top of page

Serba-Serbi Bridal Shower Dan Cupcakenya Yang Unik


cupcake bridal shower

Sebagai sebuah bentuk kebahagiaan menyambut hari pernikahan, seringkali para sahabat dari calon pengantin mengadakan acara bridal shower. Perayaan ini juga menjadi salah satu tren yang seringkali dilakukan oleh generasi saat ini. Apalagi dengan keberadaan media sosial, perayaan bridal shower seolah menjadi suatu keharusan sebelum menuju pernikahan.


Tentang Bridal Shower


Secara umum, bridal shower sendiri merupakan sebuah pesta untuk para calon pengantin wanita dalam rangka merayakan sisa masa lajang sebelum nantinya melangsungkan pernikahan. Biasanya, acara ini dihadiri oleh sahabat ataupun teman terdekat calon mempelai perempuan.


Tradisi ini awalnya dilakukan oleh masyarakat di Amerika dan Kanada, dan biasanya digelar pada dua atau empat minggu sebelum hari pernikahan berlangsung. Acaranya pun seringkali dilakukan pada hari libur atau weekend. Nantinya, para sahabat akan memberikan hadiah seperti aksesoris yang digunakan untuk menandakan bahwa dia adalah calon pengantinnya.


Tujuan Bridal Shower


Bridal shower merupakan suatu pesta yang ditujukan untuk merayakan berakhirnya masa lajang calon pengantin perempuan. Namun, selain itu acara ini juga bertujuan untuk memberikan ucapan selamat, ungkapan kebahagiaan terhadap calon pengantin, menghadirkan suatu momen untuk menghabiskan waktu bersama-sama sebelum akhirnya calon pengantin resmi menikah.


Dengan demikian, sahabat kamu akan mengesampingkan keresahannya menjelang hari pernikahan karena merasa bahagia bersama sahabat terdekatnya. Seiring berjalannya waktu, acara yang ditujukan untuk memberikan hadiah kepada calon pengantin wanita ini sekarang telah menjadi tradisi yang diterapkan oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Namun tetap, perayaan yang satu ini berkembang sesuai dengan budaya setempat.


Tidak Harus Membuat Pesta Mewah


Meskipun bridal shower yang kebanyakan ditampilkan di sosial media cenderung glamour dan penuh kemewahan, namun pada dasarnya acara ini tidak harus selalu dibuat seperti itu. Kamu dan sahabat lainnya tidak perlu memaksakan diri untuk membuat pesta yang terkesan mewah, karena bagian terpentingnya adalah kamu dan sahabat berhasil menciptakan momen yang hangat, berkesan, penuh kebahagiaan dan keintiman, sehingga bisa dikenang sepanjang masa oleh calon pengantin.


Tips Menyiapkan Bridal Shower Yang Berkesan Namun Terjangkau

Bagi kamu dan sahabat yang sedang mencari ide dalam mempersiapkan acara bridal shower yang berkesan namun tetap terjangkau, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:


1. Tidak perlu menggunakan jasa EO (Event Organizer)

Menggunakan jasa EO untuk membuat acara bridal shower lebih praktis, namun pastinya ada biaya yang harus dikeluarkan dan mungkin tidak sedikit. Untuk menyiasatinya, usahakan laungkan waktu serta tenaga bersama untuk mengatur semua acara dan mempersiapkan semuanya. Tidak perlu panik, kamu bisa membagi pekerjaan dengan sahabat lainnya agar terasa lebih ringan.


2. Tentukan lokasi acara

Untuk menghemat budget lainnya, kamu dan sahabat tidak harus memilih lokasi acara di hotel berbintang atau tempat fancy lainnya. PIlihlah tempat yang masih terjangkau namun tetap memiliki nilai estetik seperti, cafe, restoran, atau bahkan di rumah.

Untuk cafe atau restoran, pastikan terlebih dahulu apakah boleh mendekorasi mejanya untuk acara bridal shower. Jika diperbolehkan, tanyakan lagi apakah dikenakan biaya tambahan atau tidak. Akan lebih baik jika kamu mendapatkan tempat yang tidak mengenakan biaya tambahan. Namun jika ada, tanyakan berapa biayanya dan diskusikan dengan sahabat lainnya terlebih dahulu.


Jika kamu berencana untuk mengadakan acara bridal shower di rumah, maka halaman rumah bisa dijadikan sebagai tempat pesta yang nyaman. Dalam hal ini, kamu dan sahabat lainnya bisa lebih leluasa untuk mendekor tanpa khawatir dikenakan biaya tambahan lainnya.


