top of page

9 Bingkai Foto Simple dan Elegan untuk Dekorasi Resepsi Pernikahan



Bingkai foto atau pigura adalah salah satu aksesoris yang dibutuhkan untuk memajang foto-foto pre-wedding di acara-acara resepsi pernikahan. Bingkai berfungsi untuk membuat susana pernikahan menjadi lebih indah sekaligus menunjukkan suatu kesan tertentu.


Bisa dibilang, bingkai merupakan elemen pendukung acara pernikahan. Ini akan memperkuat kesan yang ditunjukkan oleh deretan foto pre-wedding kedua mempelai.


Jenis-jenis Bingkai Foto untuk Resepsi Pernikahan


Secara umum, ada dua jenis bingkai foto, yaitu, wall hanging dan stand. Tipe wall hanging atau bingkai gantung biasanya berukuran besar dan akan terlihat dominan. Kalau kamu ingin menjadikan foto pre-wedding sebagai dekorasi utama resepsi pernikahan, bingkai jenis ini sangat cocok.


Sedangkan tipe stand atau bingkai berdiri memiliki ukuran kecil. Pada acara-acara pernikahan, bingkai jenis ini digunakan sebagai pelengkap dekorasi.


Dalam memilih jenis bingkai, sebaiknya pertimbangkan dengan dekorasi acara pernikahan secara keseluruhan. Pilih sesuai kebutuhan supaya resepsi pernikahan bisa menjadi lebih berkesan.


Konsep Bingkai Foto Pernikahan yang Elegan


Setelah memilih jenis bingkai foto untuk acara pernikahan, hal selanjutnya yang perlu kamu tentukan adalah konsep bingkainya. Ada beberapa konsep bingkai foto yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan kesan elegan. Berikut ini opsinya:


1. Bingkai Akrilik


Salah satu bingkai foto ciamik yang banyak dipilih untuk dijadikan dekorasi pernikahan adalah bingkai berbahan dasar kaca akrilik. Dengan menggunakan bingkai ini, foto pre-wedding akan terlihat seperti karya fotografi atau lukisan estetik.


Bingkai kaca akrilik akan memberikan kesan kepada orang yang melihatnya seperti sedang berada di sebuah pameran foto. Dengan begitu, efek seni yang akan dihasilkan akan semakin terasa.


Bingkai foto ini sangat cocok untuk memperkuat kesan romantis pada momen resepsi pernikahan. Adapun beberapa variasi bingkai kaca akrilik modern yang bisa kamu pilih yaitu bingkai berwarna warna putih, hitam, dan abu-abu.


2. Bingkai Besi Bertali


Konsep bingkai foto pernikahan berikutnya adalah bingkai besi dengan menggunakan tali untuk menggantung fotonya. Untuk menempelkan tali dengan foto, kamu bisa menggunakan perekat selotip. Untuk mempercantik bingkai, kamu juga bisa menambahkan potongan kertas bertekstur dan tassel di bagian bawah.



3. Bingkai Mood Board


Bingkai foto pernikahan seperti ini cukup banyak digunakan karena menghasilkan kesan estetik ketika dipajang. Bingkai mood board merupakan bingkai yang bisa digunakan untuk menyusun foto berdasarkan mood. Jadi, orang yang melihat akan merasakan mood foto yang dinamis.


Biasanya, bingkai mood board dibuat dengan kayu berbentuk persegi panjang dengan jaring-jaring kawat. Di kawat itulah foto-foto pre-wedding dipajang dengan bantuan penjepit. Kamu pun bisa menambahkan lampu LED pada bingkai itu untuk menambah kesan elegan.


4. Bingkai Botol


Tak banyak yang mengetahui mengenai konsep bingkai foto berbentuk botol. Bingkai botol ini akan membuat foto-foto kamu berbentuk seperti badan botol. Dengan demikian, orang-orang tidak akan melihat gambar foto berbentuk datar, tetapi akan merasakan pengalaman baru melihat foto berbentuk botol.


Kamu bisa menggunakan botol plastik atau pun botol kaca untuk dijadikan sebagai bingkai. Agar lebih terlihat elegan, kamu bisa memasukkan kristal-kristal di dalam botol. Foto-foto kamu dengan pasangan pun akan terlihat mewah dan estetik.



5. Bingkai Bambu


Bingkai bambu akan membuat foto pernikahan terkesan manis dan estetik. Untuk ukurannya kamu bisa menentukan sendiri, ingin berukuran kecil maupun besar. Namun, sebaiknya bingkai bambu yang berukuran kecil saja.


Bingkai bambu yang berukuran kecil akan terlihat mungil dan menimbulkan kesan unik. Apalagi jika warna coklat bambu dibuat mengkilap.



6. Bingkai Kawat


Ide ini mungkin membutuhkan upaya ekstra. Namun, konsep bingkai foto ini akan memberikan hasil yang mengesankan. Bingkai kawat dapat menimbulkan kesan modern sekaligus juga mewah. Kawat-kawat yang dibentuk memiliki rongga, akan menjadi dekorasi pernikahan yang tampak dominan dan memukau. Ditambah lagi, jika foto-foto yang kamu pajang di bingkai ini mengusung konsep modern.


7. Bingkai Batu


Jarang sekali orang menggunakan bingkai batu sebagai dekorasi untuk acara pernikahan. Padahal, bingkai batu bisa membantu suasana pernikahan menjadi elegan.


Kamu bisa memilih bingkai batu dengan warna-warna seperti putih, abu-abu, dan hitam agar foto-foto pada resepsi pernikahanmu bisa tampak keren. Dalam memilih warna batu, sebaiknya sesuaikan juga dengan warna foto-foto yang akan dipajang agar selaras.


8. Bingkai Melingkar


Bingkai yang melingkar bisa terbuat dari besi atau pun kayu. Foto-foto nantinya akan ditempel dengan selotip pada pita yang dililitkan pada pinggir bingkai.


Agar lebih terasa manis, kamu bisa menambahkan tanaman sebagai tambahan dekorasi di bagian atas bingkai. Gunakan pengait di bagian belakang bingkai agar bisa digantung.


9. Bingkai Papan Tulis Jepit


Yang terakhir adalah bingkai papan tulis. Bisa dibilang, ini merupakan bingkai foto yang jarak sekali dipakai di acara pernikahan. Mungkin karena tak banyak orang yang tahu bahwa papan tulis kecil yang memiliki jepitan pada bagian atasnya, bisa digunakan sebagai bingkai foto.


Jika papan tulis ini dideretkan, foto-foto yang kamu pajang akan terkesan seperti pada pameran seni kontemporer. Walhasil, orang-orang yang melihat akan merasakan kesan estetik.


Itulah deretan bingkai foto untuk acara pernikahan yang bisa kamu pilih. Dalam memilih, tentu kamu harus sesuaikan dengan konsep pernikahanmu secara umum. Jangan sampai bingkai foto yang kamu gunakan tidak selaras dengan dekorasi lainnya.


Baca artikel terkait:

Opmerkingen


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page