top of page

Menikah di Bulan Syawal - Berikut Manfaat dan Keuntungannya


bulan baik untuk menikah di islam

Setelah bulan Ramadhan berlalu, maka seluruh umat muslim akan merayakan Idul Fitri pada tanggal 1 Syawal. Pada bulan tersebut, banyak orang yang melakukan silaturahmi dan juga berbagai kegiatan lainnya. Bahkan, pada bulan syawal juga tidak sedikit dari para pasangan yang akan segera melangsungkan pernikahan. Dalam Islam, pernikahan sendiri merupakan salah satu cara menyempurnakan agama. Tidak heran, jika banyak pasangan yang ingin menyegerakan pernikahan, khususnya pada bulan Syawal.


Keutamaan Bulan Syawal Untuk Menikah


Tingginya minat pasangan yang ingin menikah pada bulan syawal, tentu terjadi bukan tanpa alasan. Terdapat banyak keutamaan bulan Syawal untuk menikah yang perlu diketahui oleh setiap pasangan. Untuk kalian yang masih bingung menentukan pilihan tanggal menikah, berikut adalah beberapa keutamaan bulan Syawal untuk menikah yang perlu diketahui:


1. Salah satu sunnah Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam

Menikah merupakan bentuk ibadah yang sebaiknya disegerakan. Jika kalian sudah menemukan pasangan yang dianggap tepat, maka tidak ada salahnya untuk kalian melangsungkan pernikahan di bulan Syawal.


Menikah di bulan kemenangan tersebut juga bahkan telah dilakukan dahulu kala oleh Nabi Muhammad SAW sendiri saat menikahi Aisyah. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk kalian mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW untuk menikah pada saat bulan Syawal.


2. Mematahkan mitos masyarakat jahiliyah

Dahulu kala sebelum kedatangan Islam di kota Makkah, masyarakat Makkah mempercayai bahwa para wanita harus menolak jika ingin dinikahkan pada bulan Syawal, karena terdapat mitos yang mengatakan bahwa menikah di bulan Syawal hanya akan membawa kesialan bagi para pasangan.


Padahal, kenyataannya dalam Islam sendiri seorang muslim dilarang untuk mempercayai mitos atau kesialan yang dibawa oleh sesuatu, karena justru dapat menggiring dalam kesesatan. Untuk mematahkan mitos tersebut, maka menikah di bulan Syawal justru dijadikan sebagai salah satu bentuk ibadah, dan pelaksanaannya menjadi suatu sunnah.


3. Bulan silaturahmi

Bulan Syawal menjadi bulan perayaan Hari Raya Idul Fitri, dimana pada bulan tersebut sudah menjadi tradisi untuk bersilaturahmi bagi umat Islam. Menikah sendiri bahkan bisa menjadi salah satu kegiatan baik yang dilakukan untuk menjalin silaturahmi. Dengan pernikahan, maka hubungan di antara dua keluarga diharapkan semakin erat.


Dari berbagai keutamaan bulan Syawal tersebut, maka tidak heran jika bulan ini menjadi salah satu bulan yang istimewa, sehingga tidak ada salahnya untuk kalian juga melangsungkan pernikahan di bulan Syawal.


Tips Mempersiapkan Pernikahan Di Bulan Syawal


Menikah di bulan Syawal memang disunnahkan dan bahkan bernilai pahala. Kendati demikian, bukan berarti juga kalian harus tergesa-gesa dalam melangsungkan dan mempersiapkan pernikahan. Supaya pernikahan bisa berjalan sesuai dengan yang diimpikan dan berjalan baik maka tentu saja kalian wajib mempersiapkannya secara matang, baik fisik, mental hingga finansial.


Jika kalian termasuk yang akan melangsungkan pernikahan di bulan Syawal, maka untuk mempermudah berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkannya:


1. Langsungkan pertemuan dua keluarga

Pernikahan menjadi momen penyatuan bagi dua keluarga. Itu sebabnya jika kalian ingin melangsungkan pernikahan di bulan Syawal, maka kalian bisa diskusikan hal tersebut dalam pertemuan antara dua keluarga.


2. Persiapkan jauh hari

Supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan, maka sebaiknya segala persiapan pernikahan dilakukan jauh hari sebelum hari H. Dengan demikian, segala prosesnya bisa dilakukan dengan lebih tenang dan nyaman.


3. Memilih wedding venue

Wedding venue merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pernikahan, sehingga wajib disiapkan dan dipertimbangkan dengan matang. Kendati demikian, terkadang memilih wedding venue sendiri bukanlah suatu hal yang mudah.


