top of page

5 Love Language dan Cara Memperlakukan Pasangan yang Tepat


words of affirmation, quality time, receiving gifts, acts of service, physical touch

Setiap orang pasti punya cara sendiri buat mengungkapkan perasaan cintanya pada pasangan. Ada yang menunjukkannya melalui tindakan, bahasa, sentuhan maupun hadiah agar “teman hidupnya” merasa dicintai.

Nah itulah yang disebut dengan love language oleh anak muda zaman sekarang. Ternyata, mengetahui apa bahasa cinta diri kita sendiri dan pasangan penting banget, apalagi kalau kalian berencana ke jenjang yang lebih serius. Ini sama pentingnya dengan mengetahui hitungan weton Jawa untuk pernikahan lho.

Jadi Yes I Do akan mengajak kamu untuk mengenal apa itu love language, pentingnya buat kehidupan kamu dan pasangan, serta cara memperlakukan pasangan berdasarkan bahasa cinta yang tepat. Yuk simak!

Apa Itu Language?

Love language (dalam Bahasa Indonesia yaitu bahasa cinta) adalah cara seseorang menunjukkan dan menerima cinta dalam suatu hubungan. Tak melulu hubungan romantis, tetapi juga hubungan dengan sahabat atau keluarga.

Konsep love language untuk pertama kalinya diperkenalkan Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul "The Five Love Languages: The Secret to Love that Lasts". Ada lima bahasa cinta yang disebutkan penulis, yaitu:

  • pujian (words of affirmation).

  • kebersamaan (quality time).

  • kado (receiving gifts).

  • bantuan (act of service); dan

  • sentuhan fisik (physical touch).

Dengan memahami love language, kita bisa membangun dan memperkuat hubungan yang sehat. Kamu dan si dia juga bakal belajar untuk mengerti satu sama lain agar jalinan cinta di antara kalian langgeng sampai maut memisahkan.

Mengapa Love Language Penting?

Alasannya love language bisa membantu kita mengenal diri sendiri dalam mengekspresikan kasih sayang kepada orang lain. Bahasa cinta ini juga membuat kita lebih efektif dalam menyampaikan dan mengungkapkan rasa kasih sayang.

Oleh sebab itu, kita harus memahaminya karena dalam berhubungan dengan orang lain (seperti hubungan suami istri atau orang tua dan anak) harus ada pengertian akan kebutuhan setiap individu yang terlibat di dalamnya.

Ketika salah memaknai love language pasangan, mungkin dia akan merasa diabaikan, tak disayangi atau tak dihargai. Padahal, kalian mungkin hanya belum mengetahui soal bahasa cinta. Nah jika sudah begini, maka sangat disayangkan ya.

5 Love Language

Words of Affirmation

Words of affirmation adalah bahasa cinta yang diekspresikan melalui untaian kata-kata atau kalimat bernada kasih sayang. Hal yang diungkapkan bisa penghargaan maupun kekagumanmu kepada pasangan.

Konon katanya, orang dengan love language words of affirmation cenderung sangat detail dalam memperhatikan kehidupan orang lain yang disayanginya. Jangan heran, kalau si dia jadi orang pertama yang memberi pujian saat kamu bersolek ya.

Perlu kamu ketahui, kata-kata atau kalimat yang keluar dari orang dengan bahasa cinta words of affirmation tak selalu hal mesra kok. Bisa sesimpel ucapan terima kasih karena kamu sudah bersedia menjadi pasangannya.

Quality Time

Seperti namanya, quality time berarti bahasa cinta yang diungkapkan dengan cara menghabiskan waktu bermanfaat, serta memberikan perhatian penuh kepada orang-orang yang disayangi. Ini bisa pasangan, orang tua, adik, sahabat dan lainnya.

Jika quality time bersama pasangan, maka tak hanya sekadar duduk menghabiskan waktu dalam satu ruangan yang sama kemudian saling menatap ponsel masing-masing ya. Kamu dan si dia harus berinteraksi secara hangat.

Orang dengan bahasa cinta ini biasanya akan mengalami kesepian kalau tak ada waktu dengan pasangan. Menurutnya, punya waktu untuk dinikmati berdua lebih berharga daripada kata-kata, hadiah dan lainnya.

Receiving Gifts

Receiving gifts adalah bahasa cinta di mana seseorang merasa disayangi, diperhatikan dan dicintai kalau dia mendapatkan atau memberikan hadiah. Sayangnya, bahasa cinta ini sering disalahartikan sehingga kesannya negatif.

Orang dengan love language receiving gifts suka dianggap matre, padahal barang yang diberikan tak selalu mahal lho. Hadiahnya berbagai ukuran, bisa berukuran kecil sampai besar, terjangkau hingga mewah.

