvensional, keduanya sama-sama dapat memberikan kemudahan untuk berdzikir sehingga ibadah mereka lebih giat lagi. Dengan memberikan kado ini kamu juga secara tidak langsung mendukung perkembangan karakternya.

7. Buku Hadis & Sunnah Rasulullah

Selain Al-Quran, hadis dan sunnah nabi juga merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Merupakan sebuah kewajiban umat Islam untuk mempelajari dan mematuhi Hadis dan Sunnah Nabi Muhammad.

Jadi, buku-buku hadis dan sunnah nabi bisa kamu jadikan salah satu kado pernikahan Islami terbaik. Kamu bisa memberikan Bulughul Maram, Kumpulan Hadis dan Sunnah Nabi Muhammad SAW oleh Al-Hafizd Ibn Hajar Al-‘Asqalani. Karya besar ini sudah terkenal menjadi buku referensi bacaan dalam memahami Islam bagi umat Islam di seluruh dunia.

Nah, itu tadi rekomendasi kado pernikahan Islami yang bisa kamu pilih untuk diberikan kepada pasangan muslim yang menikah. Pastikan kado yang kamu berikan berkesan dan membawa manfaat bagi mereka untuk semakin memperdalam ilmu keagamaan terhadap Allah.

Comentarios


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page