3. Dekorasi

Setelah menemukan lokasi, kamu bisa mencari tahu dekorasi seperti apa yang cocok. Supaya tidak bingung, mulailah dari menentukan temanya terlebih dahulu. Jika sudah tahu temanya, kamu dan sahabat lainnya baru bisa mulai memilih aksesoris apa yang sesuai dengan tema tersebut untuk mendekor ruangan.


4. Hadirkan kudapan yang unik

Salah satu yang bisa membuat acara bridal shower menjadi lebih berkesan dan unik adalah karena adanya kudapan yang unik. Salah satu jenis kudapan tersebut adalah cupcake bridal shower. Cupcake sendiri pada dasarnya sudah menjadi kudapan wajib dalam acara bridal shower. Pasalnya, cupcake tersebut secara khusus dibuat untuk bride to be, namun cukup simpel, unik dan manis untuk difoto.


5. Siapkan rundown acara

Supaya acara bridal shower lebih berkesan, maka sebaiknya tidak hanya diisi oleh hal-hal lucu dan canda tawa saja. Dalam hal ini, kamu membuat rundown acara yang didalamnya terdapat beberapa kegiatan seperti menonton film bersama, lomba menghias kue, manicure bersama, atau mengadakan games seru lainnya hingga karaoke bersama.


Dengan demikian, acara tersebut akan semakin seru dan pastinya keakraban satu sama lain akan lebih terasa. Supaya acara lebih berkesan, masukan rangkaian acara yang bisa mengingatkan calon pengantin dengan berbagai momen khusus bersama para sahabatnya. Seperti, menampilkan video atau foto kompilasi momen bersama, dan lain sebagainya.


6. Tentukan dress code

Acara bridal shower akan semakin terlihat meriah dan menawan pada saat sesi foto. Untuk itu, jangan lupa gunakan dress code yang senada. Tidak perlu membeli baju baru. Kamu dan sahabat lainnya bisa menggunakan baju dengan warna yang sama atau warna yang disukai oleh calon pengantin.


7. Waktu penyelenggaraan

Acara bridal shower biasanya dilakukan beberapa minggu sebelum acara pernikahan berlangsung. Dalam hal ini, yang paling penting adalah menyesuaikan waktu penyelenggaraan dengan jadwal calon pengantin, kamu dan juga sahabat lainnya.


Baca artikel terkait:

Penyesuaian jadwal tersebut penting dilakukan karena biasanya menjelang acara pernikahan, akan ada banyak acara yang harus dilalui oleh calon pengantin. Mulai dari lamaran, siraman, pingitan dan lain sebagainya. Jangan sampai kamu dan sahabat lainnya sudah mempersiapkan acara bridal shower, namun calon pengantin tidak bisa hadir menghadirinya.


Inspirasi Cupcake Unik Untuk Bridal Shower


Cupcake merupakan salah satu kue yang kehadirannya diharapkan dalam bridal shower. Selain penampilannya yang sangat unik, bentuknya juga mungil sehingga lebih simpel.


Sesuai dengan namanya, cupcake adalah kue yang diletakkan dalam cup kertas warna-warni. Untuk acara bridal shower, biasanya cupcake sendiri didesain dalam bentuk yang unik, atau menampilkan tulisan khusus untuk calon pengantin.


Jika kamu sedang mencari inspirasi cupcake untuk bridal shower yang unik dan estetik, berikut adalah beberapa contoh cupcake yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:


1. Cupcake Bride to Be yang cantik

cupcake bridal shower

Source: Pinterest/Etsy


Warna pink dengan tulisan Bride to Be pada cupcake ini cukup simpel namun cantik. Cocok untuk teman kamu yang cenderung memiliki karakter feminim.


2. Cupcake dengan doa dan harapan

cupcake bridal shower doa dan harapan

Source: Pinterest/Helen Fisher


Supaya lebih menarik, kamu juga bisa pesan cupcake cantik yang di dalamnya tertulis doa dan harapan untuk calon pengantin.


3. Cupcake susun berbentuk cincin

cupcake bridal shower bentuk cincin

Source: Pinterest/Sweet surprise cake, LLC


Untuk mendapatkan kesan yang semakin unik sekaligus mewah, kamu juga bisa membuat cupcake berbentuk bunga yang kemudian disusun menyerupai cincin. Sangat estetik!


4. Cupcake cantik bernuansa biru


cupcake bridal shower nuansa biru

Source: Pinterest/Fab Mood


Baca artikel lainnya:

Tidak harus selalu berwarna pink, kamu juga bisa memilih cupcake bernuansa biru yang cantik dan elegan atau sesuai dengan warna favorit lainnya calon pengantin.


Comments


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page