top of page

Urutan Wali Nikah Wanita dalam Islam


urutan wali nikah

Dalam agama Islam, pernikahan harus melibatkan seorang wali yang bertanggung jawab dalam mengawasi dan merestui pernikahan tersebut. Wali nikah adalah orang yang mewakili mempelai perempuan dalam akad nikah. Untuk itu, penting untuk memhami urutan wali nikah dalam Islam agar pernikahan dapat dianggap sah. Mari cari tahu bagaimana urutan wali nikah untuk wanita dalam Islam.


Pengertian Wali Nikah dalam Islam

Wali nikah adalah pihak laki-laki dalam keluarga atau orang lain yang ditunjuk untuk mengawasi dan merestui pernikahan seorang perempuan. Kehadiran wali nikah sangat penting dalam akad nikah karena memengaruhi keabsahan pernikahan tersebut. Dalam Islam, wali nikah juga berperan melindungi kepentingan dan hak-hak perempuan dalam proses pernikahan.


Wali Nikah dalam Akad Nikah Islam

Dalam akad nikah Islam, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar pernikahan dapat dianggap sah. Salah satu syarat sahnya pernikahan adalah keberadaan wali. Seorang perempuan yang akan menikah harus memiliki seorang wali yang melaksanakan ijab kabul. Wali nikah ini bertanggung jawab untuk mewakili kepentingan mempelai perempuan dalam proses pernikahan.



Urutan Wali Nikah bagi Wanita

Urutan wali nikah bagi wanita dapat bervariasi tergantung pada kondisi keluarga dan keadaan yang ada. Berikut adalah urutan wali nikah bagi wanita:


1. Wali Nasab

Wali nasab adalah wali yang ditentukan berdasarkan hubungan keluarga dan keturunan. Urutan wali nasab ini mengikuti suatu hierarki, di mana mahram yang memiliki hubungan nasab yang lebih dekat akan memiliki prioritas lebih tinggi dalam menjadi wali nikah. Berikut adalah urutan wali nasab yang berhak menjadi wali nikah bagi wanita:

  1. Ayah kandung

  2. Ayah dari ayah (kakek)

  3. Saudara lelaki seayah-seibu

  4. Saudara laki-laki yang memiliki hubungan nasab dengan mempelai perempuan


2. Wali Hakim

Wali hakim adalah wali yang mewakili mempelai perempuan dan berasal dari pihak otoritas atau pemimpin yang memiliki kewenangan dalam menikahkan wanita. Posisi wali hakim dapat diambil oleh kepala pemerintah, pemimpin negara, atau orang yang diberi mandat oleh kepala negara untuk melakukan pernikahan.


3. Wali Tahkim

Wali tahkim adalah wali nikah yang ditunjuk oleh calon suami atau calon istri jika mereka tidak memenuhi syarat untuk memiliki wali nasab. Wali tahkim ini bisa berupa orang lain yang diangkat oleh calon suami atau calon istri secara langsung.


4. Wali Maula

Wali maula adalah wali yang digunakan jika seorang wanita tidak memiliki wali nasab, wali hakim, atau wali tahkim. Wanita tersebut dapat menunjuk seseorang dari pihak maula (keluarga angkat) sebagai wali nikah.

Urutan yang berhak menjadi wali nikah perempuan adalah wali nasab yang menjadi prioritas utama. Jika wali nasab tidak ada, wali hakim dapat menggantikan posisinya. Jika wali hakim juga tidak ada, wali tahkim dapat diwakilkan. Jika seorang wanita tidak memiliki wali nasab, wali hakim, atau wali tahkim, maka ia bisa menunjuk seseorang sebagai wali maula.






Urutan Wali Nikah bagi Anak Perempuan

Selain urutan wali nikah bagi wanita dewasa, terdapat pula urutan wali nikah yang harus dipenuhi bagi anak perempuan. Jika seorang ayah meninggal dunia, PMA Nomor 20/2019 tentang Pencatatan Nikah mengatur 17 urutan wali nikah yang harus dipenuhi. Urutan wali nikah bagi anak perempuan adalah sebagai berikut:

  1. Ayah

  2. Kakek

  3. Bapak dari kakek

  4. Saudara laki-laki sebapak seibu

  5. Saudara laki-laki sebapak

  6. Anak laki-laki dari saudara laki-laki sebapak seibu

  7. Anak laki-laki dari saudara laki-laki sebapak

  8. Paman

  9. Paman sebapak

  10. Anak pamans ebapak seibu

  11. Anak paman sebapak

  12. Cucu paman sebapak seibu

  13. Cucu paman sebapak

  14. Paman bapak sebapak seibu

  15. Paman bapak sebapak

  16. Anak paman bapak sebapak seibu

  17. Anak paman bapak sebapak


Wali Tiri dalam Urutan Wali Nikah

Dalam urutan wali nikah, ayah tiri tidak termasuk sebagai salah satu wali yang memiliki prioritas utama. Namun, ayah tiri tetap memiliki peluang untuk menjadi wali nikah melalui proses tawkil, yaitu dengan mendapatkan wewenang dari wali asli untuk menjadi wali pernikahan.


Dalam Islam, wali nikah memiliki peran penting dalam mengawasi dan merestui pernikahan seorang perempuan. Urutan wali nikah dalam Islam penting untuk dipahami agar pernikahan dapat dianggap sah. Wali tiri juga memiliki peluang untuk menjadi wali nikah melalui proses tawkil. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang urutan wali nikah dalam Islam.



Untuk kamu yang berencanan untuk menikah atau sedang merancang persiapa pernikahan, kamu bisa coba pilih all-in wedding package dari Yes I Do. Dalam all-in package kamu bisa mendapatkan wedding planner dan organizer yang akan membantu merencanakan dan mengkesekusi pernikahan kamu dengan baik. Tentunya, sesuai namanya, paketnya sudah sangat lengkap dan harganya juga sangat terjangkau sehingga tidak akan membuat budget pernikahanmu membengkak.


Jadi, tidak perlu ragu lagi, langsung saja hubungin tim Yes I Do di sini untuk bisa melakukan konsultasi secara gratis tentang rencana dan visi pernikahanmu. Tim Yes I Do akan dengan senang hati membantumu untuk mewujudkan pernikahan impianmu!

ความคิดเห็น


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page