Kalian perlu menyesuaikan lokasi, fasilitas, konsep, hingga budget untuk memilih venue. Untuk mempermudah pilihan wedding venue yang tepat, kalian bisa mengandalkan Yes I Do.


Di Yes I Do, kalian akan menemukan banyak wedding venue impian dengan harga yang terbilang masih terjangkau. Hal tersebut tentunya akan mempermudah kalian bersama pasangan untuk menemukan wedding venue yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, khususnya dalam hal-hal berikut:


1. Memilih paket pernikahan

Mempersiapkan pernikahan mungkin cukup banyak menyita waktu, tenaga dan juga pikiran bagi kedua calon mempelai. Tidak jarang juga bahkan perbedaan keinginan mungkin terjadi sepanjang menentukan pilihan berbagai komponen pernikahan.


Untuk meminimalisir hal tersebut, kalian bisa memilih paket pernikahan. Dalam hal ini, Yes I Do juga menyediakan paket pernikahan all-in-one dengan harga terjangkau, yang pastinya akan mempermudah segala urusan persiapan pernikahan bagi kedua calon mempelai. Dengan demikian, mempersiapkan pernikahan jadi lebih praktis tanpa harus repot lagi mencari berbagai vendor lainnya sendiri.


2. Mempersiapkan seserahan dan mahar

Seserahan dan mahar juga perlu kalian pertimbangkan dan diskusikan dengan matang. Kalian bisa mencari bersama dengan pasangan atau beli sendiri sesuai dengan kesepakatan.


Menariknya, untuk mempersiapkan seserahan dan mahar dengan matang, kalian bisa mencicilnya satu per satu jauh hari sebelum acara pernikahan di bulan Syawal berlangsung. Dengan demikian, segalanya jadi lebih ringan dan tidak ada yang tertinggal dibandingkan beli sekaligus dalam satu hari.


3. Persiapkan mental dan pengetahuan tentang pernikahan

Mempersiapkan pernikahan tentu tidak hanya sekedar yang terlihat saja, secara mental dan pengetahuan kalian bersama pasangan tentang pernikahan pun wajib dipersiapkan dengan matang.


Tujuannya agar kalian bisa lebih siap menghadapi kehidupan berumah tangga kelak. Dengan demikian, segala risiko, suka dan duka diharapkan dapat dilalui bersama-sama, tetap kompak hingga akhir hayat, berkah serta benar-benar menggenapkan separuh agama.


Baca artikel terkait:

Dapatkan Berbagai Keuntungan Menarik Untuk Booking Di Bulan Ramadhan


Untuk kalian yang akan melangsungkan ijab di bulan Syawal, Yes I Do memberikan banyak sekali keuntungan bagi calon mempelai. Terlebih lagi, jika booking dilakukan pada saat bulan Ramadhan, selain bisa mengikat harga untuk mengantisipasi adanya kenaikan, kalian juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan berikut ini:


1. Harga paket all-in-one

Di Yes I Do, dengan harga yang ditawarkan kalian sudah bisa mendapatkan paket all-in-one yang termasuk seluruh vendor terpercaya dan berpengalaman lebih dari 7 tahun, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.


Vendor yang akan kalian dapatkan tersebut diantaranya yaitu mulai dari wedding venue, catering, dekorasi, bridal, make up, MC, wedding organizer, entertainment, hingga dokumentasi foto dan video.


2. Lebih hemat

Jika dibandingkan dengan nego ke masing-masing vendor, tentu saja harga paket yang ditawarkan dari Yes I Do akan lebih hemat dan terjangkau. Bahkan, kalian bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah hingga 50% dengan paket Yes I Do. Lebihnya lagi, kalian juga bisa mendapatkan banyak bonus promosi dari Yes I Do.


3. Cepat dan terjamin

Di Yes I Do juga kalian bisa mendapatkan perencanaan yang cepat dan terjamin hanya dalam kurun waktu 1 hingga 3 bulan.


4. Membantu perencanaan

Dengan planner Yes I Do, kalian juga akan mendapatkan segala bentuk perencanaan sejak awal. Dengan demikian, segalanya jadi lebih terorganisir dengan baik demi kelancaran acara pernikahan.


5. Tim profesional

Seluruh tim/kru wedding organizer di Yes I Do terjamin profesional. Hal tersebut, tentu akan membuat kalian merasa lebih nyaman dan tenang dalam menyerahkan segala persiapan pernikahan pada tim Yes I Do.


6. DP Fleksibel

Selain bisa mendapatkan harga yang terjangkau, Yes I Do juga meringankan calon mempelai dengan memberikan fasilitas Down Payment (DP) yang fleksibel, yaitu mulai dari 20%.

Comments


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page