Biasanya, si penerima hadiah akan memberikan pemaknaan yang mendalam pada benda tersebut. Kalau mendapatkan kado ulang tahun, dia pasti menyimpan dan merawatnya baik-baik sebagai bentuk ungkapan mencintai pasangannya.

Acts of Service

Acts of service adalah bahasa cinta yang penuh tindakan manis! Orang dengan love language ini biasanya suka kesulitan mengekspresikan perasaan dan kasih sayangnya melalui kata-kata, tetapi gampang menunjukkannya melalui tindakan.

Orang dengan bahasa cinta acts of service akan memberikan yang terbaik untuk pasangan. Tampaknya, dia tak mengharapkan balasan apa pun selain melayani dan membahagiakan orang kesayangannya.

Melakukan aksi untuk membahagiakan pasangan kedengarannya memang susah. Padahal bisa dimulai dari hal-hal yang kecil seperti membersihkan rumah tanpa diminta. Inilah yang suk dilakukan orang dengan love language acts of service.

Physical Touch

Yang terakhir, yaitu physical touch adalah bahasa cinta yang diekspresikan dan diterima melalui sentuhan atau kedekatan fisik. Tak selalu identik dengan hubungan intim, tetapi bisa berpegangan tangan atau menyandarkan kepala di bahu satu sama lain.

Bagi orang-orang dengan love language physical touch, pemberian hadiah atau kata-kata afirmasi mungkin memang pertanda bagus. Namun, menurut mereka lebih penting cara pasangan memandang atau memeluk dirinya.

  • Jadi, kalau kamu merasa sentuhan dari pasangan itu menenangkan, bikin rileks, dan memberikan semangat ekstra untuk melalui hari, maka besar kemungkinan bahasa cintamu adalah physical touch.

Cara Memperlakukan Pasangan dengan Love Language yang Tepat

Pasangan dengan Love Language Words of Affirmation

  • Gunakan kata-kata penyemangat.

  • Hindarilah kritik yang enggak perlu.

  • Jangan lupakan kata-kata mesra yang membuat hubungan kalian hangat.

  • Ungkapkan dukungan saat dia menghadapi masa sulit.

  • Berikan pujian agar pasangan lebih percaya diri.

Pasangan dengan Love Language Quality Time

  • Saat kalian bersama buatlah kontak mata untuk memberi tahu pasangan bahwa perhatianmu tertuju padanya.

  • Jika dia menceritakan sesuatu misalnya tentang pemikiran atau perasaan, maka dengarkan lah dengan cermat.

  • Fokus pada kualitas kebersamaan, bukan kuantitas.

  • Sesibuk apa pun, sempatkan lah untuk menemuinya untuk menunjukkan bahwa kamu peduli dengan pasangan.

  • Hadirlah ketika dia mengalami masa-masa sulit.

Pasangan dengan Love Language Receiving Gifts

  • Cari tahu benda yang sedang dia perlukan.

  • Berikan hadiah di momen tertentu, misalnya hadiah anniversary.

  • Berbagi kepemilikan bisa membuatnya merasa aman.

  • Bawakan oleh-oleh ketika kamu sedang bepergian jauh.

  • Beri hadiah kalau dia sedang menghadapi kesulitan.

Pasangan dengan Love Language Acts of Service

  • Luluhkan hatinya dengan perhatian-perhatian kecil. Misalnya, buatkan segelas kopi kalau dia mempunyai rutinitas ngopi di pagi hari.

  • Pertimbangkan hal-hal yang enggak disukai pasangan.

  • Saat kalian berencana membuat tabungan nikah, buatlah rekening berdua.

  • Jangan membebani diri sendiri dengan melakukan semuanya. Istirahatkan tubuh kalau memang perlu rehat sejenak.

Pasangan dengan Love Language Physical Touch

  • Gandeng tangan dia saat berjalan.

  • Cium pasangan di kening atau pipi saat bertemu.

  • Peluk dia kalau sedang merasa sedih, atau cape ketika mempersiapkan acara pernikahan adat kalian.

  • Sentuh wajahnya.

  • Duduklah berdampingan.

  • Beri tepukan ringan di punggung.

Itulah pengertian love language, pentingnya buat kehidupan kamu dan pasangan, serta cara memperlakukan pasangan berdasarkan bahasa cinta. Semoga artikel Yes I Do ini bermanfaat, khususnya bagi yang sedang menuju pelaminan.


Comments


Wujudkan pernikahan impianmu

oranment-ring.png

Temukan inspirasi pernikahan, vendor, dan venue dengan harga terbaik.

Berhasil submit nomor handphone. Terima kasih.
Nomor handphone tidak boleh kosong
bottom of page