top of page

Cara-cara Mudah Membuat Buket Uang yang Indah

sumber: instagram.com/moneycakeid

Buket berasal dari kata bucket. Dalam bahasa Inggris, bucket berarti keranjang. Pada penggunaannya, kata ini merujuk pada sesuatu yang disusun dan dirangkai di dalam sebuah wadah.

Jika mendengar kata buket, biasanya orang akan langsung terbayang dengan bunga-bunga yang indah. Namun, sekarang buket dengan bentuk lain juga mulai digunakan banyak orang, yaitu, buket uang.

Buket uang saat ini cukup populer dijadikan sebagai hadiah, baik saat ulang tahun, pernikahan, atau wisuda. Sama seperti buket bunga, buket uang terdiri dari sekumpulan uang yang disusun rapi sehingga terlihat indah. Saat ini, buket uang semakin digemari digunakan sebagai hadiah untuk orang-orang terdekat.

Pada dasarnya, buket uang biasa dijadikan sebagai hadiah atau kado dalam momentum tertentu. Misalnya, dijadikan sebagai hadiah di Hari Valentine, Hari Ibu, hadiah wisuda, hadiah ulang tahun, hingga diberikan sebagai hantaran dalam acara pernikahan.


Alat dan Bahan untuk Membuat Buket Uang


sumber: instagram.com/moneycakeid

Pada intinya, buket uang berfungsi sebagai hadiah untuk menyenangkan orang lain. Nah, selain bisa membuat orang lain bahagia, buket uang juga mudah dibuat. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan sebagai pemberian untuk membahagiakan orang-orang kesayangan. Lalu bagaimana cara membuat buket uang?

Dalam membuat buket bunga, ada beberapa alat dan bahan yang kamu butuhkan. Berikut ini penjelasannya:

1. Uang Kertas

Uang diperlukan sebagai isi dari buket yang akan kamu buat. Kamu perlu menyiapkan sejumlah uang baru dengan pecahan sesuai keinginnanmu. Bisa pecahan Rp50 ribu atau Rp100 ribu. Tentu semakin besar pecahannya, biaya pembuatannya juga semakin mahal. Namun di sisi lain, penerima buket nantinya pasti akan senang jika kamu menggunakan pecahan uang Rp100 ribu.

2. Potongan Kawat

Potongan kawat nantinya akan digunakan sebagai penopang uang yang kamu rangkai. Jadi, uang-uang yang disusun bisa tegak lurus berdiri.


3. Pita Gulung

Pita gulung adalah salah satu penghias buket bunga. Bahan ini digunakan untuk membuat buket bunga terlihat lebih cantik. Kamu bisa pilih warna pita sesuai selera kamu.

4. Daun dan Bunga Tiruan

Seperti juga pita, daun dan bunga tiruan digunakan untuk membuat buket uang menjadi lebih indah. Keduanya merupakan bahan yang nantinya berfungsi sebagai hiasan.

5. Kertas Craft

Kertas craft adalah salah satu bahan utama dalam membuat buket uang. Bahan ini berfungsi untuk membungkus uang-uang yang disusun. Bisa dibilang, kertas craft ini adalah wadahnya.

Dibandingkan bahan kertas lainnya, kertas craft memiliki karakteristik yang lebih kuat dan tebal. Tak heran jika banyak yang menyebutnya dengan istilah kertas Samson. Menariknya, bahan ini dibuat dari proses daur ulang sehingga ramah lingkungan.

6. Styrofoam

Styrofoam digunakan sebagai dasar dari wadah buket. Nantinya, uang-uang yang sudah dihubungkan dengan kawat, bisa berdiri dengan menusukkan kawatnya ke styrofoam.

7. Peralatan Lainnya

Yang terakhir adalah peralatan lain seperti gunting, selotip, dan lain-lain. Semua tergantung kebutuhan pada saat membuatnya.

Cara Membuat Buket Uang yang Indah


sumber: instagram.com/moneycakeid

1. Lipat Uang

Sebagai informasi, uang yang dijadikan buket tidak akan dipotong atau direkatkan, karena hanya dibentuk atau dilipat saja. Kalau kamu takut merobeknya secara tidak sengaja, kamu bisa menggantinya dengan uang palsu.

Cara membuat buket uang yang pertama adalah dengan melipat uang kertas menjadi setengah panjang (lipatan horizontal ke bagian tengah). Kemudian gulung tepi luar uang kertas sambil menahan salah satu ujungnya dengan jari, sehingga menjadi berbentuk kerucut atau corong.


2. Ambil Kawat

Ambil kawat dan masukkan ke dalam corong uang kertas tadi, kemudian kerutkan kembali. Lakukanlah cara yang sama untuk setiap uang kertas. Selanjutnya, lilitkan kawat satu sama lain sampai bentuknya melingkar erat.

Kemudian, rangkai bunga yang bagiannya sudah dibuat menjadi satu kesatuan. Ambil kuncup bunga yang telah dibuat, lalu masukkan ujung bawah kawat atau tangkai kuncupnya dalam lubang bagian tengah yang terdapat pada kelopak tersebut.

Selesai memasukkan ujung kawat, lanjut mengaturnya dengan cara memutar posisi kelopak seindah dan serapi mungkin. Lilitkan tangkai dan kawat menjadi satu bagian dan ambil kelopak lainnya, lalu masukkan ke dalam rangkaian kuncup bunga. Kemudian, ambil selotip daun dan bungkus semua bagian dari tangkainya.


3. Gunting dan Lipat Kertas Craft

Setelah semua uang kertas selesai dipasang kawat, kamu bisa melanjutkan dengan menggunting dan melipat kertas craft. Kertas ini akan menjadi pembungkus buket uang. Pastikan bagian bawah kertas membentuk tangkai untuk menyatukan kawat uang kertas.

4. Masukkan Styrofoam

Selanjutnya, masukkan styrofoam ke bagian tangkai. Setelah itu kamu bisa memasukkan uang kertas yang sudah dipasang kawat dengan menusukkan kawatnya ke styrofoam.

5. Hias dengan Daun dan Bunga Tiruan

Langkah selanjutnya adalah menghias buket dengan daun dan bunga tiruan agar terlihat lebih indah. Kamu bisa menempelkan daun dan bunga tiruan pada kertas di bagian pinggir buket.

6. Tambahkan Hiasan Pita

Yang terakhir, kamu bisa tambahkan hiasan pita di bagian manapun untuk semakin mempercantik buket uang. Kamu bisa menjadikan pita ini sebagai pengikat, di bagian badan buket. Jika sudah selesai, jangan lupa semprotkan parfum agar lebih menarik.

Itulah cara-cara mudah dalam membuat buket uang yang indah. Dengan kreasi buket buatan tanganmu sendiri, pasti orang terdekat akan semakin senang dan berkesan!

Baca artikel terkait:


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page